Transformasi Digital Melalui Penerapan Platform as a Service (PaaS)

Transformasi digital menyebabkan banyak perubahan terjadi di kehidupan, khususnya bagi proses bisnis di berbagai industri. Perusahaan diharapkan mampu beradaptasi dalam menghadapi tantangan globalisasi, salah satunya dengan menerapkan Cloud Computing sebagai pembantu dalam bisnis digital.

Cloud Computing menjadi salah satu teknologi penting yang dapat membantu perusahaan untuk menyimpan atau mengakses data dari berbagai lokasi secara online dan real time.

Namun perlu Anda ketahui jika ingin mulai mengadopsi teknologi cloud, Anda harus memahami tentang model layanan cloud. Terdapat tiga model layanan untuk dibandingkan, seperti Platform as as Service (PaaS), Software as a Services (SaaS), dan Infrastructure as a Services (IaaS).

Melalui perkembangannya, PaaS menjadi salah satu model layanan yang paling banyak diminati oleh berbagai perusahaan, karena layanan ini dapat menyatukan antara business users dan developers untuk membangun sebuah aplikasi dengan kecepatan yang tidak dapat ditandingi oleh solusi on-premise.

PaaS memberikan framework bagi developer yang dapat mereka bangun dan gunakan untuk membuat aplikasi yang telah disesuaikan. Selain itu, PaaS juga dapat meminimalisir biaya anggaran, mengkonfigurasi, dan mengelola semua hardware maupun software, serta memiliki keuntungan baik secara teknis maupun bisnis.

PaaS memiliki beragam karakteristik tersendiri jika dibanndingkan dengan layanan cloud lainnya, seperti:

  • Dibangun di atas teknologi virtualisasi, sehingga sumbernya dapat dengan mudah ditingkatkan atau diturunkan seiring perubahan bisnis kamu
  • Menyediakan berbagai layanan untuk membantu pengembangan, pengujian, dan penyebaran aplikasi
  • Dapat diakses oleh banyak pengguna melalui aplikasi pengembangan yang sama
  • Mengintegrasikan layanan web dan basis data

Layanan PaaS sering kita temukan di cyber activity, seperti Amazon Web Service, Windows Azure, Heroku, Force.com, Google App Engine, Apache Stratos, dan OpenShift.

Melalui perkembangannya, salah satu perusahaan teknologi, Sangfor, mengembangkan layanan Platform as a Service sebagai salah satu solusi untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan menjalankan aplikasi tanpa harus membangun infrastruktur yang kompleks dan tradisional.

PaaS memiliki sebuah fitur yang dapat dirancang untuk menguji, mengembangkan, dan menghosting aplikasi dengan mudah dan cepat. Hal ini bertujuan agar tim manajemen perusahaan dapat lebih fokus pada pengembangan inovasi masa depan, bukan infrastruktur dasar yang kompleks.

PaaS juga memberikan layanan untuk mengelola keamanan, sistem operasi, server software, dan backups, serta berbagai fungsi yang diperlukan untuk membuat lingkungan kerja jauh lebih baik dari sebelumnya, seperti kemudahan dalam berkolaborasi antrar divisi, baik secara langsung, maupun dari jarak jauh.

Melalui inovasinya, Sangfor menyederhanakan PaaS dan HCI, dengan begitu Sangfor telah menciptakan platform terpadu untuk aplikasi berbasis VM-based dan cloud-native container-based.

“Kami memahami jika bisnis mengandalkan metode cloud untuk proses bisnis yang lebih sederhana, cepat, dan dapat ditingkatkan,” Kata Jason Yuan, VP Pasar Internasional Sangfor Technologies.

“Platform yang kami milki dapat menjadi salah satu solusi layanan yang dibangun dengan bantuan pelanggan dan mitra, hadirlah Sangfor HCI dengan PaaS! Kami memliki misi untuk menjadi yang terbaik dan tercanggih di dunia IT, serta menjadikannya lebih baik, lebih cepat, dan lebih aman.” Lanjut Jason.

Sangfor PaaS lebih mudah digunakan, dengan solusi KubeManagers’ intuitive GUI, memungkinkan pengembang dengan mudah mengelola ratusan pods, sementara nantinya operator hanya tinggal memperhatikan VM management dengan SCP. Beberapa fungsi unggulan yang disediakan oleh Sangfor PaaS dan HCI, seperti :

  • Native Multi-Cluster Management
  • Built-in Monitoring & Logging
  • Integrated Image Registry
  • Application Store/Center
  • CSI Integration with aSAN
  • Disk Encryption & Erasure
  • Disk-Based Storage Virtual Volume
  • Network Multiplexing
  • DR Testing
  • Storage Capacity Prediction

Dengan demikian, ketika perusahaan sudah menerapkan layanan yang Sangfor miliki, maka tidak akan lagi menghadapi suatu kendala. Melalui perjalanannya, Sangfor telah melayani banyak perusahaan di berbagai jenis industri. AMT IT Solutions bersama Sangfor terus mendukung perkembangan inovasi teknologi agar perusahaan dapat terus beradaptasi, dan tidak tergerus oleh situasi.