Tips Work From Home Nyaman Untuk Memaksimalkan Produktivitas

Bagaimana cara tetap produktif saat WFH

Saat ini banyak karyawan dan perusahaan yang berjuang menghadapi pandemi global dalam 2 tahun terakhir. Khususnya karyawan yang kami yakin di sepanjang pandemi ini telah menemukan berbagai cara baru untuk dapat beradaptasi dan tetap aktif di saat adanya pengubahan kebijakan pembatasan bekerja.

Dampak dari perubahan tersebut membuat interaksi antar tim menjadi sangat terbatas. Aktivitas tukar informasi terkait pekerjaan yang biasanya dilakukan langsung, kini harus melalui chat atau video call.

Apakah sistem kerja dari rumah atau biasa dikenal dengan work from home (WFH) akan terus digunakan? Bisa jadi, mengingat sudah banyak perusahaan yang beradaptasi dengan sistem kerja yang satu ini. Ditambah adanya perkembangan teknologi saat ini telah mendukung sistem WFH.

Memahami hal tersebut, dalam artikel ini tim AMT IT Solutions akan memberikan tips bermanfaat dan layak dicoba bagi para karyawan yang tengah menjalani WFH! Berikut tips dari AMT IT Solutions untuk meningkatkan kolaborasi antar tim selama WFH:

Mengatur Ruang Kerja Nyaman

Ciptakan Workspace di Rumah

Tidak ada salahnya untuk mendedikasikan satu tempat atau ruangan di rumah Anda sebagai tempat workspace. Ruangan ini tak perlu fancy, namun cukup untuk Anda meletakkan semua barang keperluan kerja dan mengerjakan tugas.

Selain itu, pastikan ruangan yang akan menjadi workspace Anda diterangi cukup cahaya dan dilengkapi kursi yang nyaman untuk meningkatkan produktivitas. Anda juga bisa mengatur tata letak meja kerja  sebaik mungkin.

Lainnya, pastikan orang atau lingkungan disekeliling peduli, bahwa saat ini Anda sedang bekerja dan memerlukan konsentrasi untuk tetap fokus.

Dengarkan Musik Saat Bekerja

Cara lainnya untuk memaksimalkan produktivitas adalah dengan bekerja sambil mendengarkan musik. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih fokus pada pekerjaan dan terhindar dari berbagai gangguan yang ada di sekeliling Anda.

Selain itu, musik bisa membuat atmosfer workspace Anda menjadi lebih rileks yang dapat meningkatkan mood Anda saat bekerja.

Manfaatkan Collaboration Tools

Kolaborasi adalah kunci penting dalam sistem WFH, terutama jika peran Anda di kantor mengharuskan Anda berhubungan dengan banyak pihak. Sayangnya, kekurangan sistem kerja dari rumah ini adalah gangguan sinyal jaringan, yang membuat komunikasi terganggu.

Untuk meningkatkan engagement dan kolaborasi selama work from home, Anda bisa mencoba untuk menggunakan real-time collaboration.

Teknologi seperti collaboration tools bisa memungkinkan Anda dan kolega tetap terhubung, memastikan pekerjaan dapat berlangsung, dan membuat banyak file bisa diakses. Seperti yang telah Anda ketahui, saat ini ada banyak software, aplikasi, dan program yang dirancang untuk membuat home office layaknya real office.

Lakukan Pekerjaan Anda Sebaik-baiknya

Terlepas dari apapun yang menanti di depan sana terkait pekerjaan, semoga tips dari AMT IT Solutions berikan dapat membantu Anda mempersiapkan diri, saat situasi kerja seperti masa pandemi akan terulang kembali.

Sementara itu, seperti yang telah dijelaskan, selama menjalani sistem work from home Anda akan sangat bergantung pada teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menggunakan teknologi berbasis cloud dengan keamanan jaringan terpercaya seperti Sangfor aDesk!

Untuk menunjang remote working Anda, Sangfor aDesk menaruh operating system di cloud, sehingga ketika karyawan ingin bekerja, mereka akan me-remote OS yang ada di cloud. Hasilnya, karyawan bisa bekerja dari manapun, kapanpun, dan dengan device apapun. Sederhananya, selama karyawan online, maka dia bisa bekerja.

Sangfor aDesk juga menyimpan seluruh data di Cloud dan memiliki fitur personal data encryption yang membuat keamanan lebih terjamin. Untuk informasi seputar Sangfor aDesk selengkapnya Anda bisa menghubungi AMT IT Solutions atau kunjungi website kami untuk mengetahui teknologi lain yang kami miliki.