Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Modem dan Router

Perbedaan Modem dan Router

Modem dan router sama-sama menyediakan solusi untuk kebutuhan internet, sehingga istilah keduanya seringkali disamakan. Namun, baik modem maupun router memiliki cara kerja yang berbeda untuk mengantarkan jaringan internet di lingkungan perusahaan Anda.

Lalu, apa perbedaan modem dan router? Secara sederhana, modem berfungsi untuk menyambungkan perangkat ke internet, sedangkan router menyediakan WiFi atau wireless connection agar perangkat dapat terkoneksi ke internet.

Melalui artikel kali ini, Anda akan memahami lebih jelas lagi perbedaan modem dan router beserta kekurangan dan kelebihannya.

Perbedaan Router dan Modem

Modulator demodulator atau modem adalah perangkat yang dapat menghubungkan internet langsung ke komputer Anda. Modem bekerja dengan cara  mengubah sinyal analog dari Internet Service Provider (ISP) menjadi sinyal digital sehingga dapat dibaca oleh komputer.

Pengertian Router

Router adalah perangkat yang menjembatani antara WiFi dan device seperti laptop agar dapat terhubung ke internet. Router bekerja dengan cara mentransmisi paket data dari jaringan internet ke perangkat komputer melalui proses routing, yaitu proses meneruskan paket dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Perbedaan Modem Dan Router

Apa itu modem

Jika dilihat dari segi fisik, modem memiliki bentuk yang hampir sama dengan router. Namun, keduanya dapat dibedakan berdasarkan cara kerja maupun fungsinya. Berikut perbedaan modem dan router:

Modem

  1. Modem dapat digunakan untuk mengakses internet langsung dengan cara disambungkan ke perangkat komputer Anda.
  2. Modem menggunakan jaringan Wide Area Network (WAN) untuk melakukan pertukaran data di internet.
  3. Setiap modem memiliki alamat IP publik yang digunakan untuk mengidentifikasikan dirinya di internet.
  4. Modem dapat digunakan oleh satu (dedicated) perangkat komputer atau lebih dengan menggunakan software atau OS.
  5. Modem memiliki ethernet port yang lebih sedikit karena penggunanya yang cenderung terbatas.

Router

  1. Router digunakan untuk menjembatani jaringan WiFi dengan perangkat komputer. 
  2. Router menggunakan jaringan Local Area Network (LAN) untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer ke WiFi.
  3. Router memiliki IP address pribadi yang digunakan untuk mengidentifikasikan dirinya di internet.
  4. Router dapat digunakan oleh beberapa perangkat komputer sekaligus untuk terhubung ke internet.
  5. Router umumnya memiliki ethernet port yang lebih banyak daripada modem, karena digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke internet.

Kelebihan dan Kekurangan Modem Maupun Router

Agar lebih memahami perbedaan modem dan router, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari keduanya yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan modem

  1. Kecepatan bisa disesuaikan berdasarkan biaya.
  2. Ada banyak jenis modem yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan (seperti modem USB dengan fleksibilitas tinggi yang dapat dibawa kemana-mana).
  3. Tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk terhubung ke internet.

Kekurangan modem

  1. Kecepatan internet cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan wireless connection.
  2. Kurang aman karena pertukaran data di internet dilakukan sepenuhnya tanpa filter.

Kelebihan Router

  1. Dapat digunakan dengan mudah, terutama jika ingin menambahkan perangkat komputer lain.
  2. Sistem keamanan jaringan yang lebih baik karena pertukaran data dari internet difilter menggunakan firewall yang dimiliki router, seperti pada Ruijie RG-RSR30-X Router.
  3. Lebih fleksibel karena menggunakan perangkat nirkabel.

Kekurangan Router

  1. Kecepatan internet dapat melambat jika melebihi limit atau jika digunakan oleh terlalu banyak perangkat komputer sekaligus.

Modem Atau Router yang Anda Butuhkan?

Apa itu router

Setelah membahas mengenai perbedaan modem dan router, Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang modem maupun router. Untuk memilih diantara keduanya, Anda harus melihat kembali kebutuhan internet di lingkungan perusahaan Anda.

Kombinasi modem dan router dapat memenuhi kebutuhan internet dengan baik. Namun, jika Anda menginginkan kebebasan dalam menyesuaikan jaringan seperti meningkatkan keamanan, Anda mungkin membutuhkan modem dan router secara terpisah.

Agar mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk memodifikasi jaringan internet di perusahaan, Anda dapat membeli modem maupun router daripada menyewanya dengan biaya perbulan. 

AMT IT Solutions menyediakan berbagai pilihan router terbaik bersama Ruijie untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet di perusahaan Anda. Dengan harga terjangkau, kualitas terbaik, dan pelayanan yang memuaskan, maka Ruijie menjadi pilihan tepat bagi Anda.