Wireless Network IAG

Optimalkan Performa Internet Kantor Dengan 5 Tips Berikut Ini

Perkembangan internet bergerak sangat cepat, sejak kehadirannya sampai saat ini, internet menjadi kebutuhan utama untuk menunjang kegiatan harian, khususnya bagi perusahaan di berbagai industri. Tak heran, kecepatan internet turut berperan penting dalam mengoptimalkan produktivitas karyawan. Jika Anda pelaku bisnis dan sedang menghadapi masalah jaringan yang lambat, simak tips mengatasi internet kantor lemot berikut ini.

Atur Guest Wifi Network Untuk Mengelola Visitor Traffic

Perangkat Wifi bisa menjadi salah satu penyebab lambatnya internet kantor. Perlu diketahui, semakin banyak karyawan yang menghubungkan smartphone, tablet, dan laptonya dengan Wifi kantor, semakin tak optimal pula kinerja Wifi. Oleh karena itu, mengoptimalkan jaringan Wifi kantor menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

Di samping itu, memastikan penggunaan access point untuk mendukung konektivitas Wifi juga esensial agar penggunaan traffic dapat dikelola dengan bijak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur guest Wifi network untuk meminimalisir gangguan jaringan akibat overload visitor traffic.

Meski fungsi utamanya untuk menjamin keamanan server, pada kenyataannya pengaturan guest Wifi network juga dapat mempercepat jaringan internet kantor. Dengan membatasi penggunaan bandwidth tamu kantor, semakin banyak pula kuota bandwidth yang bisa digunakan karyawan.

Bandwidth control

Kontrol Aplikasi Yang Menghabiskan Kuota Bandwidth

Anda perlu tahu aplikasi apa saja yang sekiranya membebankan kuota bandwidth. Pada internet kantor, aplikasi yang memiliki fitur konferensi video biasanya menghabiskan kuota bandwidth. Aplikasi lainnya seperti streaming film dan musik, serta aplikasi game juga kerap mempengaruhi penyaluran bandwidth.

Karena alasan inilah sebaiknya semua aplikasi tersebut tidak diinstal pada komputer kantor. Namun, jika memang diperlukan, perusahaan harus membuat regulasi yang mengatur penggunaan aplikasi. Tujuannya agar internet kantor tidak jadi lemot dan tidak stabil.

Router Wireless Network

Ubah Posisi Router

Ada kalanya posisi router di kantor juga perlu diubah. Tak ada salahnya router coba ditempatkan di tempat yang lebih tinggi sehingga penyaluran bandwidth lebih optimal. Namun, penting untuk diketahui bahwa memindahkan posisi router ke tempat yang lebih tinggi tidak serta-merta membuat koneksi internet cepat. Anda perlu menempatkan router di bagian tengah kantor untuk kecepatan internet yang lebih stabil. Lainnya, Anda juga harus menempatkan router sedekat mungkin dengan komputer dan receiver.

Update Wireless Network

Upgrade Jaringan

Jika jaringan wireless kantor Anda sudah tua, mungkin sudah waktunya jaringan harus di upgrade. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat jaringan internet di kantor Anda bisa dengan cepat ketinggalan zaman walau baru dipakai selama 7 tahun.

Oleh karena itu, diperlukan upgrade terhadap jaringan internet kantor. Contohnya, bisa seperti antena wireless yang diganti. Namun, pastikan lebih dahulu antena baru yang akan dipasang cocok dengan router kantor Anda. Lainnya, Anda bisa mengganti repeater wifi lama dengan yang baru atau bahkan mempertimbangkan untuk menggunakan wireless amplifier.

Internet Acess Gateway

Gunakan Teknologi Jaringan Terkini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pesatnya perkembangan teknologi menuntut Anda untuk terus update dengan teknologi wireless networking terkini. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini ada banyak aplikasi, software, dan hardware di luar sana yang dapat membantu meningkatkan kecepatan dan performa router kantor Anda. Beberapa bahkan bisa didownload online secara gratis!

Solusi Tepat Internet Kantor Cepat

Jika Anda ingin memiliki jaringan internet yang cepat, efektif, dan juga aman untuk kantor Anda, Anda patut mempertimbangkan penggunaan Sangfor Internet Access Gateway (IAG). Teknologi pada Sangfor IAG dapat membantu tim IT memonitor perangkat apa saja yang terkoneksi ke jaringan, serta mengetahui alokasi bandwidth yang dipakai.

Menjadi salah satu mitra resmi Sangfor di Indonesia, AMT IT Solutions bisa menjadi opsi terbaik Anda dalam membantu implementasi Sangfor IAG. Dengan bantuan dari AMT IT Solutions dan Sangfor IAG, Anda tak perlu lagi kesulitan mengalokasikan bandwidth saat bekerja di kantor.