5 Cara Mengatasi Server Down dan Pemicunya yang Perlu Dihindari

Cara mengatasi server down

Bagi perusahaan yang mengoperasikan bisnisnya melalui website maupun aplikasi tentu membutuhkan server dengan performa tinggi. Lalu jika salah satu media tersebut down, Anda pastinya akan segera mencari cara mengatasi server down yang sedang menimpa website maupun aplikasi Anda tersebut.

Semakin lama waktu down yang dialami website maupun aplikasi, tentunya akan meningkatkan kerugian yang nantinya harus Anda tanggung. Untuk itu, mempelajari penyebab dan cara mengatasi down server merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai penyebab hingga cara mengatasi down pada server.

Penyebab Server Down

Sebelum mengetahui cara mengatasi server down, tentunya Anda perlu memahami apa saja pemicu yang dapat menyebabkan permasalahan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan server down, baik dari segi faktor internal hingga eksternal. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Kesalahan Manusia/Pengkodean

Tim IT  suatu perusahaan umumnya akan mengelola dan memelihara server website. Disinilah potensi kesalahan manusia dapat terjadi. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat berupa sabotase, kecelakaan, kualitas pekerjaan yang buruk, atau kesalahan pengkodean sehingga menyebabkan server down.

2. Kegagalan Hardware

Di banyak perusahaan, umumnya server berjalan selama 24/7. Dengan penggunaan tanpa henti yang terus berlanjut, tentunya akan meningkatkan potensi kerusakan perangkat keras.

Selain itu, kesalahan penggunaan maupun bencana juga dapat meningkatkan risiko yang dapat menyebabkan hancurnya infrastruktur server secara keseluruhan. Jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin nantinya Anda akan mengalami down server.

3. Kesalahan Software

Ada kalanya server berjalan pada perangkat lunak yang tidak diaudit maupun diperbarui secara berkala, sehingga rentan terhadap kerusakan maupun gangguan. Untuk itu, ada baiknya Anda berinvestasi pada tenaga ahli yang dapat memahami bagaimana cara mengelola software agar tetap dalam keadaan optimal.

4. Serangan Hacker

Serangan hacker seperti  DDoS Attack merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat menyebabkan website down. Mereka bekerja dengan cara memakan bandwidth dan sumber daya server, sehingga menyebabkan server kelebihan beban. Tidak hanya DDoS Attack, serangan lain seperti Brute Force Attack juga dapat menyebabkan kerusakan server yang membuatnya tidak dapat berjalan dengan baik.

5. Pemadaman jaringan

Terkadang, pemadaman jaringan tidak dapat dihindari. Ada banyak faktor penyebabnya seperti kegagalan router, pemutusan kabel jaringan, hingga masalah dari penyedia layanan internet. Jika terjadi pemadaman jaringan secara mendadak, maka server tidak akan dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dan menyebabkannya down.

Cara Mengatasi Server Down

Cara mengatasi server down

Masalah server down tentunya akan menghambat jalankan operasional bisnis Anda, sehingga perlu diatasi dengan segera. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi server down. Di bawah ini penjelasannya:

1. Analisis Struktur Jaringan

Melakukan analisis struktur jaringan adalah langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi server down. Analisis jaringan sendiri adalah proses menemukan perangkat komputer yang berkaitan dengan server. Sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan masalah yang menyebabkan server tersebut down. Seperti adanya kesalahan manusia maupun kesalahan pengkodean.

2. Verifikasi Jaringan

Permasalahan jaringan dapat membuat server tidak dapat berkomunikasi dengan komputer lain, sehingga menyebabkan down. Untuk itu, Anda perlu memeriksa kedua port di kedua ujung server apakah terdapat masalah atau tidak. Selain itu, mengganti kabel Ethernet juga terkadang dapat membantu memperbaiki masalah konektivitas jaringan yang berkaitan dengan WAN dan LAN.

3. Periksa Host Server

Ada kalanya permasalahan server down datang dari faktor eksternal. Misalnya, seperti penyedia layanan hosting yang bisa saja gagal mengelola server bersama atau secara khusus, sehingga pengguna server tidak dapat mengaksesnya.

Untuk menghindari permasalahan ini, Anda dapat menjalin kerjasama dengan penyedia hosting yang memiliki kualitas terbaik dan dapat diandalkan. Namun sebelum memilihnya, Anda perlu memperhatikan layanan serta dukungan teknis yang ditawarkan jika sewaktu-waktu mengalami down.

4. Lakukan Pemeliharaan Perangkat

Cara mengatasi server down selanjutnya adalah dengan melakukan pemeliharaan perangkat secara rutin. Baik itu hardware maupun software yang berkaitan dengan server. Selain itu, Anda juga dapat mencatat informasi terperinci terkait kondisi server Anda sehingga dapat membantu Anda menghindari server down.

5. Gunakan Load Balancer

Load balancer merupakan aplikasi yang dapat membantu mendistribusikan traffic ke beberapa server secara merata. Dengan begitu, tidak ada server yang kelebihan beban dan menyebabkannya down.

F5 BIG-IP Local Traffic Manager adalah salah satu contoh load balancer yang dapat membagi traffic secara merata, sehingga Anda dapat menghindari permasalahan server down yang dapat mengganggu operasional bisnis Anda.

Cegah Server Down Dengan F5 BIG-IP LTM

Permasalahan server down dapat memberikan banyak kerugian bagi operasional bisnis yang sedang dijalankan. Untuk mencegahnya, Anda perlu mempelajari cara mengatasi server down agar permasalahan tersebut dapat segera ditangani.

AMT IT Solutions sebagai penyedia IT solutions bekerjasama dengan F5 dalam memberikan solusi IT terbaik untuk perkembangan bisnis Anda. F5 BIG-IP LTM menawarkan solusi manajemen server terbaik untuk mencegah potensi kerugian bagi perusahaan Anda.