F5 Advanced WAF (Web Application Firewall): Lindungi Bisnis Dari Peretasan

F5 Advanced WAF

Kerentanan web aplikasi merupakan target utama bagi para peretas dalam melancarkan aksinya. Dengan begitu, website hingga aplikasi perusahaan dapat berpotensi terkena serangan Cross-Site Scripting (XSS), SQL Injection, Cookie Poisoning, maupun berbagai jenis serangan lainnya.

Untuk melindungi layer aplikasi perusahaan dari peretas, maka Anda membutuhkan Web Application Firewall (WAF). Salah satu teknologi inovasi terbaik yang menawarkan perlindungan tersebut adalah F5 Advanced WAF.

Di artikel kali ini, akan dijelaskan apa itu F5 Advanced WAF beserta kelebihannya dalam melindungi web aplikasi Anda dari peretasan.

Mengapa F5 Advanced Web Application Firewall?

F5 Advanced WAF adalah salah satu jenis Web Application Firewall (WAF) tingkat lanjut yang memberikan perlindungan ekstra pada layer 7 atau layer aplikasi di sebuah jaringan.

Lebih dari sekadar WAF pada umumnya, Advanced WAF keluaran F5 dapat melindungi layer aplikasi perusahaan Anda dari berbagai serangan hacker seperti:

  1. Injection attacks
  2. Broken Authentication
  3. Sensitive data exposure
  4. XML External Entities (XXE)
  5. Broken Access control
  6. Security misconfigurations
  7. Cross Site Scripting (XSS)
  8. Insecure Deserialization
  9. DDoS attack
  10.  Dan beberapa jenis serangan lain pada layer aplikasi

Advanced WAF berbeda dengan Next Generation Firewall (NGFW). Di mana NGFW masih bergantung pada deteksi filter pasif dan tidak mengecek setiap permintaan HTTP secara menyeluruh. Sehingga, NGFW tidak dapat bekerja secara maksimal dalam menghadapi serangan termasuk dalam mendeteksi botnet maupun ancaman otomatis lainnya.

Web Application Firewall (WAF) memang sudah berkembang dari tahun ke tahun, namun sebagian besar WAF masih mengadaptasi metode filter pasif untuk mendeteksi traffic berbahaya dan memeriksa kepatuhan protokol di web. Selain itu, rumitnya operasional pengelolaan kebijakan WAF menyebabkan banyak perusahaan membiarkan beberapa aplikasi tidak terlindungi.

Adanya kerentanan pada aplikasi tersebutlah yang kemudian dijadikan target oleh para peretas. Sementara perusahaan tidak dapat memperkuat server aplikasi atau menerapkan kebijakan WAF dengan cukup cepat.

Untuk itu, F5 menciptakan F5 Advanced Web Application Firewall. Dengan perlindungan tingkat lanjut yang tidak diberikan oleh NGFW maupun WAF tradisional pada umumnya.

Penggunaan WAF tradisional dan NGFW:

WAF Tradisional

Penggunaan F5 Advanced WAF:

Advanced WAF

Fitur Unggulan F5 Advanced Web Application Firewall

Ada banyak fitur unggulan yang dimiliki F5 Advanced WAF dalam melindungi web aplikasi Anda dari berbagai serangan peretas, beberapa diantaranya seperti:

Advanced application protection

Sebagai WAF tingkat lanjut, F5 Advanced Web Application Firewall memiliki fitur proteksi aplikasi yang lebih ditingkatkan lagi. Teknologi sistem keamanan ini menggabungkan machine learning, threat intelligence, dan keahlian aplikasi yang mendalam. Sehingga mampu menghadapi serangan dengan lebih maksimal melebihi WAF tradisional maupun NGFW.

Proactive bot defense

Serangan otomatis seperti botnet pada DDoS adalah salah satu ancaman yang banyak mengintai jaringan perusahaan. Melalui Advanced WAF, F5 menyadari pentingnya kemampuan mendeteksi ancamanan otomatis yang berbahayaplikasi Anda. 

Berbeda dengan NGFW yang tidak dapat mendeteksi botnet secara spesifik, F5 Advanced Web Application Firewall dapat melindungi aplikasi Anda dari berbagai serangan otomatis dengan lebih proaktif.

Anti-Bot Mobile SDK

Fitur unggulan lainnya dari Advanced WAF adalah adanya Anti-Bot SDK yang dapat melindungi aplikasi seluler melalui daftar yang diizinkan, analisis perilaku, validasi cookie yang aman, serta peningkatan lapisan keamanan aplikasi yang lebih tinggi lagi.

In-Browser Data Encryption

Produk besutan F5 ini juga dilengkapi dengan fitur enkripsi data pada layer aplikasi untuk melindungi aplikasi Anda dari beberapa serangan spesifik seperti  data-extracting malware dan man-in-the-browser attack.

Behavioral DoS

Dengan adanya analisis perilaku serta inovasi machine learning yang diterapkan dalam sistem keamanan ini, setiap pendeteksian maupun pencegahan serangan DDoS pada layer 7 dapat ditangani dengan lebih akurat.

API protocol security

Selain dilengkapi berbagai fitur unggulan yang dapat meningkatkan keamanan layer aplikasi, Anda juga dapat mengembangkan alat yang dapat mengamankan REST/JSON, XML, dan GWT API.

Defenses for the OWASP Top 10

Keunggulan lain yang ada dapat yaitu melindungi kerentanan aplikasi terhadap ancaman keamanan yang cukup sering terjadi berdasarkan standar OWASP Top 10, yaitu standar pengembang dan keamanan aplikasi web.

Stolen Credential Protection

Cybercrime seperti stolen credential yang dilakukan pada brute-force attack adalah salah satu bahaya yang mengancam layer aplikasi pada jaringan perusahaan. Oleh karena itu, Anda memerlukan credential protection seperti yang ada pada F5 Advanced Web Application Firewall.

Tingkatkan Keamanan Dengan F5 Advanced WAF

F5 Advanced WAF Dashboard

Jika perusahaan Anda memiliki aplikasi web dengan tingkat penggunaan yang tinggi, maka Anda perlu memberikan perlindungan tambahan selain firewall untuk mengamankan jaringan perusahaan.

F5 Advanced WAF memberikan perlindungan layer aplikasi dengan menambahkan keunggulan yang tidak dimiliki Next Generation Firewall (NGFW) maupun WAF tradisional pada umumnya.

AMT IT Solutions sebagai partner resmi F5 menyediakan solusi perlindungan untuk bisnis Anda dengan Advanced Web Application Firewall yang menawarkan perlindungan maksimal bagi aplikasi website perusahaan Anda.