Keunggulan Cloud Computing

6 Manfaat dan Keunggulan Cloud Computing Bagi Bisnis

Saat ini, banyak pelaku bisnis dari berbagai skala berlomba-lomba memindahkan data dan aplikasi bisnisnya ke cloud computing environments. Tujuannya tentu untuk memanfaatkan segala fitur dan keunggulan yang ditawarkan cloud computing.  Sayangnya, karena masih terbilang baru, ada banyak orang yang belum mengetahui manfaat serta keunggulan teknologi yang satu ini.

Jadi, keunggulan apa yang ditawarkan cloud computing dibandingkan model komputasi tradisional? Untuk lebih memahami mengapa semakin banyak bisnis beralih ke cloud computing, kami telah mencantumkan sejumlah manfaat dan keuntungan utama cloud computing di artikel ini.

Cloud Computing

Tak Memerlukan Infrastruktur Baru

Bisnis bisa beralih dari komputasi tradisional ke cloud computing tanpa perlu mengganti atau menambah infrastruktur yang sudah ada. Sebelum beralih ke cloud, pertama-tama pelaku bisnis perlu mengevaluasi IT environment terlebih dahulu untuk selanjutnya mengidentifikasi aplikasi apa yang cocok untuk pemindahan ke cloud. Sebagai informasi, terdapat sejumlah IT environment assist tools di pasaran yang dapat membantu menyelaraskan aplikasi dan infrastruktur terkait. Tools ini juga akan memberikan insight tentang on-premises hardware lengkap dengan rekomendasi pendukung agar pelaku bisnis semakin yakin pindah ke cloud computing.

Services Cloud Perusahaan

Lebih Hemat Biaya

Cloud computing environments memungkinkan bisnis meningkatkan atau mengurangi storage sesuai kebutuhan. Selain itu, cloud mengubah pengeluaran modal di awal yang biasanya bernilai besar, menjadi pengeluaran operasional yang lebih hemat biaya.

Data Center Cloud Computing

Menawarkan Agility

Bisnis yang mampu dengan cepat beradaptasi adalah bisnis yang berpeluang untuk sukses. Agility (kecepatan) sendiri berkaitan erat dengan otomatisasi, karena otomatisasi mengharuskan memiliki agility. Untuk diketahui, cloud computing dirancang sedemikian rupa agar otomatis dan self-provisioning yang memungkinkan end users menambah atau mengurangi kebutuhan tanpa adanya intervensi. Penting bagi bisnis memiliki pola pikir yang mengutamakan otomatisasi sehingga kegiatan operasional harian bisa dijalankan secara otomatis. Dengan begini, perusahaan bisa merespon permintaan pelanggan dengan lebih cepat sekaligus meningkatkan layanan.

Hosting Cloud Computing

Menawarkan Skalabilitas

Cloud memungkinkan infrastruktur perusahaan mengakses sumber daya tambahan sesuai kebutuhan tanpa pengadaan peralatan yang mahal. Sumber daya ini selanjutnya bisa ditambah atau dikurangi mengikuti permintaan pelanggan maupun performa perusahaan. Jadi bisa dibilang, skalabilitas yang ditawarkan cloud computing tidak terbatas.

Office Cloud Computing

Bisa Diakses Kapanpun & Di manapun

Keuntungan cloud computing selanjutnya adalah data perusahaan bisa diakses kapanpun dan di manapun. Tak peduli di bagian dunia mana Anda berada, Anda tetap bisa mengakses data perusahaan bila diperlukan.

Services Computing Cloud

Fokus Pada Kompetensi Inti

Otomatisasi yang ditawarkan cloud computing, membuat SDM perusahaan bisa fokus mengerjakan tugas esensial lainnya. Di era teknologi seperti sekarang ini, pelaku bisnis tentunya dituntut untuk dapat mengelola bisnis lebih efisien dan efektif. Dengan berinvestasi pada cloud computing, tanggung jawab perusahaan dalam hal mengelola dan memelihara hardware, redundansi daya dan jaringan, data centers, edge locations, dan lain sebagainya beralih ke provider. Dengan begini, perusahaan bisa lebih fokus pada sektor lainnya untuk memenangkan pelanggan.

Saran Dari Ahli Untuk Membantu Anda Memaksimalkan Manfaat Cloud Computing

Saat ini, ada banyak cloud provider di pasaran yang tentunya dapat Anda pilih. Namun, pastikan Anda memilih provider yang telah berpengalaman.

Sebagai salah satu perusahaan di bidang IT yang menawarkan layanan cloud computing, AMT IT Solutions berpengalaman dan memiliki keahlian dalam membantu banyak perusahaan bertransformasi digital. Salah satunya adalah dengan mengedukasi sekaligus mengimplementasi cloud computing.

Jika Anda adalah pelaku bisnis yang masih ragu, namun ingin mengetahui manfaat dan kelebihan cloud computing selengkapnya, Anda bisa menghubungi kami dengan mengunjungi website atau akun sosial media AMT IT Solutions.