Faktor Pendorong Pengadopsian Cloud di Berbagai Negara

Faktor Pendorong Pengadopsian Cloud

Banyak negara yang mulai sadar akan pentingnya perkembangan teknologi. Seperti pengadopsian cloud computing yang telah menjadi elemen penting dalam mendorong inovasi, menyederhanakan proses, dan meningkatkan infrastruktur.

Selain itu, ada beberapa faktor pendorong pengadopsian cloud di beberapa negara yang membuat perkembangan komputasi awan menjadi lebih mudah.

Faktor Pendorong Pengadopsian Cloud

Faktor Pendorong Pengadopsian Cloud

Setidaknya, ada beberapa faktor pendorong pengadopsian cloud computing di berbagai negara seperti berikut ini.

Perkembangan Perangkat Seluler dan Akses Internet Broadband

Dengan meningkatnya perkembangan perangkat seluler dan akses internet, komputasi awan menjadi semakin diminati. Teknologi-teknologi tersebut saling terikat erat dan seringkali terintegrasi, yang kemudian mendorong pengembangan kerangka pengadopsian cloud ke lebih banyak infrastruktur.

Permintaan Layanan Digital yang Semakin Berkembang

Pengadaan layanan digital di berbagai negara, khususnya negara berkembang, dapat menjadi tantangan yang perlu diatasi. Untungnya, dengan bantuan teknologi  inovatif, pemerintah di tiap negara dapat menyediakan layanan digital dengan lebih mudah. Adanya pengadopsian cloud akan memfasilitasi transisi ini, untuk kemudian membantu negara dalam menyediakan layanan yang efisien, efektif, dan aman.

Kebutuhan Bisnis yang Tangkas dan Dapat Diskalakan

Solusi berbasis cloud juga menawarkan sejumlah fleksibilitas, skalabilitas, dan ketangkasan bagi bisnis di berbagai negara. Hal ini tentunya menjadi faktor yang baik bagi perusahaan yang ingin berkembang atau berekspansi dan memasuki pasar global. Pengadopsian cloud memungkinkan tiap bisnis menyesuaikan sumber daya sesuai kebutuhan.

Ketersediaan Layanan Cloud Computing yang Terjangkau

Pengadopsian cloud juga merupakan infrastruktur yang cukup terjangkau. Terutama di sebagian negara berkembang, dimana investasi teknologi terlalu mahal, namun pengadopsian cloud cenderung terjangkau dan mudah diakses. Sehingga dapat menjadikannya sebagai kerangka kerja yang ideal.

Dukungan Pemerintah Terhadap Pengadopsian Cloud

Di berbagai negara, teknologi cloud computing telah banyak digunakan dan direkomendasikan oleh pemerintah karena efisiensi, keterjangkauan, dan keamanannya. Adanya dukungan pemerintah terhadap pengadopsian cloud tentunya menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan.

Tantangan Pengadopsian Cloud di Berbagai Negara

Ada beberapa tantangan dalam penerapan cloud computing di beberapa negara seperti berikut ini:

  1. Kurangnya pendanaan atau modal untuk pengadopsian cloud;
  2. Kurangnya wawasan tentang cloud computing dan cara penggunaannya;
  3. Kurangnya SDM cloud computing terlatih untuk menerapkan kerangka infrastruktur cloud;
  4. Peraturan data yang menghalangi analisis yang dilakukan oleh solusi berbasis cloud;
  5. Kekhawatiran masyarakat terhadap keamanan dan privasi data;
  6. Terbatasnya akses terhadap internet broadband yang handal dan terjangkau.

Pengadopsian Cloud Untuk Bisnis yang Lebih Baik

Adanya faktor pendorong pengadopsian cloud di berbagai negara menjadi hal yang dapat mempermudah penerapan infrastruktur cloud. Sehingga membantu operasional bisnis menjadi lebih efisien di semua sektor.

Sangfor merupakan penyedia layanan cloud computing yang dapat membantu Anda mengadopsi cloud dengan mudah. Untuk konsultasi dan penawaran menarik, hubungi AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner di marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.