Apa Itu Analytics? Aplikasi Kerja Data Analyst Dari Diligent

Analytics adalah

Aplikasi data digunakan untuk mempermudah proses analisis data dan pengambilan keputusan. Analytics adalah salah satu contoh aplikasi data yang sering digunakan. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, membuat proses analisis data menjadi lebih maksimal dan akurat.

Untuk itu Diligent, sebagai penyedia solusi audit manajemen, berupaya mengintegrasikan rangkaian produknya dalan ACL Analytics untuk menciptakan hasil yang maksimal. Lalu, bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

Apa Itu Analytics?

Analytics adalah aplikasi analisis data yang menyediakan kemampuan gabungan antara akses data, analisis data, pelaporan yang terintegrasi, dan menguatkan integritas data.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan analisis ad hoc dengan antarmuka Analytics. Selain itu, Anda juga dapat mengotomatiskan analisis untuk dijalankan secara lokal atau cloud, menggunakan  ACL script language yang terintegrasi.

Fitur Analytics

Beberapa fitur yang tersedia dalam Analytics adalah akses data, analisis data, pelaporan, dan kemampuan ekspor. Berikut penjelasannya:

Akses data

Fitur akses data memungkinkan Anda untuk mengimpor berbagai jenis data. Baik dari sumber data berbasis file, database, atau layanan data cloud, dan lain sebagainnya.

Analisis data

Dengan melakukan analisis data melalui Analytics, Anda akan mendapatkan wawasan umum tentang data yang sedang diselidiki melalui berbagai fitur perintah, fungsi, dan alat lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan analisis data ad hoc dengan antarmuka pengguna, atau melakukan otomatisasi analisis data dengan ACLScript.

Pelaporan

Analytics juga menyediakan fitur pelaporan yang memungkinkan Anda untuk melaporkan temuan. Anda dapat melakukannya dengan melakukan native reporting (pelaporan asli) atau dengan mengimpor data Analytics ke fitur pelaporan pihak ketiga seperti Tableau.

Kemampuan ekspor

Melalui aplikasi Analytics, Anda juga dapat mengekspor temuan atau data lainnya, ke beberapa jenis file seperti Excel atau teks terbatas. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah rekaman ke aplikasi Results di platform HighBond untuk pemrosesan dan perbaikan masalah menggunakan alat otomatisasi alur kerja. Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan visualisasi data.

Cara Kerja Analytics

Alur dasar dalam cara kerja aplikasi Analytics adalah sebagai berikut:

  1. Mengimpor data ke tabel Analytics
  2. Menganalisis data dan menampilkan tabel hasil
  3. Mengekspor hasil analisis atau mengimpornya ke alat pelaporan

Langkah ketiga  merupakan langkah opsional, di mana Anda juga dapat menggunakan fitur pelaporan bawaan di Analytics.

Cara Kerja Analytics

Bekerja dengan data

Analytics memberikan visibilitas langsung ke data transaksional yang penting bagi perusahaan. Aplikasi ini, dapat membaca dan membandingkan data. Namun, tidak mengizinkan modifikasi data sumber sehingga kualitas data dapat dipastikan tetap utuh dengan  integrasi yang lengkap.

Melalui Analytics, setidaknya Anda dapat bekerja dengan cara sebagai berikut:

  1. Menganalisis seluruh populasi data atau sampel populasi
  2. Mengidentifikasi trend dan pengecualian, serta memperhatikan area potensial yang menjadi perhatian
  3. Mengidentifikasi masalah kontrol dan memastikan kepatuhan dengan standar perusahaan
  4. Menganalisis waktu finansial dan transaksi waktu-sensitif
  5. Mengotomatiskan pengujian analitik dan menerima pemberitahuan langsung tentang hasilnya
  6. Mencatat analisis yang dilakukan, sehingga memungkinkan Anda menyimpan langkah-langkah analisis, dan meninjau serta membandingkan hasil.

Edisi Unicode dan Non-Unicode

Aplikasi Analytics tersedia dalam edisi Unicode dan non-Unicode. Keduanya, memiliki paket instalasi sama yang dapat Anda tentukan sendiri edisi mana yang akan di-install. Pada Analytics,  Unicode atau non-Unicode muncul setelah nomor versi. Anda dapat mengeceknya pada kotak dialog yang berisi informasi produk dan langganan ( Help > About).

Perubahan Nama Produk

Versi terbaru Analytics adalah versi 11.4, di mana Analytics berfungsi sebagai komponen ACL for Windows yang juga menyertakan Offline Projects. Aplikasi ini juga pernah disebut ACL Desktop atau ACL pada versi terdahulunya, versi 10.0.

Gunakan ACL Analytics Dari Diligent

Baik ACL for Desktop dan Analytics adalah aplikasi desktop, di mana Anda atau administrator dapat mengunduh versi terbarunya melalui Diligent HighBond. Sebagai catatan, Analytics versi 16 dan versi berikutnya, tidak mendukung penggunaan bersama Analytics Exchange (AX). Diligent mengakhiri dukungan untuk versi tersebut pada 1 Januari 2023.

Untuk lebih jelasnya, berikut ilustrasi bagaimana Diligent bekerja bersama aplikasi Analytics:

Analytics dan Diligent

Tertarik menggunakan solusi dari Diligent? AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent menyediakan berbagai solusi kebutuhan perusahaan. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.