Pentingnya Program Audit Manajemen Risiko Untuk Bisnis Anda

Audit Manajemen Risiko

Ketika perusahaan Anda menggunakan pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhan layanan bisnis, tentunya terdapat risiko yang mungkin ditimbulkan. Sehingga penting untuk menerapkan program audit manajemen risiko yang efektif guna mengukur tingkat risiko yang ditimbulkan oleh pihak ketiga.

Memahami Risiko Pihak Ketiga

Audit Manajemen Risiko

Sebelum memahami program audit manajemen risiko, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu risiko pihak ketiga. Risiko pihak ketiga adalah risiko perusahaan Anda dalam mengalami kejadian buruk karena tindakan yang disebabkan oleh pihak ketiga dalam melakukan pengalihdayaan operasionalnya.

Contoh risiko pihak ketiga sebagai berikut:

  1. Perusahaan software penyedia hosting dan data klien yang Anda gunakan mengalami pelanggaran;
  2. Pemasok yang memproduksi kemasan produk Anda mengalami kebakaran, sehingga pabrik mereka tidak dapat beroperasi;
  3. Kontraktor yang Anda gunakan mengalami kebangkrutan, sehingga mengancam operasional bisnis Anda.

Apa Itu Audit Risiko Pihak Ketiga?

Audit merupakan upaya pertahanan yang penting dalam strategi manajemen risiko perusahaan. Sehingga dalam hal ini, audit risiko pihak ketiga menjadi elemen yang penting.

Audit risiko pihak ketiga adalah proses pengujian efektivitas pendekatan manajemen risiko dari pihak ketiga. Sedangkan manajemen pihak ketiga dapat dikatakan sebagai strategi proaktif untuk mengelola dan memitigasi risiko pihak ketiga.

Mengapa Membutuhkan Program Audit Risiko Pihak Ketiga?

Program audit manajemen risiko dapat memastikan Anda mengambil pendekatan yang komprehensif dan metodis untuk mengidentifikasi, memantau, dan memitigasi risiko pihak ketiga yang dihadapi.

Selain itu, dengan adanya program ini Anda akan menangani pemantauan risiko dan strategi untuk mengatasi segala ancaman yang timbul karena penggunaan pihak ketiga. Hal ini mencakup proses pemutusan kontrak karena tanggal jatuh tempo maupun karena pelanggaran yang memerlukan pemutusan kontrak.

Cara Penerapan Program Audit Manajemen Risiko

Saat akan melakukan audit risiko, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti berikut ini:

  1. Apakah bisnis Anda memiliki inventaris lengkap dari semua penyedia pihak ketiga?
  2. Apakah ada daftar semua risiko yang ditimbulkan oleh pihak ketiga tersebut? Termasuk risiko keuangan, risiko kepatuhan dan peraturan. risiko operasional, risiko strategis, risiko keuangan, dan risiko reputasi;
  3. Apakah terdapat proses yang memadai dan kuat untuk memantau dan memitigasi risiko yang ditimbulkan?
  4. Jika terjadi risiko, apakah program manajemen risiko mencakup tindakan yang jelas untuk mengatasinya dengan cepat?
  5. Perhatikan peran dan hubungan Anda dengan semua pihak ketiga;
  6. Bagaimana dampak terhadap pendekatan antara Anda dan pihak ketiga.

Tingkatkan Manajemen Risiko Pihak Ketiga Anda

Anda dapat mempermudah proses audit perusahaan Anda dengan membuat program audit manajemen risiko. Sebagai panduan, Diligent menyediakan beberapa wawasan terkait manajemen risiko yang dapat Anda pelajari.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan manajemen audit perusahaan. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.