Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Bagi Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Transformasi teknologi membuat teknologi cloud computing semakin dinikmati oleh banyak perusahaan. Tentunya karena berbagai kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan. Namun demikian, ada beberapa kelebihan dan kekurangan cloud computing yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkannya di lingkungan perusahaan.

Kelebihan Cloud Computing

Private Cloud dan Public Cloud

Berikut kelebihan cloud computing yang dapat Anda manfaatkan untuk menggantikan teknologi komputasi konvensional.

1. Mempermudah back-up dan recovery data

Melakukan back-up data secara rutin tentunya telah menjadi standar manajemen data di tiap perusahaan. Dengan begitu, setiap data akan terkelola dan terjaga keamanannya dengan baik. Begitu pula untuk recovery data. Dengan cloud computing, Anda dapat melakukan back-up dan recovery data dengan mudah, sehingga meminimalisir risiko pencurian data di kemudian hari.

2. Mudah Diakses

Inovasi komputasi awan memungkinkan kita untuk mengakses informasi dengan lebih mudah, kapun pun dan dimana pun, selama terhubung dengan jaringan internet. Dengan aksesibilitas yang tinggi, cloud computing dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.

3. Biaya Perawatan yang Murah

Kelebihan cloud computing selanjutnya dapat dilihat dari biaya perawatannya yang lebih murah jika dibandingkan dengan server on-premise. Hal ini terjadi karena infrastruktur komputasi awan tidak memiliki bentuk fisik yang memerlukan perawatan secara khusus.

4. Skema pembayaran pay-per-use

Pengguna cloud computing pada umumnya dapat menyewa API (Application Programming Interfaces) dan membayar biaya sewa sesuai dengan seberapa banyak layanan tersebut digunakan. Metode pembayaran ini, tentunya akan menguntungkan bagi pengguna karena tidak ada biaya pengeluaran yang sia-sia.

5. Kapasitas penyimpanan tak terbatas

Banyak penyedia layanan cloud computing memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan data-data penting. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi perusahaan yang perlu menyimpan banyak data seperti dokumen, gambar, audio, video, dll.

Selain itu, menambahkan kapasitas penyimpanan pada layanan komputasi awan juga terbilang cukup mudah, jika dibandingkan dengan layanan on-premise.

Kekurangan Cloud Computing

Perlu diingat jika terdapat kelebihan dan kekurangan cloud computing yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya. Berikut kekurangan komputasi awan dan solusinya:

1. Konektivitas internet

Pengelolaan cloud computing sangat bergantung pada internet. Tanpa sinyal internet, Anda tidak dapat mengunduh data dari cloud storage ke komputer Anda, begitupun sebaliknya. Hal ini tentunya berpotensi menghambat kinerja karyawan jika sewaktu-waktu mengalami gangguan internet.

2. Vendor lock-in

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan cloud computing, maka Anda perlu menyewanya pada vendor. Setiap vendor tentunya memiliki peraturan atau ketentuan yang berbeda, di mana hal tersebut dapat menyulitkan Anda ketika akan melakukan perpindahan vendor.

3. Akses kontrol terbatas

Baik pengelolaan dan pemantauan cloud computing sepenuhnya dilakukan oleh vendor penyedia. Sehingga Anda memiliki kontrol yang lebih sedikit dalam melakukan perubahan di infrastruktur cloud. Itu lah mengapa perusahaan besar disarankan untuk membangung infrastruktur cloud mereka sendiri, agar bebas mengelolanya sesuai kebutuhan. 

4. Rentan Keamanan

Meskipun cloud computing merupakan bagian dari teknologi canggih terkini, namun potensi serangan siber tetaplah ada. Sehingga Anda harus berhati-hati dalam menerapkan teknologi tersebut, sebelum menggunakannya untuk mengelola data sensitif perusahaan.

Sangfor HCI: Solusi Infrastruktur Terbaik Untuk Bisnis

Kelebihan dan kekurangan cloud computing dapat mempengaruhi produktivitas kerja tim Anda. Jika Anda menginginkan infrastruktur yang lebih fleksibel dan hemat biaya perawatan, maka cloud computing adalah solusinya.

Namun, jika Anda membutuhkan infrastruktur yang aman, dapat diatur, dan berperforma bagus, maka Anda dapat menggunakan infrastruktur on-premise seperti Sangfor HCI.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor dapat membantu Anda menyediakan solusi terbaik Sangfor untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut.