Potensi Besar Perkembangan Software Audit di Pasar Bisnis Indonesia

Meningkatnya kemajuan dan kebutuhan teknologi, berbagai perusahaan penyedia software dan hardware terus mengembangkan produknya untuk dapat diterima di pasar Indonesia. Galvanize memberikan solusi teknologi yang mengubah audit dan manajemen risiko untuk memberikan kontrol penuh terhadap bisnisnya. Galvanize menawarkan manajemen risiko dan kepatuhan (GRC), solusi dan data analisis. Semuanya menggabungkan komponen penting dari audit dan risiko.

Indonesia sebagai pusat perekenomian terbesar di Asia Tenggara memiliki potensi besar untuk terus tumbuh dan berkembang di berbagai sektor industri. Menurut data Sekretariat ASEAN, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2017 mencapai US$ 1,01 triliun atau lebih dari Rp 14 ribu triliun dan mengalahkan negara lainnya. Nilai tersebut juga setara dengan 37% perekonomian 10 negara-negara ASEAN yang mencapai US$ 2,77 triliun. World Bank memproyeksikan konsumsi rumah tangga bakal terus tumbuh stabil pada angka 5,2% pada 2019 dan bakal terus berlanjut hingga 2021 dengan capaian yang sama.

Proses pertumbuhan ekonomi Indonesia juga harus diikuti dengan pengembangan sumber daya yang harus bersinergi dengan kemajuan teknologi. Salah satu sumber daya tersebut adalah para pekerja pada bidang Audit. Peran auditor memiliki dampak besar bagi proses penghitungan pendapatan suatu perusahaan. Para auditor internal perusahaan harus terus berkembang dan perlu mengadopsi teknologi baru dalam hal menambah nilai performa mereka bagi keberlangsungan perusahaan.

Meningkatnya kemajuan dan kebutuhan teknologi, berbagai perusahaan penyedia software dan hardware terus mengembangkan produknya untuk dapat diterima di pasar Indonesia.  Namun, perusahaan tetap memerlukan perhitungan yang matang agar perusahaan tidak salah langkah ketika sudah menerapkannya. Seperti apakah teknologi baru yang diperlukan bagi pekerja audit? Bagaimana teknologi ini mengubah rencana dan kegiatan audit? Serta bagaimana tata kelola perusahaan untuk mendapat jaminan dari pengambilan risiko pengubahan baru ini?

Pertama, fungsi audit perlu beralih dari pendekatan manual atau tradisional dengan menyesuaikan pada metode hukum Sarbanes-Oxley (SOX) yang ditetapkan oleh Amerika sebagai tanggapan dari skandal akuntansi perusahaan. Hal ini bertujuan untuk dapat melakukan monitoring pengujian dan menuju pemantauan otomatis. Tetapi menurut lembaga konsultan Risk Management Protiviti, untuk mengubah alur kerja tersebut  tidak mudah.

Dari hasil riset tersebut, fungsi audit memiliki potensi luar biasa untuk mendorong kemajuan perusahaan. Sebagai contoh, jika kita ingin membangun dunia analitik dengan data yang beragam, maka tata kelola data yang kuat menjadi sangat penting. Audit Leaders perlu bekerja dengan pemilik proses bisnis di garis pertama dan kedua untuk menentukan data yang akan dibuat dalam proses bisnis digital.

Pimpinan dari satu tim tersebut juga perlu bekerja sama dengan unit bisnis tentang cara mengotomatisasikan ekstraksi dan migrasi data perusahaan dari sistem bisnis ke analitik atau alat RPA yang lebih disukai.

Melalui kebutuhan terknologi dari yang dibutuhkan perusahaan untuk melakukan pengembangan fungsi audit. Salah satu perusahaan penyedia software yang berkonsentrasi pada kategori Generalized Audit Software (GAS), seperti Galvanize, melihat potensi besar pada pasar Indonesia agar bisa bertransformasi dari segi manajemen dan pengendalian audit. Galvanize juga berkomitmen untuk dapat meningkatkan efisiensi proses audit dan manajemen proyek perusahaan.

Galvanize memberikan solusi teknologi yang mengubah audit dan manajemen risiko untuk memberikan kontrol penuh terhadap bisnisnya. Galvanize menawarkan manajemen risiko dan kepatuhan (GRC), solusi dan data analisis. Semuanya menggabungkan komponen penting dari audit dan risiko. Bisa digunakan semua organisasi terutama untuk meningkatkan transparansi audit dan fokus terhadap ada yang menjadi kepentingan perusahaan.

Software ini dapat meningkatkan produktivitas dengan mencapai peningkatan rata-rata 25% dalam efisiensi pemeriksaan dengan alur kerja otomatis. Selain itu, dapat memberikan Return on Investment (ROI) lebih tinggi karena menyediakan layanan tambahan dengan waktu yang lebih singkat. Dari segi waktu pun lebih efisien karena pengguna bisa bekerja dimana saja. Data audit klien dapat diakses melalui cloud dan mobile jika sudah diaktifkan.

Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN. Galvanize melihat peluang pertumbuhan yang luar biasa di Indonesia. Dengan meningkatnya persyaratan peraturan dan kepatuhan untuk melakukan bisnis secara global, serta melihat perusahaan-perusahaan besar di seluruh lapisan dari mulai pemerintah, jasa keuangan, telekomunikasi, manufaktur, dan seluruh industri besar yang ingin menggunakan solusi audit management tools. Galvanize dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko, meningkatkan keuntungan, serta mempercepat kinerja.

AMT merupakan perusahaan IT Solutions yang memiliki beragam solusi, dengan memanfaatkan dan mengimplementasikan inovasi teknologi masa kini seperti Robotic Process Automation, Analitik, dan AI  untuk menunjang dan mengoptimalisasi produktivitas karyawan dalam mendapatkan peluang bisnis baru bagi perusahaan. AMT IT Solutions melalui perjalanannya telah memberikan beragam solusi dalam melayani perusahaan yang bergerak pada bidang industri manufaktur, hospitality, perbankan, dan  pemerintahan. Namun tidak menutup kemungkinan segala sektor apapun dapat dilayani oleh AMT IT Solutions. AMT telah bermitra dengan brand terkemuka di dunia, seperti Gleematic, Microsoft, Oracle, Symantec, Sangfor, Veritas, HPE, Galvanize, Fortinet, Sundray, Hp, Acer, Emerson, Lenovo. “Embracing Technology, Enhancing People’s Lives.

Related Post :