F5 NGINX: Bantu Kembangkan Aplikasi dan API Perusahaan

F5 NGINX

Pengembangan aplikasi hingga API dibutuhkan untuk mempermudah operasional kerja perusahaan. Namun, penerapannya yang rumit seringkali menjadi kendala. F5 NGINX Management Suite menyediakan solusi manajemen untuk mempermudah hal tersebut.

Dengan rangkaian solusi manajemen NGINX dari F5, Anda dapat menskalakan, mengamankan, sekaligus memantau aplikasi dan API secara efektif. Agar lebih memahaminya, berikut dijelaskan fungsi solusi tersebut untuk memaksimalkan kinerja bisnis Anda.

Mengenal NGINX Management Suite

F5 NGINX Management Suite adalah rangkaian solusi manajemen yang memungkinkan Anda untuk menskalakan, mengamankan, serta memantau aplikasi dan API secara efektif. Solusi ini, merupakan penerus dari NGINX Controller setelah F5 mengakuisisi NGINX di tahun 2019.

Selanjutnya, solusi ini terus dikembangkan dengan memasukan modul  Instance Manager NGINX Management Suite, untuk melacak, mengamankan, dan mengkonfigurasi secara instan NGINX OSS dan NGINX Plus.

Dengan NGINX Management, Anda dapat mempercepat penerapan aplikasi dan API melalui serangkaian self-service tools berbasis API. Menyederhanakan manajemen keberlanjutan dan keamanan, baik ketika aplikasi diterapkan di dalam cloud, on premises, atau edge.

Keunggulan NGINX Management Suite

F5 NGINX Management Suite memberikan visibilitas dan kontrol holistik terhadap layanan terkait aplikasi dan API. Keunggulan solusi ini terlihat dalam empat bidang bisnis utama:

Penskalaan

Solusi manajemen NGINX dapat menskalakan secara instan dan cepat, melalui kontrol kebijakan global dengan menggunakan otomatisasi CI/CD untuk mendorong alur kerja, konfigurasi, penyediaan layanan, serta manajemen multi-cloud.

Wawasan atau Insight

Anda dapat meningkatkan pengambilan keputusan bisnis, pemecahan masalah, serta SLA dengan visibilitas yang seragam di seluruh contoh NGINX, aplikasi, API, dan postur keamanan.

Tata Kelola

Tata kelola NGINX Management Suite memberikan setiap tim yang mendukung aplikasi dan API dengan alur kerja layanan mandiri, sistem masuk tunggal (SSO), dan kontrol berbasis peran (RBAC). Serta memastikan kesemuanya tetap mematuhi standar organisasi dan industri.

Keamanan

Solusi manajemen NGINX memberikan keamanan yang dapat diandalkan, sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Dengan tools yang memungkinkan visibilitas komprehensif serta kontrol kebijakan di seluruh lingkungan NGINX Anda.

Rangkaian Solusi Manajemen F5 NGINX

Berbagai rangkaian solusi manajemen yang hadir dalam NGINX Management Suite diantaranya sebagai berikut:

Instance Manager

NGINX Instance Manager

Fungsi Instance Manager adalah untuk mengidentifikasi, mengamankan, dan memantau semua Instance NGINX Open Source dan NGINX Plus. Modul ini, merupakan produk mandiri yang disertakan secara otomatis, ketika Anda melisensikan modul NGINX Management Suite lainnya.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan modul ini:

  1. Menemukan masalah konfigurasi dan mendapatkan saran perbaikan;
  2. Memperbarui sertifikat kadaluarsa dan mempelajari apakah versi NGINX berpotensi terpapar CVE;
  3. Menentukan individu dan tim mana yang memiliki izin untuk mengakses konfigurasi NGINX;
  4. Menemukan apakah NGINX App Protect WAF diinstal pada Instance NGINX dan melihat versi dan paket tanda tangan mana yang telah diterapkan.

API Connectivity Manager

API Connectivity Manager

API Connectivity Manager berfungsi untuk menghubungkan, mengatur, dan mengamankan API. Dengan modul ini, Anda dapat menangani kasus penggunaan utama yang berfokus pada API, termasuk:

  1. Mempercepat waktu pemasaran dengan alat otomatis yang menyederhanakan penerapan, konfigurasi, dan pengelolaan API dengan keamanan dan kinerja yang optimal;
  2. Memungkinkan pengembang internal dan eksternal untuk menemukan, mengaktifkan, dan menggunakan API dengan cepat dalam proyek mereka dengan dokumentasi dan pembuatan versi yang konsisten;
  3. Memberikan pengawasan yang seragam dan konsisten untuk lingkungan platform, sertifikat, dan konfigurasi dari satu panel.

Ciptakan Masa Depan Aplikasi dan API Bersama F5

Di tahun yang akan datang, F5 memprioritaskan pengembangannya pada dua faktor, yaitu keamanan aplikasi dan API. Di mana F5 memungkinkan perusahaan menggunakan NGINX App Protect WAF untuk melindungi aplikasi dan API. Kedua, modul App Delivery Manager yang akan mengaktifkan konfigurasi, pengamanan, pemantauan, dan pemecahan masalah NGINX Plus sebagai penyeimbang muatan untuk aplikasi Anda.

Jika Anda tertarik dengan solusi yang ditawarkan oleh F5, AMT IT Solutions dapat menyediakan kebutuhan solusi F5 untuk perusahaan Anda. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.