Penjelasan Apa Itu Cloud Storage, Jenis dan Manfaatnya

Apa itu cloud storage

Setiap perangkat komputer pastinya memerlukan storage untuk menyimpan data sehingga dapat beroperasi dengan baik. Saat ini, ada banyak inovasi teknologi seperti cloud storage yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan penyimpanan. Cloud storage adalah salah satu bukti perkembangan teknologi menjadi lebih baik lagi.

Dengan adanya penyimpanan awan, proses penyimpanan tradisional yang memakan banyak ruang karena memerlukan ruang fisik khusus perlahan semakin memudar. Kemudian, digantikan oleh kecanggihan cloud storage yang membuat proses penyimpanan menjadi lebih mudah dan fleksibel.

Lalu, tahukah kamu apa itu cloud Storage serta apa manfaat dan fungsinya dalam lingkungan bisnis perusahaan? Simak jawabannya melalui artikel di bawah ini, ya!

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah

Cloud storage adalah model penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan data seperti dokumen, foto, video, maupun bentuk media lainnya, yang disimpan pada cloud server. Penyimpanan awan umumnya disediakan oleh pihak ketiga di luar pengguna, kemudian pengguna akan membayar biaya penyimpanan data di cloud dengan tarif bulanan per jumlah pemakaian.

Dengan menggunakan cloud storage, Anda dapat menyimpan maupun mengakses data kapanpun diperlukan melalui perangkat yang terhubung ke jaringan seperti internet. Sehingga, dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan penyimpanan tradisional.

Cara Kerja Cloud Storage

Cara kerja cloud storage dapat diibaratkan seperti virtual data center yang menawarkan penggunaan akhir serta aplikasi penyimpanan virtual. Penyimpanan model awan ini beroperasi melalui API berbasis web yang diimplementasikan dari jarak jauh melalui interaksi dengan infrastruktur penyimpanan cloud internal.

Cloud storage adalah model ruang penyimpanan yang setidaknya memiliki satu server data, dimana penggunanya dapat terhubung ke server tersebut melalui jaringan internet. Untuk mulai menggunakannya, pengguna mengirim file yang secara otomatis maupun manual akan diteruskan ke server. Data yang disimpan kemudian dapat diakses melalui antarmuka berbasis web.

Agar dapat memastikan ketersediaan data, sistem penyimpanan cloud akan melibatkan sebagian besar server data. Ketika server mengadakan pemeliharaan atau terdapat error, data yang pengguna kirim perlu dipindahkan ke tempat lain untuk memastikan ketersediaannya.

Jenis-Jenis Cloud Storage

Jenis-jenis cloud storage

Teknologi komputasi awan terus berkembang pesat seiring dengan tingginya kebutuhan perusahaan akan penyimpanan berbasis cloud. Berikut beberapa jenis cloud storage yang ada saat ini.

Private cloud storage

Seperti namanya, private cloud storage adalah penyimpanan yang menyediakan lokasi khusus atau private bagi penggunanya. Jenis cloud storage ini umumnya disebut juga dengan enterprise atau internal cloud storage.

Pada penyimpanan jenis ini, data disimpan di dalam jaringan intranet penggunanya dan dilindungi oleh firewall dari jaringan intranet tersebut. Untuk itu, penggunaan private cloud storage lebih cocok digunakan oleh perusahaan yang dapat mengelola data secara internal dan menginginkan penyimpanan khusus tanpa bersamaan dengan pengguna lainnya.

Keuntungan:

Anda dapat memiliki kontrol penuh terhadap penggunaanya.

Kekurangan:

Biaya yang dibutuhkan cukup mahal, serta pemeliharaan dan pembaruan yang tidak mudah dan harus dilakukan secara berkala.

Public cloud storage

Berbeda dengan penyimpanan private, public cloud storage adalah jenis penyimpanan awan yang menawarkan penggunaan yang lebih efisien karena dikelola oleh pihak ketiga, termasuk perawatan hingga pembaruan.

Untuk menggunakan jenis cloud storage ini, Anda hanya perlu membayar biaya sewa sesuai kebutuhan. Contoh perusahaan yang menawarkan penggunaan public cloud storage seperti Amazon Web Service, Google Cloud, dan Microsoft Azure.

Keuntungan:

Biaya sewa yang lebih murah dan tidak perlu melakukan perawatan maupun pembaruan.

Kekurangan:

Pengguna public cloud storage harus berbagi ruang penyimpanan dengan pengguna lainnya. Sehingga, jika terjadi error semua pengguna akan terkena imbasnya.

Hybrid cloud storage

Hybrid cloud storage adalah gabungan dari penyimpanan private dan public cloud storage. Jenis penyimpanan ini adalah jenis yang terbaik karena mengadaptasi keamanan yang ada pada private cloud dan personalisasi dari public cloud.

Pada penyimpanan jenis hybrid, tiap data akan disimpan di cloud pribadi, sementara untuk tugas pemrosesan informasi akan diberikan pada cloud publik dengan bantuan layanan komputasi awan atau cloud computing.

Kelebihan:

Lebih terjangkau dan menawarkan penyesuaian yang mudah serta kontrol pengguna yang lebih besar.

Manfaat Cloud Storage

Manfaat komputasi awan

Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari penggunaan cloud storage adalah sebagai berikut:

Menghemat biaya jangka panjang

Dalam jangka panjang, cloud storage akan lebih banyak menghemat biaya operasional perusahaan secara signifikan dibandingkan penggunaan traditional storage. Dengan menggunakan cloud storage, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya penggunaan perangkat keras, fasilitas penyimpanan, suku cadang seperti pada traditional storage.

Fleksibilitas dan kemudahan akses

Penggunaan cloud storage meningkatkan fleksibilitas Anda dalam menyimpan maupun mengakses data. Hal ini karena penyimpanan awan tidak terikat pada satu lokasi manapun. Sehingga Anda dapat mengaksesnya dimanapun selama terhubung ke jaringan.

Dukungan manajemen jarak jauh

Penggunaan cloud storage yang lebih fleksibel juga memungkinkan tim IT internal perusahaan untuk melakukan pengelolaan jarak jauh, berkat adanya penyedia layanan terkelola. Nantinya, jika terjadi permasalahan pada ruang penyimpanan, mereka dapat mengatasinya tanpa perlu hadir di tempat sehingga dapat mempercepat penyelesaian masalah.

Skalabilitas cepat

Manfaat lain dari penggunaan cloud storage adalah Anda dapat melakukan skalabilitas penyimpanan dengan lebih cepat dan mudah. Anda tidak perlu membeli perangkat tambahan dan memasangnya untuk melakukan penskalaan seperti yang dilakukan oleh penyimpanan tradisional.

Redundansi untuk pencadangan

Redundansi data atau mereplikasi data yang sama di banyak lokasi merupakan hal yang penting untuk melakukan pencadangan atau back-up. Dengan begitu, penyimpanan awan dapat memastikan data Anda tetap aman jika terjadi kendala yang tidak diinginkan.

Bangun Cloud Storage Untuk Kembangkan Bisnis Anda

Penggunaan cloud storage adalah solusi yang dapat membantu perusahaan Anda berkembang dengan lebih pesat. Ada banyak jenis-jenis cloud storage yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan seperti private cloud storage, public cloud storage, hingga hybrid cloud storage.

AMT IT solutions sebagai mitra resmi HPE menyediakan berbagai jenis cloud storage seperti HPE Alletra yang dapat memberikan performa penyimpanan maksimal untuk bisnis Anda.