Audit Management

Manfaat dan Jenis Audit Management Bagi Bisnis Perusahaan

Dalam rangka menyelenggarakan kegiatan bisnis di perusahaan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas perusahaan merupakan hal yang penting agar performa perusahaan semakin meningkat. Untuk itu perusahaan memerlukan audit management tools sebagai instrumen dalam memenuhi kebutuhan manajemen puncak. Di bawah ini kami sajikan pengertian, manfaat dan jenis audit management.

Apa Itu Audit Management?

Audit management merupakan proses pemeriksaan secara sistematis yang dilakukan oleh pemeriksa independen untuk mengumpulkan dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai kegiatan dan prosedur manajemen. Setelah itu, tim pemeriksa akan melakukan komunikasi terkait hasil pemeriksaan kepada atasan man yang dievaluasi dan dilengkapi bukti dan rekomendasi.

Dengan kata lain, pengertian audit management adalah kegiatan penilaian efektivitas manajemen yang dilakukan secara independen dan objektif terhadap kebijakan maupun pencapaian tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Pemeriksaan management tersebut dirancang untuk menilai, menganalisis, menimbang, dan meninjau kembali kinerja perusahaan dengan melihat standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. 

Audit Management

Manfaat Audit Management

Melakukan management audit dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  • Mengevaluasi atau meninjau ulang terkait tujuan, sasaran, kebijakan, aturan, dan prosedur yang terdapat di dalam struktur organisasi yang sebelumnya belum digunakan. Perusahaan juga dapat mengevaluasi kriteria pengukuran ketercapaian tujuan dan melihat prestasi manajemen.
  • Mengevaluasi atau menilai secara objektif dan independen prestasi personal atau kegiatan di unit tertentu.
  • Menemukan permasalahan organisasi yang muncul dan menetapkan penyebab permasalahan tersebut.
  • Menilai efisiensi, kehematan sistem perencanaan serta pengendalian manajemen.
Audit Management

Jenis-Jenis Audit Management

Audit Management terbagi dalam beberapa jenis, seperti:

  • Functional Audit

Ini adalah kegiatan audit yang berkaitan dengan fungsi-fungsi dari suatu organisasi,  misalnya terkait efektivitas dan efisiensi penggajian dari divisi tertentu atau perusahaan secara umum.

  • Organizational Audit

Audit organisasional merupakan kegiatan pemeriksaan yang berfokus pada tingkat efisiensi dan efektivitas dari tiap fungsi organisasi (subsidiary atau departemen cabang) yang berinteraksi. Dalam kegiatan audit ini, rencana organisasi dan metode yang digunakan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan menjadi hal yang penting.

  • Special Assignments Audit

Kegiatan audit khusus merupakan proses yang muncul karena permintaan manajemen misalnya mencari tahu penyebab system IT yang tidak efektif, melakukan investigasi mengenai kemungkinan fraud di divisi tertentu, dan memberi rekomendasi untuk menekan biaya produksi.

Audit Management

Audit manajemen menjadi hal yang penting dilakukan oleh setiap perusahaan. Untuk memudahkan perusahaan melakukan audit. Melalui perkembangan teknologi, saat ini telah hadir audit management software dengan berbagai fitur pendukung yang sangat bermanfaat unttuk meningkatkan ekeftivitas dan produktifitas perusahaan.

Bermitra dengan Galvanize, AMT IT Solutions menyediakan audit management software dengan solusi AuditBond. Memanfaatkan Artificial Intelligent (AI), AuditBond Galvanize menjadi salah satu software audit yang sempurna. Software ini dapat memudahkan dan menyederhanakan prosedur audit perusahaan.

Melalui Automated audit management, software seperti AuditBond penting dimiliki suatu perusahaan, karena kehadirannya mampu memberikan manfaat dan perubahan yang signifikan. Memiliki berbagai fitur canggih, AuditBond dari Galvanize merupakan software tepat untuk membantu mengelola siklus audit perusahaan Anda.