11 Tantangan Manajemen Data Dan Solusinya

Tantangan manajemen data

Menerapkan data management adalah upaya untuk mendorong perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Namun, setiap langkah strategi tentunya memiliki kendala tersendiri. Seperti tantangan manajemen data yang dapat menghambat performa bisnis Anda. 

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, tentunya Anda perlu memperhatikan beberapa faktor agar manajemen data perusahaan berjalan dengan lancar. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tantangan dalam manajemen data dan solusi untuk mengatasinya.

Tantangan Manajemen Data Perusahaan

Data management adalah

Ada beberapa tantangan manajemen data yang perlu diperhatikan agar produktivitas perusahaan tetap terjaga. Berikut ini tantangan manajemen data yang sering ditemui:

1. Banyaknya volume data

Semakin banyak data yang dimiliki oleh perusahaan, maka akan semakin tinggi juga pengawasan maupun validasi data yang dibutuhkan. Sehingga, Anda perlu sesering mungkin melakukan pengelolaan data agar setiap data yang masuk dapat dipahami dengan baik.

Volume data yang banyak umumnya akan menimbulkan beberapa tantangan yang cukup rumit dalam kategorisasi data, pengelolaan data mentah, validasi data, dsb. Untuk itu, Anda memerlukan tim pengelolaan data yang terampil data management software yang canggih.

2. Integrasi data

Integrasi data menjadi salah satu ciri manajemen data yang baik. Dengan data yang terintegrasi, akan lebih mudah bagi pemilik data untuk saling berbagi dan menggunakanya.

Namun, seringkali beberapa perusahaan menemukan hambatan saat melakukan integrasi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa rangkaian proses pengolahan data, termasuk pembaruan serta sistem yang mumpuni.

3. Penyimpanan data ganda

Tantangan manajemen data selanjutnya adalah adanya penyimpanan data ganda. Terlebih, jika perusahaan Anda termasuk perusahaan besar dengan banyak software bisnis  yang memiliki penyimpanan masing-masing, seperti database,CRM, atau ERP.

Adanya penyimpanan data tersebut justru akan menimbulkan hambatan signifikan yang memerlukan evaluasi tepat dan cepat mengatasinya. Untuk itu, Anda memerlukan data center yang saling terintegrasi untuk menyimpan semua data.

4. Kualitas data

Kualitas manajemen data

Menjaga kualitas data menjadi tantangan tersendiri dalam manajemen data yang sering ditemukan oleh banyak perusahaan. Umumnya, sebagian besar bisnis menggunakan database untuk memperbarui informasi, namun dalam prosesnya, menjaga kualitas data adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

5. Kurangnya proses dan sistem pengelolaan data

Salah satu faktor yang mempengaruhi data management adalah proses dan sistem yang digunakan. Jika proses maupun sistem data tersebut tidak memadai, maka data yang dikelola akan sulit untuk akurat.  Sehingga, kualitas data menjadi buruk dan tidak memenuhi kriteria. Untuk itu, memperhatikan faktor proses dan sistem yang digunakan merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

6. Kurangnya sumber daya yang terampil

Tantangan selanjutnya yang kerap terjadi saat melakukan data management adalah adanya kelangkaan sumber daya kelola data di perusahaan. Hal ini dikarenakan para spesialis data pada umumnya hanya bekerja berdasarkan kebutuhan di satu perusahaan. Jika perusahaan Anda membutuhkan spesialis data, maka Anda perlu menyewanya secara terpisah.

7. Keamanan Data

Tantangan manajemen data yang paling sulit bagi setiap perusahaan adalah menjaga keamanan data. Hal ini dikarenakan ada banyak kasus pencurian data yang terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga perusahaan perlu memberikan perhatian ekstra bagi keamanan data perusahaannya.

8. Tata Kelola Data

Tata kelola data merupakan salah satu faktor dalam penetapan aturan regulasi suatu perusahaan. Setiap kerangka tata kelola satu perusahaan tentunya berbeda dengan yang lain dan bersifat wajib bagi keberlangsungan manajemen data. Untuk itu, agar dapat melakukan manajemen data yang baik, Anda harus memperhatikan juga tata kelola data di perusahaan.

9. Otomatisasi Data

Otomatisasi data

Proses pengelolaan data seperti pengumpulan dan pengkategorian pada manajemen data tradisional umumnya dilakukan secara manual. Untuk itu, otomatisasi data diperlukan untuk kerja yang lebih efektif. Namun, untuk melakukan otomatisasi data diperlukan pengetahuan khusus serta keahlian tertentu. Di sinilah perusahaan memerlukan software khusus untuk dapat melakukannya.

10. Analisis Data

Tantangan mengelola data dalam jumlah besar adalah adanya kesulitan dalam menganalisis data. Untuk itu, Anda memerlukan software atau aplikasi khusus untuk melakukan analisis data dalam jumlah banyak. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Ada beberapa pilihan tools yang dapat Anda gunakan untuk membantu perusahaan Anda melakukannya.

11. Beralih ke data terstruktur

Hambatan lain dalam melakukan data management adalah ketika data  yang ada merupakan data tidak terstruktur. Sehingga, Anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan kategorisasi maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan pengelolaan data. Untuk itu, upayakan untuk selalu mengubah data menjadi data yang terstruktur agar lebih mudah dalam melakukan pengolahan data.

Veritas: Solusi Tantangan Data Management

Melakukan data management adalah salah satu kunci untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Namun, hal tersebut tentunya tidak luput dari tantangan manajemen data yang perlu Anda perhatikan. Sehingga, manajemen yang dilakukan oleh perusahaan dapat berjalan dengan maksimal.

AMT IT Solutions bersama Veritas menyediakan beragam solusi manajemen data yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Mulai manajemen data Anda sekarang untuk tingkatkan produktivitas perusahaan.