Tips Memilih Backup Data

6 Tips Memilih Solusi Backup Data Sesuai Kebutuhan Bisnis

Banyak perusahaan memberlakukan sistem work from home (WFH) selama masa pandemi. Hal ini mengakibatkan solusi backup data menjadi sangat penting dan dibutuhkan dibanding sebelumnya, karena hampir seluruh pelaku usaha sepakat bahwa data adalah aset paling berharga setiap perusahaan. Pemberlakuan WFH justru menciptakan celah keamanan yang bisa membahayakan data karena sistem jaringan di rumah tidak terproteksi secara maksimal layaknya jaringan kantor.

Jika sampai terjadi insiden seperti pencurian atau peretasan data, bukan tidak mungkin perusahaan terjerat masalah serius yang berimbas pada hilangnya revenue dan kepercayaan klien. Maka untuk meminimalisir adanya data leak, perusahaan memerlukan solusi backup data. Selain bisa melindungi data internal, solusi ini bisa membuat bisnis kembali beroperasi dengan cepat jika prosesnya dilakukan dengan benar. Lalu, apakah perusahaan Anda sudah memiliki solusi backup data yang tepat? Jika belum, simak tips memilih solusi backup data sesuai kebutuhan bisnis berikut ini. Pertimbangkan enam hal ini sebelum memilih solusi backup data

Berikut enam hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih solusi backup data:

Tips Memilih Backup Data

Develop data protection goals

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memilih provider maupun metode backup data. Menentukan data protection goals akan membantu perusahaan mengevaluasi kebutuhan bisnis sekaligus memandu Anda dalam memilih solusi backup data yang tepat. Keuntungannya, Anda jadi bisa menghemat waktu dan biaya. Berikut tiga pertanyaan yang dapat menentukan data protection goals:

  • Berapa banyak uptime yang diperlukan perusahaan?
  • Apakah perusahaan perlu merecovery data setiap waktu?
  • Ancaman apa saja yang dihadapi perusahaan (ex: pencurian data)?
Tips Memilih Backup Data

Scalability

Pikirkan kebutuhan backup yang diperlukan perusahaan, sambil tetap memantau pertumbuhan perusahaan kedepannya. Perhatikan dengan seksama tiap detail solusi yang ditawarkan provider dan pastikan Anda memilih provider dan solusi yang memberikan ruang untuk perusahaan bertumbuh.

Tips Memilih Backup Data

Direct & indirect costs

Ini merupakan sektor penting lainnya yang patut dipertimbangkan. Pastikan seluruh biaya yang dikeluarkan memberikan hasil setara dan memenuhi kebutuhan perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan seluruh direct costs dan indirect costs. Fyi, indirect costs mencakup pelatihan staff, loss of revenue yang disebabkan downtime, dsb. Dengan mempertimbangkan seluruh biaya ini, perusahaan bisa menghemat biaya sekaligus meminimalisir revenue loss.

Tips Memilih Backup Data

Determine critical data & its size

Hal selanjutnya yang layak dipertimbangkan sebelum memilih solusi backup data adalah data penting apa saja yang perlu dibackup. Data penting biasanya berkaitan erat dengan bisnis seperti data keuangan, sales, dan marketing.

Menentukan data penting juga akan membantu Anda mengetahui banyaknya data yang perlu dibackup. Hal semacam ini menjadi penting untuk dipertimbangkan suatu perusahaan dalam memilih provider dan solusi backup.

Tips Memilih Backup Data

Usability

Sebelum memilih provider dan solusi backup, jangan lupakan usability. Perlu diketahui bahwa solusi yang tidak user-friendly bisa menambah waktu downtime selama proses restorasi.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih solusi backup user-friendly yang dilengkapi easy-to-use dashboard atau portal. Selanjutnya, pastikan solusi backup dapat diakses di manapun, baik dari kantor maupun luar kantor. Dengan demikian, downtime jadi bisa diminimalisir dan bisnis Anda bisa kembali beroperasi lebih cepat seandainya mengalami insiden data loss.

Tips Memilih Backup Data

Support from the provider

Sebagai pelaku usaha, Anda pasti menginginkan provider dan solusi yang memberikan dukungan penuh dan end-to-end protection kepada pelanggannya. Maka, mulailah dengan mencari provider yang menyediakan level of service yang dibutuhkan dan sesuai dengan budget perusahaan Anda. Jangan lupakan juga hidden costs seperti apa saja yang tercover atau tidak dicover solusi backup.

Ketahui apa yang perusahaan butuhkan dari provider

Berbicara mengenai backup as a solution data, Anda pastinya ingin memilih provider yang menyediakan solusi backup data terbaik. Terlebih lagi kesuksesan dan kelancaran proses backup bergantung pada provider yang Anda pilih. Bagi sejumlah perusahaan, on-premise backup adalah solusi terbaik. Namun di sisi lain, cloud backup juga kerap dianggap sebagai pilihan favorit.

Jika ditanya solusi backup data mana yang terbaik tentu jawabannya tidak ada karena semua tergantung pada kebutuhan dan goals yang ingin dicapai suatu perusahaan.

Memahami hal tersebut, AMT IT Solutions berupaya menyediakan solusi backup yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan perusahaan, baik dari segi budget, kapasitas, dan performa. Bersama tim yang berpengalaman, kami tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan backup data namun juga menangani isu IT perusahaan Anda.

Selain itu, didukung partner terbaik di kelasnya, AMT IT Solutions memiliki berbagai macam layanan solusi backup yang bisa dipilih. Turut memberikan ruang bagi perusahaan bertumbuh, AMT IT Solutions terbuka untuk bekerja sama dengan departemen IT perusahaan Anda. Ketahui kebutuhan bisnis Anda, kami yang bantu carikan solusinya.