Artificial Intelligence

Pemanfaatan Artificial Intelligence Bagi Perusahaan

Revolusi industri 4.0 telah mengubah persaingan bisnis pada sektor digital. Internet dan bisnis seperti dua mata koin yang saling menyatu, tidak dapat dipisahkan. Kebutuhan internet menjadi media penunjang utama bagi keberlangsungan bisnis, lebih lanjut saat ini internet telah bertransformasi menjadi kebutuhan primer.

Era big data menjadi salah satu pemicu utama dalam melakukan persaingan bisnis. Persaingan bisnis yang semakin ketat, membutuhkan informasi yang kredibel, cepat, dan akurat. Dalam mengatasi persoalan ini, perusahaan membutuhkan suatu solusi, yaitu Artificial Intelligence (AI).

Berdasarkan studi Microsoft dan IDC Indonesia tentang adopsi AI di negara kawasan Asia Pasifik (APAC) berjudul Future Ready Business: Asessing Asia Pasific’s Growth Potential Through AI, hanya 14% dari seluruh perusahaan di Indonesia yang sudah benar-benar mengimplementasikan AI untuk membantu pekerja/karyawan.

AI telah menjadi pionir utama bagi tumbuh dan berkembangnya perusahaan. Hubungan Artifical Intelligence dan bisnis berkorelasi erat melalui bentuk hasil pengolahan data. AI dapat digunakan sebagai media untuk melakukan analisis data yang mulanya tidak terhubung dan terstruktur. Dengan proses algoritma dan sistematika yang canggih, AI dapat melakukan proses analisis data untuk melihat pola kerja atau tindak perilaku, serta tren budaya dari objek data yang dapat dikatakan sebagai konsumen.

AI memiliki kecepatan pemrosesan data yang akurat dan tepat, AI dapat menyelesaikan persoalan perilaku objek data, yang mana sebelumnya harus dilakukan secara manual oleh manusia melalui riset turun ke lapangan. AI secara otomatis akan mengolah, mempelajari, dan mempraktikan kemampuannya untuk meningkatkan peluang bisnis bagi perusahaan.

Perkembangan teknologi digital mempunyai berbagai pilihan solusi, perusahaan harus mampu berjuang dalam menentukan inovasi teknologi digital dengan cara pragmatis untuk mengurangi risiko yang ada. Dengan begitu AI akan mengubah ekosistem bisnis dan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan di masa depan untuk menjadi lebih baik. Misal salah satunya seperti menganalisis waktu yang tepat bagi perusahaan untuk memposting sebuah konten berupa berita dan video dari produk/jasa yang dipromosikan.

Penerapan AI juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan. Pengenalan perusahaan di dalam laman google mempunyai pengaruh yang besar, satu contoh ketika pengunjung mencari “sepatu” maka hasilnya adalah toko-toko yang menjual sepatu. Contoh lain misalnya jika pengunjung mencari IT Solutions, maka secara otomatis google akan memberi hasil perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang IT Solutions sesuai dengan rating. Jika perusahaan berada pada halaman pertama, maka dengan begitu pengenalan perusahaan untuk melakukan promosi pada produk/jasa yang dijual akan dengan mudah sampai pada pengunjung.

Melalui AI perusahaan kini dapat memanfaatkan teknologi dalam melayani pelanggan/konsumen. Inovasi teknologi AI menggeser fokus perusahaan yang semula dari analitik lama menuju strategi pembelajaran mendalam dan pelaporan layanan. Beragam fitur dari AI dapat membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dari segi bisnis. Dengan begitu perusahaan akan jadi lebih sustainable.

AI mampu bekerja dua kali lebih cepat dari manusia, namun keberadaan AI tidak serta merta untuk menggantikan manusia seutuhnya. AI diciptakan sebagai solusi untuk mempermudah cara kerja manusia. AI berkontribusi untuk mengoptimalkan kerja menjadi lebih produktif, kinerja manusia atau dalam hal ini karyawan akan lebih optimal dalam mendapatkan peluang bisnis baru. Melalui AI karyawan dapat lebih teliti ketika memyelesaikan tugas-tugasnya, juga dapat bekerja lebih cepat dari sebelumnya, karena penggunaan AI dapat membantuk proses penghitungan analisa data lebih terukur dan sistematis.

Pada akhirnya AI dapat diimplementasikan oleh perusahaan untuk melihat hasil yang lebih akurat dan dimanfaatkan sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan peluang bisnis baru dan memajukan perusahaan.

AMT IT Solutions merupakan perusahaan System Integrator yang memiliki beragam solusi, dengan memanfaatkan dan menerapkan inovasi teknologi masa kini seperti Artificial Intelligence untuk menunjang dan mengoptimalisasi produktivitas karyawan dalam mendapatkan peluang bisnis baru bagi perusahaan. AMT IT Solutions telah memberikan beragam solusi untuk melayani perusahaan yang bergerak pada bidang industri manufaktur, hospitality, perbankan, pemerintahan, serta lembaga pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan segala sektor apapun dapat dilayani oleh AMT IT Solutions. AMT telah bermitra dengan brand terkemuka di dunia, seperti Microsoft, Oracle, Symantec, Sangfor, Veritas, HPE, ACL/We Galvanize, Fortinet, Sundray, Hp, Acer, Emerson, Lenovo. “Embracing Technology, Enhancing People’s Lives.