Mengenal Office 365 dan Bedanya Dengan Microsoft Office

Microsoft Office 365

Umumnya, Microsoft Office 365 adalah software yang  paling sering digunakan dalam melakukan pekerjaan kantor setiap hari. Ketika Anda ingin mengolah dokumen, Anda dapat  menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Word. Lalu jika Anda ingin melakukan presentasi, Anda dapat menggunakan Microsoft Power Point dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, Office 365 adalah software yang sama dengan Microsoft Office. Hanya saja, Office 365 dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan serta kelebihan lain yang dapat mempermudah pekerjaan Anda di kantor.

Melalui artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai apa itu Office 365, fungsi, dan perbedaannya dengan Microsoft Office.

Apa Itu Office 365?

Microsoft Teams

Microsoft Office 365 adalah software yang mendukung aktivitas kerja karyawan melalui aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola data seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan OneNote. Software ini juga dilengkapi aplikasi pengelola email melalui Outlook.

Berbeda dengan Office Home and Business 2021 yang cukup melakukan satu kali pembayaran untuk mendapatkan lisensi dan hak pakai. Pada Office 365, Anda perlu berlangganan dalam jangka waktu tertentu untuk dapat menikmatinya.

Meskipun demikian, Office 665 memiliki banyak keunggulan yang tidak ada pada Office Home & Business 2021 dan dapat meningkatkan produktivitas penggunanya. Software ini memiliki beberapa paket yang sangat cocok untuk penggunaan pribadi, bisnis kecil dan menengah, perusahaan besar, sekolah, hingga nirlaba.

Perbedaan Microsoft Office dengan Office 365

Office 365 adalah

Ada beberapa hal yang membedakan Office 365 dengan Microsoft Office baik versi Home Business maupun Home Student. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Pembelian

Microsoft  Office menggunakan skema pembelian atau pembayaran satu kali untuk satu penggunaan;

Office 365 menggunakan skema langganan dimana Anda dapat melakukan pembayaran sebulan sekali atau setahun sekali.

Penggunaan

Pembelian satu Microsoft Office hanya dapat digunakan di satu  perangkat Windows maupun Mac;

Berlangganan Office 365 adalah solusi yang tepat karena memungkinkan Anda untuk menggunakannya di lima perangkat yang berbeda.

Aplikasi yang didapat

Dalam satu pembelian Microsoft Office Anda akan mendapatkan Excel, Word, dan PowerPoint;

Jika Anda berlangganan Office 365 maka Anda akan mendapatkan Excel, Word, PowerPoint, Outlook, serta OneNote untuk Windows maupun Mac. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fitur, peralatan baru, pembaruan keamanan, dan perbaikan bug terkini.

Update software

Microsoft Office memberikan pembaruan keamanan, namun tidak disertai dengan fitur baru. Selain itu, pembaruan ke rilis utama juga tidak disertakan.

Office 365 adalah software yang selalu memberikan pembaruan aplikasi. Anda juga akan mendapatkan semua fitur terbaru serta perbaikan bug dan pembaruan keamanan terkini.

Fitur untuk smartphone dan tablet

Microsoft Office hanya memiliki fitur pengeditan dasar pada smartphone maupun tablet;

Office 365 memiliki fitur tambahan saat Anda menggunakannya di smartphone dan tablet.

Penyimpanan online tambahan

Ms Office tidak memiliki fitur penyimpanan online tambahan;

Office 365 memiliki fitur penyimpanan online dengan One Drive hingga 1TB.

Dukungan teknis

Terdapat dukungan teknis awal pada Ms Office saat melakukan instalasi;

Office 365 memiliki dukungan teknis tanpa tambahan biaya selama Anda berlangganan.

Tabel Rangkuman Perbedaan

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel rangkuman perbedaan antara Microsoft Office dengan Office 365:

Gunakan Office 365 Untuk Tingkatkan Produktivitas

Office 365 adalah perangkat lunak yang dapat mempermudah pekerjaan Anda di perusahaan. Software ini cocok untuk penggunaan pribadi, bisnis kecil dan menengah, perusahaan besar, sekolah, maupun perniagaan.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Microsoft menyediakan berbagai jenis software Microsoft yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Gunakan Office 365 untuk meningkatkan produktivitas karyawan serta perkembangan bisnis yang lebih pesat lagi.