4 Hal Yang Harus Diperhatikan Perusahaan Sebelum Menggunakan Cloud Saat WFH

Cloud WFH F5

Pandemi menuntut banyak perusahaan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah, sehingga Work From Home (WFH) sekarang menjadi tren baru dalam dunia kerja. Tugas yang dikerjakan dari rumah pastinya memerlukan teknologi pendukung untuk bisa berkomunikasi dan berkolaborasi dengan kolega atau sekadar mengakses data perusahaan. Seperti salah satunya ada pada teknologi cloud.

Meskipun teknologi saat ini sudah sangat mempermudah masyarakat untuk WFH, namun pengaplikasian teknologi ini berakibat pada kecemasan bagi sejumlah perusahaan, khususnya yang belum memaksimalkan sistem keamanan. Pada artikel ini, tim AMT IT Solution menganalisa beberapa ancaman keamanan cloud yang mengintai perusahaan di tengah maraknya pandemi dan tren WFH saat ini. Simak penjelasan selengkapnya.

Ancaman Keamanan Cloud Yang Mengintai Perusahaan

Tahun 2020 bisa dikatakan sebagai awal mula berjayanya teknologi cloud. Cloud seakan menjadi primadona dalam penerapan sistem kerja jarak jauh di masa pandemi. Cloud menjadi media utama bagi banyak karyawan agar tetap bisa terhubung dengan tim maupun tools yang dibutuhkan dalam bekerja.

Walaupun cloud dengan segala manfaat yang ditawarkannya sudah menjadi kebutuhan banyak orang, bukan berarti cloud tidak memiliki risiko dalam implementasinya.  Berikut beberapa ancaman keamanan cloud yang harus diperhatikan pengguna di masa pandemi:

1. Infrastruktur Cloud

Infrastruktur cloud merupakan fondasi cloud yang wajib dibangun sedari awal. Infrastruktur cloud yang lemah berisiko membuat cloud mudah diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, perusahaan perlu menyusun infrastruktur dengan strategis  dan terukur, sejak diputuskan akan menggunakan teknologi cloud .

Penting untuk diketahui bahwa infrastruktur ini tidak cuma berkaitan dengan keamanan, nantinya akan berhubungan juga dengan pengembangan cloud perusahaan.

2. Perangkat Pribadi

Anda mungkin berpikir bahwa perangkat milik pribadi Anda tidak akan menjadi sasaran oknum kejahatan siber. Sayangnya, di tengah situasi pandemi seperti saat ini segalanya menjadi mungkin!

Pastikan Anda mengamankan akun di perangkat Anda, terutama perangkat yang terhubung dengan data esensial perusahaan. Selain itu, jangan biarkan seseorang dengan gampang mengakses perangkat pribadi di saat Anda sedang WFH.

3. Keamanan Cloud

Tak hanya mengupayakan keamanan sendiri, mungkin perusahaan juga perlu solusi keamanan khusus untuk membantu mengamankan cloud yang digunakan.

Pastikan solusi keamanan yang dipilih dapat mengamankan secara menyeluruh, mulai dari arsitektur sampai pengembangan cloud yang ada. Perusahaan bisa menggunakan F5 Silverline Web Application Firewall untuk menambah dan memperkuat proteksi cloud selama WFH.

4. Perhitungkan Keseluruhan

Keamanan cloud bukan hanya milik server saja, namun juga milik seluruh pengguna. Ini berarti perusahaan wajib menjamin keamanan cloud secara menyeluruh hingga ke tiap-tiap user. Jangan sampai hanya karena kelalaian user, data penting perusahaan menjadi gampang diretas lewat salah satu akun user.

Dengan demikian, apapun sistem keamanannya, semua bagian dan lapisan yang tergabung dalam teknologi cloud turut berperan dalam menjaga keamanan cloud. Solusi keamanan memang penting, tetapi menjaga kerahasiaan data oleh seluruh pihak juga tak kalah penting di tengah tren WFH dan situasi pandemi ini.

Tidakh hanya itu, penyedia solusi layanan keamanan juga harus ikut memastikan keamanan layanannya dan meyakinkan pengguna bahwa risiko keamanan bisa dikelola apabila semua persiapan risiko telah direncanakan.

Get Expert Service to Protect Web Applications and Achieve Compliance

Pentingnya Keamanan Cloud Saat WFH

Tantangan sistem keamanan yang mengkhawatirkan selama WFH bisa Anda atasi Bersama AMT IT Solutions. Berpengalaman lebih dari 20 tahun, AMT IT Solutions siap menjadi mitra layanan cloud Anda yang terpercaya.

Sebagai partner resmi F5 di Indonesia, AMT IT Solutions dapat membantu anda menjaga data perusahaan agar terhindar dari peretasan selama WFH. Dengan menggunakan layanan F5 Silverline Web Application Firewall, anda tidak perlu lagi khawatir akan keamanan data perusahaan anda.