Apa Itu HCI Server? Cara Kerjanya Dalam Menyederhanakan Infrastruktur IT

Server HCI adalah

Semakin berkembangnya suatu perusahaan, tentunya semakin banyak pula kebutuhan operasionalnya. HCI adalah solusi yang dapat memangkas kompleksitas operasional perusahaan dengan menggabungkan tiga komponen utama penggerak perusahaan.

Hyperconverged Infrastructure atau disingkat HCI menggabungkan virtual computer, storage, dan server menjadi satu bagian sehingga pengoperasionalan ketiga perangkat tersebut dapat dilakukan sekaligus. Selain menghemat waktu dan biaya perawatan, penggunaan HCI akan mengurangi kompleksitas dalam operasional perusahaan.

Namun, penggunaan teknologi seperti HCI tentunya memiliki tantangan tersendiri. Melalui artikel kali ini, Anda akan lebih mengenal mengenai apa itu HCI, cara kerja, serta kelebihan dan tantangannya.

Apa Itu HCI Server?

HCI adalah

Hyperconverged Infrastructure atau disingkat HCI adalah teknologi yang menggabungkan antara penyimpanan, komputasi, dan server ke dalam satu sistem yang disebut hyperconverged.

Dalam suatu infrastruktur IT, umumnya Anda akan menjumpai komputer, storage, serta server secara terpisah. Namun pada HCI, ketiga komponen tersebut digabungkan menjadi satu untuk menyederhanakan kompleksitas dari perangkat yang terpisah tersebut.

Teknologi HCI bekerja menggunakan perangkat lunak dan server x86. Selain dapat  menyederhanakan server maupun pusat data, Hyperconverged Infrastructure juga mampu meningkatkan skalabilitas serta menghemat biaya pembelian hardware yang mahal.

Cara Kerja HCI

Sebagai inovasi yang bertugas untuk menyederhanakan infrastruktur IT, cara kerja HCI adalah dengan menyatukan seluruh stack data center. Termasuk sistem komputasi, jaringan penyimpanan dan virtualisasi.

Secara lebih spesifik, HCI bekerja dengan menggabungkan komoditas data center dengan perangkat penyimpanan yang terpasang secara lokal atau Direct Attached Storage (DAS). Kemudian didukung dengan lapisan perangkat lunak yang terdistribusi untuk membentuk server.

Setiap server dikenal juga sebagai node, dan setiap node menyediakan prosesor x86 dengan SSD dan HDD. Nantinya, server yang berjalan pada setiap node akan mendistribusikan semua fungsi operasi di seluruh cluster untuk membuat kinerja dan ketahanan server yang baik. Dengan begitulah, HCI dapat menghilangkan permasalahan umum yang sering terjadi pada infrastruktur IT tradisional.

Kelebihan HCI Server

HCI berfungsi sebagai penyederhana infrastruktur IT. Dengan begitu, HCI memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan infrastruktur IT tradisional. Beberapa diantaranya seperti:

Mengoptimalkan biaya infrastruktur

Salah satu kelebihan HCI adalah dapat mengoptimalkan biaya yang Anda keluarkan untuk pembangunan infrastruktur. Dengan menggabungkan komputasi dan penyimpanan menjadi satu, HCI membantu Anda untuk tidak lagi menyewa cloud dari pihak ketiga. Selain itu, pengelolaan Hyperconverged Infrastructure lebih mudah dilakukan dengan lebih sedikit tim IT daripada infrastruktur jenis lama.

Menyederhanakan manajemen

Penggunaan Hyperconverged Infrastructure juga dapat menyederhanakan manajemen perusahaan Anda. Hal ini karena HCI menyediakan antarmuka sederhana untuk menjalankan beban kerja pada tingkat aplikasi, sehingga akan lebih mudah bagi staf Anda untuk mengelolanya.

Mempermudah upgrade hardware

Solusi HCI hadir dalam paket yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga Anda cukup membeli dan menjalankannya. Server HCI juga datang dengan blok penyusun yang identik, serta cukup mudah untuk diukur.

Skalabilitas yang mudah

Kelebihan lain yang dimiliki HCI server adalah kemudahan dalam melakukan skala komputasi dan penyimpanan secara  bersamaan. Teknologi Hyperconverged Infrastructure memungkinkan Anda untuk meningkatkan kinerja dengan menambahkan server atau node baru ke cluster.

Mengoptimalkan kinerja

Hyperconverged Infrastructure dirancang untuk dapat digunakan oleh banyak aplikasi. Teknologi ini menggunakan CPU dengan kinerja serta perangkat penyimpanan SSD/NVM yang sangat cepat. Hal ini dapat membantu perusahaan Anda mengoptimalkan kinerja perusahaan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Penggunaan HCI

Meskipun memiliki banyak kelebihan, penggunaan Hyperconverged Infrastructure juga memiliki beberapa tantangan yang jika tidak diperhatikan akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan HCI adalah sebagai berikut:

Lebih optimal untuk penggunaan skala kecil

Jika Anda memiliki kantor cabang dengan tim IT yang tidak terlalu banyak, maka penggunaan HCI adalah solusi tepat. Hal ini karena infrastruktur HCI dapat membantu menghemat waktu, biaya, dan perawatan di kantor cabang.

Dengan bantuan dukungan dari vendor IT seperti AMT IT Solutions, solusi HCI server adalah pilihan yang akan membantu perusahaan cabang Anda berjalan lancar, meskipun berada di lokasi yang jauh.

Virtual Desktop Infrastructure

Perlu diperhatikan jika HCI adalah infrastruktur virtual desktop, di mana Anda dapat memanfaatkannya untuk melanjutkan bisnis inti Anda melalui kecanggihan virtual yang dimiliki teknologi server HCI.

Aplikasi tingkat pertama

Sebagai aplikasi tingkat pertama, HCI dibangun untuk memiliki ketersediaan tingkat tinggi atau high availability. Hal tersebut akan memberikan redundansi tanpa kerumitan, menjamin waktu kerja aplikasi Anda maupun kepuasan pelanggan.

Gunakan HCI Terbaik Untuk Perusahaan Anda

Server HCI adalah solusi tepat untuk menyederhanakan infrastruktur IT perusahaan Anda. Namun, sebelum menerapkan solusi Hyperconverged Infrastructure, perlu diperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi performa teknologi tersebut.

AMT IT Solutions bersama Sangfor menyediakan solusi Hyperconverged Infrastructure terbaik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim IT kami untuk mendapatkan solusi yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan Anda.