Pengertian Sistem ERP dan Pentingnya Bagi Perkembangan Bisnis

Sistem ERP adalah

Perkembangan inovasi teknologi tentunya dapat membantu meningkatkan produktivitas operasional perusahaan. Sistem ERP adalah salah satu keuntungan dari adanya inovasi tersebut.

Adanya sistem ERP bagi bisnis akan meningkatkan efektivitas perusahaan, memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan, hingga menghasilkan nilai tambah serta keuntungan bagi para stakeholder.

Umumnya, solusi ERP software banyak digunakan oleh perusahaan besar. Namun saat ini, para pelaku UKM juga telah banyak yang menggunakan solusi ERP untuk membantu operasional bisnis mereka.

Lalu, apa itu sistem ERP serta fungsinya bagi perkembangan bisnis perusahaan Anda? Simak melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu ERP?

Sistem ERP adalah

Enterprise Resource Planning atau disingkat sistem ERP adalah paket sistem dan software yang terdiri dari tiga komponen utama, yaitu enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumber daya), dan planning (perencanaan).

Maka, ERP dapat diartikan sebagai sistem dan software yang dirancang untuk mengintegrasikan beberapa manajemen fungsionalitas perusahaan bersama dengan aspek sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

Fungsi dari ERP adalah untuk memberikan pengukuran, menyederhanakan, serta menghubungkan operasional bisnis melalui sumber daya manusia, sumber keuangan, hingga distribusi. Bentuk sistem ERP yang umum digunakan oleh perusahaan seperti audit keuangan, pengadaan proyek, produktivitas SDM, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Sistem ERP

Apa itu ERP?

Beberapa vendor IT solutions akan menyediakan layanan ERP dengan beberapa pilihan. Berikut ini jenis-jenis sistem ERP yang perlu diketahui.

On-Premise ERP

On-Premise ERP adalah salah satu jenis ERP  yang di-install langsung pada server yang dikelola langsung oleh perusahaan. Dengan begitu, segala pembaruan dan pemeliharaan software ini bergantung pada perusahaan yang menggunakannya.

Cloud-based ERP

ERP berbasis cloud dikelola melalui web yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses sistem secara fleksibel, kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi jaringan internet. Pada cloud-based ERP, pembaruan maupun pemeliharaan sistem bergantung pada vendor.

Ada beberapa pilihan penerapan serta hosting berbasis cloud yang ditawarkan, beberapa diantaranya:

SaaS (software-as-a-service), yaitu ERP berbasis langganan dimana Anda membayar biaya sewa perbulan/pertahun sesuai dengan banyaknya penggunaan.

Private cloud, dimana Anda dapat melakukan hosting di pusat daya situs web Anda atau miliki penyedia layanan pihak ketiga.

Public cloud, merupakan ERP yang dikelola oleh penyedia layanan public cloud dan dikirim melalui internet.

Hybrid ERP

Hybrid ERP adalah salah satu jenis ERP gabungan dari layanan penerapan dan hosting, sehingga memungkinkan Anda menentukan solusi ERP sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Enterprise Resource Planning jenis hybrid menawarkan beberapa keunggulan. Seperti pengguna yang dapat mengakses sistem kapan dan dimana saja selama memiliki koneksi internet. Selain itu, pembaruan dan pemeliharaan ERP jenis ini juga ditanggung oleh vendor. Sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya dalam penggunaannya.

Keunggulan ERP Bagi Bisnis

Enterprise Resource Planning (ERP)

Sistem ERP adalah solusi yang menawarkan banyak kelebihan bagi perkembangan bisnis Anda. Beberapa keunggulan tersebut seperti di bawah ini:

Memaksimalkan operasional bisnis

Dari segi fungsi, sistem ERP adalah solusi yang digunakan untuk menyederhanakan operasional yang umumnya memakan banyak waktu dan tenaga. Dengan ERP, kerja manual dan konvensional dapat dilakukan secara otomatis, lebih cepat, dan lebih mudah. ERP akan memangkas setiap manajemen yang kurang efektif dan mengoptimalkannya.

Mendukung kolaborasi

Salah satu kelebihan Enterprise Resource Planning adalah dukungan integrasi antar sistem yang memudahkan penggunanya. Dengan ERP, kolaborasi antar departemen menjadi lebih mudah untuk dilakukan, dimana nantinya satu departemen dapat dengan mudah berinteraksi dengan departemen lain melalui software ini.

Menghemat biaya operasional

Sistem ERP yang sederhana adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pengeluaran biaya operasional. Dengan menerapkan operasional modern yang otomatis, tentunya akan menghemat lebih banyak biaya operasional perusahaan. Selain menghemat biaya, operasional yang sederhana juga akan menghemat waktu Anda.

Meningkatkan keamanan data

Keamanan data merupakan faktor yang sangat penting untuk melindungi bisnis. Umumnya, sistem ERP sudah dilengkapi dengan firewall dan kontrol pembatas yang mampu mencegah pelanggaran data.

Hal ini karena ERP adalah software yang bekerja secara terpusat, dengan akses yang dapat dikontrol oleh penggunanya. Sehingga Anda dapat melakukan pemantauan maupun pencegahan terhadap potensi pencurian data yang dapat merugikan perusahaan Anda.

Membantu perencanaan yang akurat

Keunggulan lain yang dimiliki sistem ERP adalah kemampuan pembuatan rencana (planning) yang akurat berdasarkan data. Salah satunya dengan fitur pemberian laporan secara real-time, dimana hal ini akan sangat membantu pengambilan keputusan pemilik perusahaan secara lebih tepat.

Gunakan Sistem ERP yang Tepat Bersama Veritas

Penggunaan sistem ERP adalah langkah yang tepat jika Anda ingin mengoptimalkan operasional perusahaan. Hal ini karena software ERP dikembangkan dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah manajemen bisnis.

AMT IT Solutions sebagai vendor resmi Veritas di Indonesia menawarkan sistem ERP terbaik untuk kebutuhan perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.