Tips Penting Sebelum Perusahaan Memilih Data Center

apa itu data center

Data Center merupakan salah satu faktor penting dalam proses keberlangsungan bisnis menjadi lebih baik. Perusahaan atau organisasi menginginkan operasional bisnis tidak terganggu, tim AMT IT Solutions merekomendasikan agar data perusahaan sebaiknya disimpan di data center yang aman dan terpercaya.

Namun memilih data center yang tepat menjadi tantangan bagi tim manajemen IT, karena mereka harus dapat memastikan data center yang dipilih akan memudahkan semua proses keberlangsungan bisnis, serta selain itu juga dapat meminimalisir risiko dari masalah yang terjadi.

Ingatkah Anda saat kebakaran terjadi di Gedung cyber 1, Jakarta? Dari kejadian tersebut, beberapa perusahaan sempat mengalami kerugian yang besar, baik dari segi material dan juga reputasi, karena dampaknya mengakibatkan lumpuhnya berbagai layanan online, seperti aplikasi, jaringan dan lain sebagainya.

Melalui perkembangannya, kualitas sebuah data center harus menjadi prioritas. Data center merupakan induk dari perusahaan dalam menjaga semua data yang ada. Data center adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan beberapa server dan juga storage.

Fasilitas ini harus dikondisikan dengan banyak hal seperti pengaturan udara, pengaturan daya, kelembaban udara, serta keamanan dari berbagai gangguan, seperti bencana alam, human error, dan gangguan keamanan.

Berdasarkan hasil riset tim kami, ada beberapa faktor penting untuk memulai perencanaan pembangunan data center bagi perusahaan Anda, di antaranya adalah

data center

Peran IT Consultant saat ini sangat penting. Merekalah yang membantu perusahaan untuk bisa menentukan solusi dan produk apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Mulai dari infrastruktur sampai environment.

Bekerja sama dengan pihak ketiga juga menjadi salah satu opsi untuk dapat membuat solusi terbaik. Pihak ketiga juga merupakan bagian dari secure multi-tenancy.

server storage

2. Flexibility dan Scalability

Keduanya adalah hal penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda melakukan implementasi. Ketika harus dilakukan perubahan atau perombakan yang cepat dalam skala yang besar, seringkali data center memerlukan waktu sangat lama untuk memindahkannya. Dampaknya sangat besar, karena akan mempengaruhi proses bisnis perusahaan.

Data center yang baik harus mampu untuk menyesuaikan terhadap berbagai perubahan yang cepat, seperti ada layanan baru, migrasi data, dan lain sebagainya. Jangan sampai membuat kerugian dan berdampak besar pada segi material dan reputasi perusahaan.

HPE Nimble Storage

HPE Nimble Storage menjanjikan infrastruktur data center dengan daya yang efisien untuk melindungi hardware dari kerusakan. HPE sangat mempertimbangkan besarnya benefit untuk para klien. HPE menjamin dengan produk Nimble Storage dapat memberikan kecepatan 3x lebih cepat ke customer.

Keistimewaan HPE Nimble Storage terletak pada “kecerdasan” yang dimiliki software manajemen storage-nya, selain itu juga mampu menjaga keamanan dan ketersediaan data dalam infrastruktur IT Anda, serta membantu bisnis melesat tanpa batas.

Cloud-ready predictive flash fokus pada SimpliVity: Nimble Storage sangat ideal bagi para customers yang membutuhkan layanan data optimal, termasuk all-flash, hybrid-flash, dan multicloud. Layanan ini didukung dengan analisis prediktif berbasis machine learning dan menjangkau masuknya enterprise price points dan dirancang untuk memudahkan penggunaan para customers.

AMT IT Solutions sebagai salah satu perusahaan ICT terkemuka di Indonesia dan sudah menjadi bagian partner resmi HPE berkomitmen penuh untuk membantu keberhasilan Anda dalam implementasi HPE Nimble Storage sebagai salah satu perangkat dalam membangun infrastruktur data center yang lebih baik.