Cara Meningkatkan Sinyal WiFi Agar Internetan Lancar

Koneksi internet

Melalui perkembangan teknologi saat ini, koneksi internet tanpa kabel seperti WiFi telah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi saat ini internet sudah menjadi kebutuhan primer di banyak sektor pekerjaan.

Lalu bagaimana jika terjadi kendala pada jaringan internet? Hal ini akan sangat mengganggu produktivitas kerja. Untuk itu AMT IT Solutions ingin memberikan tips cara meningkatkan sinyal WiFi.

Penyebab sinyal WiFi Lambat

Bagaimana cara menguatkan sinyal WiFi di rumah? Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda perlu tahu penyebab sinyal WiFi lambat.

Ada banyak kemungkinan terkait kecepatan koneksi yang lambat. Penghambat fisik, seperti dinding dan lantai, bisa mempengaruhi sinyal nirkabel. Jarak antara perangkat dan access point juga berpengaruh terhadap kecepatan koneksi.

Lainnya, sinyal WiFi lambat dapat terjadi akibat router yang bermasalah. Selain itu, kabel LAN terputus juga bisa menjadi penyebab internet lambat. Unsur lain yang bikin sinyal WiFi lambat adalah banyaknya orang yang menggunakannya. Nah, agar internetan tak terganggu, Anda dapat mencoba cara memperkuat sinyal WiFI versi AMT IT Solutions berikut ini:

Security End Point

1. Batasi perangkat dan optimalkan pengaturan

Bermain game online, mengobrol via video, dan streaming film dan video memakan banyak bandwidth. Semua kegiatan ini bisa memperlambat kecepatan internet dan akses pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi.

Untuk diketahui, sebagian router mempunyai pengendalian Quality of Service (QoS) yang memungkinkan Anda mengatur aplikasi mana yang memiliki akses prioritas ke bandwidth internet.

Sebagai contoh, Anda mungkin ingin memprioritaskan panggilan video saat schedule rapat Anda sedang padat. Sebagai gantinya, proses download file dari cloud Anda dapat jadi lambat.

2. Observasi Posisi Wifi Access Point atau Router

Salah satu unsur penting dalam meningkatkan sinyal wifi adalah memastikan lokasi router WiFi tak terhalang oleh benda-benda di sekitarnya. Perlu Anda ketahui bahwa kualitas sinyal Wifi akan menurun saat menembus dinding semen, beton atau logam.

Tak hanya benda, gangguan sinyal juga bisa berasal dari perangkat yang memiliki frekuensi sinyal yang sama seperti microwave, telepon nirkabel, bluetooth, mainan remote control, dan interferensi dengan sinyal Wifi yang lain.

Jadi jelas, penempatan posisi Access Point atau Wifi Router memiliki dampak besar pada kualitas sinyal yang dipancarkan. Oleh sebab itu, posisi yang terbaik adalah menempatkannya di tengah ruangan dan di spot yang lebih tinggi, dengan jangkauan maksimal sekitar 6-10 meter.

Aruba

3. Pakai teknologi WiFi terupdate

Teknologi berubah dengan pesat dan salah satu cara terbaik untuk mempercepat jaringan nirkabel adalah dengan cara memakai hardware terupdate. Jadi dapat dibilang, cara ini merupakan cara paling ampuh untuk meningkatkan sinyal WiFi.

Access Point atau Wifi Router yang sudah memakai teknologi Wi-Fi 6 secara teori dapat meningkatkan kinerja jaringan secara signifikan. Wi-Fi 6 sendiri merupakan lompatan terbesar teknologi nirkabel dalam lebih dari satu dekade, yang memungkinkan kecepatan lebih tinggi.

Salah satu opsi Access Point tepat yang sudah menerapkan teknologi terbaru adalah Aruba Instant On. Aruba Instant On menawarkan access point dan switch yang aman, mudah, dan pesat untuk memenuhi kebutuhan akses internet kantor Anda.

Router Aruba menawarkan kemudahan set up, kontrol, dan memonitor pemakaian bandwidth dari manapun, melalui aplikasi Aruba Instant On. Untuk menjamin keamanan perangkat dari oknum hacker.

Aruba Instant On juga dilengkapi fitur 2FA.  Melalui teknologinya, Aruba menjamin koneksi internet mencakul tiap sudut ruangan tanpa putus bahkan ketika Anda bekerja outdoor maupun indoor.

Aruba Instant On bisa didapatkan di AMT IT Solutions! Sebagai salah satu mitra resmi Aruba di Indonesia, AMT IT Solutions menjamin orisinalitas produk yang Anda terima dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk konsultasi seputar produk lebih lanjut, Anda dapat menghubungi website AMT IT Solutions. Tim kami akan dengan senang hati memberikan seluruh informasi yang diperlukan bisnis Anda!