Wi-Fi 6 Membuat Komunikasi di Ruang Publik Lebih Mudah

Internet dan Wifi bukanlah suatu yang baru dan asing di telinga masyarakat. Huawei mempublikasikan risetnya bertajuk Global Connectivity Index (GCI) yang mengukur kualitas infrastruktur dan manajemen teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebuah negara termasuk jaringan internetnya.  

Saat ini jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru dan asing di telinga masyarakat. Hampir di setiap perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintahan juga menerapkan sistem jaringan komputasi untuk memperlancar kinerja dan aktivitas karyawan.  Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat cepat dan pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan internet telah berlipat ganda. Dalam era transformasi yang bergerak makin digital di hampir semua segi kehidupan, akses internet makin esensial bagi kepentingan publik.

Di era tranformasi digital yang telah memasuki masa revolusi industri 4.0, internet menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat sebagai penunjang aktivitas. Internet sebagai salah satu hak dasar bagi setiap warga negara seperti halnya makanan, air, maupun pendidikan. Pengguna membutuhkan konektivitas cepat di manapun dan kapanpun. Akses internet  semakin mudah dengan kehadirannya yang tersedia di ruang publik. Hadirnya jaringan internet di area lingkungan tempat aktivitas yang ramai, seperti di tempat makan, taman, bandara, rumah sakit, dan tempat wisata membuat semua orang semakin mudah untuk menggunakan internet kapan saja. Namun ketersediaan internet di ruang publik kerap kali mendapat keluhan dari pengguna, salah satunya adalah kendala konektivitas yang lambat saat melakukan akses internet.

Melalui perkembangan jaringan yang sedang ditingkatkan, Huawei mempublikasikan risetnya bertajuk Global Connectivity Index (GCI) yang mengukur kualitas infrastruktur dan manajemen teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebuah negara termasuk jaringan internetnya. Riset ini ditujukan untuk mengilustrasikan bagaimana sebuah negara dan industri mendapat keuntungan secara ekonomi dari tersedianya infrastruktur TIK beserta jaringan internetnya.

Huawei mendukung penuh terciptanya konektivitas super cepat di ruang publik. Hal lainnya adalah hampir semua hal dipermudah dalam bentuk digital, maka pengguna juga beperan untuk memahami dunia internet jauh lebih baik. Dengan luasnya jaringan internet di ruang publik, hal ini juga berpengaruh dalam rangka mendorong perekonomian negara. Dalam hal ini, jaringan 5G yang mumpuni juga perlu ditemani jaringan WiFi 6 yang tangguh demi memberikan pengalaman internet terbaik bagi masyarakat dan pebisnis untuk berbagai kebutuhan.

Secara teknis, WiFi 6 mempunyai data rate yang lebih kencang 37 persen ketimbang WiFi 5. Selain itu, nilai jual utama WiFi 6 adalah kemampuan memberikan koneksi yang lebih stabil untuk pengguna dalam jumlah besar.

Huawei Wi-Fi 6 memudahkan masyarakat dalam akses komunikasi digital di ruang publik. Kini internet merupakan arena virtual (virtual sphere) yang bisa digunakan untuk merespon realitas yang terjadi. Ruang virtual pada dasarnya menghubungkan tidak hanya individu melainkan juga kelompok yang lebih global tanpa adanya batasan geografis. Huawei menciptakan sebuah solusi, yaitu dengan menggunakan Wi-Fi 6 di ruang publik, masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi antar pengguna.

AMT IT Solutions sebagai mitra dari Huawei, sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung perkembangan teknologi menjadi pendorong ekonomi bangsa. Sebagai perusahaan System Integrator (SI), AMT bersama dengan Huawei terus melakukan pengembangan teknologi bagi industri manufaktur, hospitality, perbankan, pemerintahan, dan korporasi swasta. AMT memastikan agar sistem percepatan dan transformasi teknologi saat ini dapat dinikmati semua orang. Ke depannya AMT terus mendorong inovasi teknologi untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi industri dan korporasi.

Related Post :