Mengulas Microsoft Office dan Fungsinya Untuk Bekerja

Microsoft Office adalah

Menggunakan aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan merupakan hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Microsoft Office adalah seperangkat aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Sayangnya, banyak orang yang menggunakan Microsoft Office sebagai wadah bekerja tanpa mengulas fungsi lain yang dimilikinya. Padahal, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang dapat memudahkan pekerjaan Anda. Untuk itu, ada baiknya Anda mempelajari pengertian Microsoft Office agar dapat menggunakannya lebih maksimal lagi.

Pengertian Microsoft Office

Pengertian Microsoft Office

Microsoft Office adalah serangkaian aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas penggunanya dalam bekerja. Di dalamnya, terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan secara terpisah, seperti Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint, Ms Outlook, hingga Ms Access.

Kelengkapan aplikasi yang ada pada Microsoft Office tergantung pada paket pembelian yang Anda ambil. Untuk saat ini, pilihan paket yang dapat Anda beli diantaranya seperti Microsoft Office Home and Student dan Microsoft Office Home and Business, hingga Microsoft Office 365.

Selain itu, Microsoft juga terus memberikan pembaruan pada aplikasi mereka. Sehingga muncul beberapa versi seperti Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, dan seterusnya. Aplikasi ini juga tersedia dalam 35 bahasa berbeda dan kompatibel dengan OS Windows, Mac, dan sebagian besar varian Linux. 

Microsoft Office sendiri merupakan produk milik Microsoft Corporation yang pertama kali dirilis pada tahun 1990. Hingga saat ini, Microsoft Office adalah perangkat lunak yang paling banyak digunakan di lingkungan perusahaan terkait pengelolaan dokumen maupun pekerjaan lainnya.

Aplikasi Microsoft Office

Microsoft Office adalah software yang memiliki berbagai aplikasi di dalamnya. Berikut ini beberapa contoh aplikasi yang ada pada Microsoft Office dan penjelasannya.

Microsoft Office Word

Microsoft Office Word adalah aplikasi pengolah teks yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit dokumen. Seperti tata letak, gaya konten, maupun menambahkan konten yang diinginkan dalam berbagai cara dan berbagai format untuk menghasilkan dokumen yang diinginkan.

Microsoft Office Excel

Pengertian Microsoft Office Excel dapat dipahami sebagai aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengedit spreadsheet. Sedangkan spreadsheet sendiri adalah fitur yang digunakan untuk bekerja dengan kumpulan data berisi teks dan angka. Spreadsheet umumnya digunakan untuk menghasilkan grafik maupun bagan.

Microsoft PowerPoint

Jika Anda membutuhkan aplikasi pembuat slide presentasi, Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan Anda menambahkan beberapa jenis media ke dalam presentasi Anda.

Selain membuat slide presentasi, PowerPoint juga dapat digunakan untuk membuat desain sederhana karena ukuran slide-nya yang dapat diubah sesuai dengan beberapa jenis ukuran desain seperti poster. Dengan begitu, PowerPoint dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak memiliki software desain.

Microsoft Access

Microsoft Access adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah database menggunakan data relasional. Data relasional sendiri merupakan data yang disimpan di dalam tabel kemudian dihubungkan sesuai dengan hubungan antar data.

Cara kerja Ms Access yaitu dengan menggunakan kueri yang kemudian dapat Anda gunakan bersama dengan formulir dan laporan. Dengan begitu, Anda dapat berinteraksi dengan data melalui cara yang mudah digunakan.

Apa saja manfaat Microsoft Office?

Microsoft Excel adalah

Setelah membahas mengenai pengertian Microsoft Office, ada baiknya Anda mengetahui keunggulan dari software tersebut agar dapat menggunakannya dengan lebih maksimal. Di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan Ms Office.

1. Software yang paling banyak digunakan

Berbeda dengan beberapa perangkat lainnya, Microsoft Office adalah software yang paling banyak digunakan untuk bekerja. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan data maupun dokumen dengan format Microsoft Office seperti (.docx) atau (.pptx). Untuk mempermudah Anda mengelola dokumen tersebut, menggunakan MS Office adalah suatu keharusan.

2. Memiliki Fitur yang Lengkap

Microsoft Office hadir dengan berbagai jenis aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan Anda. Seperti misalnya, Microsoft Word untuk mengelola dokumen, Microsoft Excel untuk mengelola data, atau Microsoft PowerPoint untuk membuat slide presentasi. Rangkaian perangkat lunak tersebut merupakan fitur yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda.

3. Mudah Digunakan

Salah satu alasan mengapa Ms Office banyak digunakan adalah karena pengoperasiannya yang mudah. Setiap program dilengkapi dengan fitur bermanfaat untuk membantu pekerjaan Anda. Selain itu, software ini juga memiliki file bantuan ekstensif yang dibangun ke dalam program jika Anda membutuhkannya.

4. Tersedia Layanan Cloud

Layanan Cloud merupakan inovasi yang memberikan banyak kemudahan dalam hal penyimpanan data. Untuk itu, Microsoft juga menyediakan versi Microsoft Office 365 yang dilengkapi dengan layanan berbasis cloud. Dimana saat pengguna memiliki akses ke internet, mereka dapat mengakses cloud melalui layanan tersebut.

5. Terdapat Dukungan Online dari Microsoft

Situs Microsoft memiliki ratusan halaman yang ditujukan untuk mendukung produk Ms Office yang mereka keluarkan. Seperti adanya beragam pilihan template gratis yang dapat digunakan oleh pemilik software tersebut. Ada juga pembaruan otomatis yang menjaga software Anda dari bug sehingga dapat berjalan dengan baik.

Microsoft Office Dukung Efektivitas Kerja

Menggunakan Microsoft Office adalah salah satu cara untuk mendorong produktivitas karyawan di tempat kerja. Hal ini karena software besutan Microsoft tersebut dapat membantu mempermudah dan mempersingkat waktu kerja yang dibutuhkan.

AMT IT Solutions sebagai Microsoft Partner Indonesia menyediakan solusi IT untuk kebutuhan operasional bisnis Anda, melalui berbagai produk terbaik seperti MIcrosoft Office.