Ingin Solusi GRC Terbaik? Perhatikan Hal Berikut!

Solusi GRC Terbaik

Memilih solusi GRC terbaik dapat menjadi bentuk investasi perusahaan pada teknologi. Agar tidak menjadi investasi yang merugikan, tentunya Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti fitur dari perangkat lunak, serta elemen yang mampu memberikan solusi.

Untuk memastikan vendor GRC (Governance, Risk, dan Compliance)  yang Anda pilih menyediakan kebutuhan tersebut, Diligent menjelaskan beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan.

1. Memiliki Fitur Automasi

Memilih Solusi GRC

Automasi merupakan fitur yang perlu ada pada setiap perangkat lunak GRC. Jika vendor yang Anda pilih tidak menawarkan kemampuan automasi untuk mengotomatiskan alur kerja maupun pelaporan, mungkin Anda harus memilih vendor lain.

Dengan fitur automasi, Anda dapat mengotomatiskan alur kerja secara berulang, untuk mengeliminasi kesalahan manusia atau human error dan memperkuat pengambilan keputusan.

2. Mudah Digunakan

Menggunakan solusi GRC dengan antarmuka atau pengalaman pengguna yang tidak efektif akan menyulitkan tim Anda. Untuk itu, memilih software yang mudah digunakan karena dilengkapi demo atau cara penggunaan yang jelas, merupakan pilihan terbaik.

3. Memiliki visualisasi Data atau Storyboard

Dengan memilih solusi GRC yang memiliki visualisasi dan analisis tren yang kuat, Anda dapat meningkatkan data organisasi serta  memberikan gambaran risiko yang akurat secara otomatis.

Visualisasi yang baik juga dapat meminimalisir proses memperbarui spreadsheet Excel yang rawan kesalahan, serta proses dokumentasi lainnya. Dengan begitu, Anda dapat membuat dasbor heatmap dan board-level dengan lebih mudah.

4. Memiliki Kemampuan Analisis Data yang Baik

Solusi yang Anda gunakan haruslah dapat meningkatkan kapasitas data, baik melalui penambahan maupun ad hoc. Hal tersebut haruslah dapat dilakukan secara otomatis, dengan analisis berkelanjutan untuk menemukan fraud dan risk.

Selain itu, solusi tersebut juga harus menyediakan kemampuan untuk menampilkan serangkaian rutinitas analitik yang telah dibuat sebelumnya. Seperti classification, stratification, duplicate testing, aging, joining dan matching.

5. Terdapat Penilaian dan Pembobotan Risiko

Beberapa solusi GRC terbaik memungkinkan Anda untuk menentukan skor untuk setiap risiko, termasuk menerapkan pembobotan. Sehingga Anda dapat mengurutkan risiko mana yang paling berdampak pada hal lainnya. Adanya fitur sederhana ini, dapat membantu Anda memprioritaskan area bisnis mana yang harus diatasi terlebih dahulu.

6. Memiliki Integrasi Sistem yang Luas

Integrasi software merupakan hal yang harus Anda pertimbangkan. Seperti misalnya integrasi pada ERP dan sistem keuangan, termasuk aplikasi kerja lain seperti Slack dan Jira. Kemampuan tersebut merupakan faktor penting yang dapat Anda manfaatkan untuk mengintegrasikan daftar alat, konektor data, serta sistem dari pihak ketiga yang terus bertambah.

7. Memiliki Kemampuan Skalabilitas

Proses kerja data-driven GRC membutuhkan banyak kapasitas data. Di antaranya seperti data dari berbagai sumber dengan proses persyaratan yang rumit. Untuk itu, software GRC haruslah dapat menyederhanakan proses tersebut termasuk mengatasi peningkatan kapasitas data.

8. Mendukung Perangkat Mobile

Untuk mendapatkan solusi GRC terbaik, Anda haruslah memperhatikan fleksibilitas yang ditawarkan oleh software pilihan Anda. Hal ini penting karena mungkin Anda memiliki auditor dan spesialis kontrol dan kepatuhan yang perlu melakukan kerja mobile atau  menggunakan lebih dari satu perangkat.

9. Memiliki Keamanan yang Memadai

Data penting perusahaan haruslah memiliki keamanan yang mumpuni. Mengakses dan membagikannya data melalui jaringan yang aman saja tidaklah cukup. Anda harus melindungi data tersebut dari pencurian. Untuk itu, Anda harus memilih solusi GRC dengan enkripsi data yang kuat.

10. Memberikan Dukungan Teknis

Adanya ketersediaan dukungan teknis merupakan kunci utama dalam pengadaan solusi GRC. Dengan begitu, Anda dapat sangat terbantu pada saat pemasangan software dan hal lainnya.

Dapatkan Solusi GRC Terbaik Bersama Diligent

Diligent adalah vendor teknologi GRC (Governance, Risk, dan Compliance) yang telah menyediakan banyak solusi GRC terbaik di banyak perusahaan global. Untuk mendapatkan solusi tersebut, Anda dapat menghubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.