7 Contoh Aplikasi ERP Untuk Permudah Operasional Bisnis

Contoh aplikasi ERP

Enterprise Resource Planning atau ERP bekerja dengan cara menyederhanakan dan mengotomatiskan alur kerja melalui database terpusat. Beberapa contoh aplikasi ERP yang ada saat ini, umumnya menggunakan dashboard yang mudah dioperasikan untuk melihat data secara real-time.

Ada banyak contoh sistem ERP yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan perusahaan. Beberapa diantaranya akan dijelaskan di bawah ini.

SAP ERP

System Application and Product in data processing (SAP) merupakan contoh aplikasi ERP yang memiliki beberapa modul dengan fitur yang dapat mengotomatiskan manajemen operasional perusahaan. Software SAP menawarkan beberapa solusi keuangan, pengadaan, layanan, penjualan, hingga Sumber Daya Manusia untuk berbagai jenis industri yang berbeda.

Untuk memaksimalkan kinerja SAP, Anda dapat mengkombinasikannya dengan Veritas InfoScale.

Oracle

Oracle adalah aplikasi ERP yang menawarkan integrasi lengkap untuk mendukung pengambilan keputusan perusahaan. Penggunaan Oracle juga akan membantu Anda menghemat biaya operasional dan meningkatkan produktivitas. Contoh sistem ERP ini dapat membantu perencanaan sumber daya lintas industri untuk berbagai kebutuhan Anda, dari CRM hingga rantai pasok.

Netsuite

Contoh aplikasi ERP lainnya adalah Netsuite yang merupakan penyedia solusi ERP berpengalaman sejak 1998. Software ini mengedepankan penyediaan modul keuangan, manajemen produksi, serta manajemen supply chain yang saling terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan Anda. Terutama, dalam hal migrasi operasional data.

Dengan menggunakan Netsuite, Anda dapat dengan mudah melacak pengeluaran alur kerja, membantu menghubungkan ke sumber informasi eksternal, serta memantau metrik kinerja melalui dashboard yang disediakan.

Odoo

Odoo merupakan salah satu contoh aplikasi ERP yang dapat membantu Anda mengelola operasional perusahaan dengan lebih efektif. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur seperti manajemen pelanggan, keuangan, hingga pelaporan yang dapat bekerja dengan performa maksimal. Selain itu, dashboard Odoo juga dapat digunakan dengan mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda secara lebih spesifik.

Microsoft Dynamic

Microsoft juga turut mengeluarkan aplikasi ERP dengan nama Microsoft Dynamic. Perangkat lunak ini, berfungsi untuk mengelola manajemen bisnis dengan fitur-fiturnya yang komprehensif, mulai dari segi keuangan, pengadaan, hingga manufaktur. Kelebihan yang dimiliki Microsoft Dynamic adalah adanya visibilitas atau transparansi yang lebih baik dengan kontrol terhadap semua aktivitas bisnis Anda.

Zahir

Zahir merupakan contoh aplikasi ERP yang sudah mengembangkan aplikasi akuntansi sejak 1996. Software ini menawarkan banyak fitur yang dapat membantu Anda mengelola operasional bisnis mulai dari keuangan, investasi, hingga warehouse. Kelebihan aplikasi ini adalah penggunaanya yang mudah karena sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia.

Equip ERP

Sistem ERP selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah Equip ERP yang mengedepankan UI/UX yang ramah bagi penggunanya. Contoh sistem ERP ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 dan menawarkan layanan Software as a Service (SaaS) bagi UMKM.

Equip ERP memiliki fitur  All-in-one yang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, sehingga tidak memerlukan banyak sistem untuk melakukan manajemen operasional perusahaan. Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah harganya yang relatif murah sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Pilih Aplikasi ERP Sesuai Kebutuhan Perusahaan Anda

Ada banyak pilihan contoh aplikasi ERP yang dapat memenuhi kebutuhan operasional bisnis Anda. Semuanya memiliki fitur dan kelebihan masing-masing yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

AMT IT Solutions menyediakan berbagai solusi IT untuk kebutuhan perusahaan Anda. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.