Pengertian IT Infrastructure, Layanan, dan Fungsinya Bagi Perusahaan

IT Infrastructure adalah

Pengembangan IT Infrastructure adalah salah satu tahap yang tidak bisa dilewatkan dalam sebuah perjalanan perusahaan. Semakin berkembangnya suatu bisnis perusahaan, tentunya kebutuhan akan infrastruktur IT akan semakin meningkat.

Selain memenuhi kebutuhan operasional, IT Infrastructure yang baik tentunya juga akan meningkatkan skalabilitas perusahaan lebih baik lagi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu IT Infrastructure, layanan yang disediakan hingga fungsinya bagi perusahaan.

Apa Itu IT Infrastructure?

Infrastruktur IT adalah

IT Infrastructure adalah serangkaian infrastruktur teknologi informasi yang menyediakan platform bagi aplikasi sistem informasi perusahaan. Infrastruktur IT tersebut, pada dasarnya terdiri dari sumber daya fisik dan virtual yang mendukung proses, penyimpanan, maupun pengolahan dan analisis data.

Pembangunan IT Infrastructure umumnya mengacu pada komponen yang dibutuhkan untuk membantu pengoperasian dan pengelolaan lingkungan IT perusahaan. Komponen tersebut terdiri dari satu set perangkat fisik dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengoperasikan bisnis.

Langkah utama untuk membangun infrastruktur IT adalah dengan menyediakan tempat khusus seperti data center, untuk menempatkan serangkaian perangkat IT tersebut. Mulai dari komponen fisik seperti komputer atau perangkat keras lainnya  yang memfasilitasi pendistribusian jaringan. Selain itu,  ada juga komponen perangkat lunak seperti aplikasi atau software yang juga membantu mengelola IT perusahaan.

Semua perangkat tersebut haruslah dipastikan dapat mengembangkan, menguji, mengirim, memantau, hingga mengontrol dan mendukung layanan IT Infrastructure agar lebih berkembang lagi.

Layanan IT Infrastructure

Layanan IT Infrastructure

Komponen yang tergabung dalam IT Infrastructure adalah bagian dari layanan perusahaan yang dialokasikan oleh sistem manajemen. Sistem tersebut dibentuk berdasarkan kemampuan manusia maupun teknis. Beberapa layanan IT Infrastructure yang dapat Anda gunakan meliputi:

Layanan Komputasi

Pada layanan komputasi, IT Infrastructure menyediakan layanan yang menghubungkan perusahaan dengan karyawan dan pelanggannya di dunia digital. Teknologi yang ada pada layanan ini meliputi server, internet, komputer, laptop, hingga smartphone.

Layanan Telekomunikasi

Pengembangan IT Infrastructure juga tidak terlepas dari penyediaan telekomunikasi yang merupakan kebutuhan dasar dalam operasional perusahaan. Beberapa di antaranya seperti penyediaan data, suara, maupun konektivitas video baik kepada karyawan maupun pelanggan.

Layanan Manajemen Data

Manajemen data adalah salah satu hal terpenting dalam menjaga kelancaran operasional bisnis perusahaan. Pengembangan IT Infrastructure adalah langkah yang tepat untuk menyediakan layanan pengelolaan maupun analisis data perusahaan.

Layanan software aplikasi

Layanan selanjutnya yang disediakan oleh infrastruktur IT adalah software aplikasi. Layanan ini menyediakan software aplikasi yang dapat membantu perencanaan perkembangan bisnis perusahaan.

Layanan fasilitas fisik

Untuk menciptakan lingkungan operasional perusahaan yang baik, tentunya Anda membutuhkan fasilitas fisik yang memadai. Beberapa kebutuhan yang disediakan oleh layanan fasilitas fisik IT Infrastructure adalah layanan komputasi, telekomunikasi, hingga manajemen data.

Layanan manajemen teknologi dan informasi

Layanan ini setidaknya menyediakan manajemen teknologi informasi, merencanakan sekaligus mengembangkan infrastruktur, juga mengkoordinasikan layanan dengan unit bisnis. Layanan ini juga dapat mengelola informasi pengeluaran biaya teknologi informasi sekaligus menyediakan layanan manajemen proyek.

Layanan standar teknologi informasi

Infrastruktur IT juga memberikan layanan standar teknologi informasi, dan memberikan kebijakan yang menentukan teknologi informasi mana saja yang akan digunakan, serta dapat menentukan waktu dan cara penggunaan. Informasi ini nantinya akan diberikan kepada perusahaan dan unit-unit bisnisnya.

Layanan pelatihan IT

Pengembangan IT Infrastructure yang kompleks tentunya memerlukan pemahaman khusus dan lebih lanjut. Untuk itu, terdapat layanan yang menyediakan sistem pelatihan bagi karyawan maupun manajer dalam merencanakan maupun mengelola teknologi informasi milik perusahaan.

Layanan penelitian dan pengembangan IT

Untuk mengembangkan infrastruktur IT sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tentunya Anda membutuhkan layanan penelitian dan pengembangan informasi dan teknologi. Layanan ini mencakup penyediaan penelitian mengenai proyek-proyek serta investasi teknologi informasi yang dapat membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya.

Pentingnya IT Infrastructure Bagi Perusahaan

Pembangunan IT Infrastructure adalah hal yang perlu disegerakan jika Anda menginginkan operasional dan perkembangan bisnis berjalan lancar. Anda dapat mulai menciptakan IT Infrastructure yang dapat memberikan layanan sesuai kebutuhan perusahaan perusahaan. Mulai dari layanan telekomunikasi, komputasi, manajemen data, dan lain sebagainya.

AMT IT Solutions sebagai vendor IT Solution terbaik menyediakan berbagai layanan solusi yang dibutuhkan perusahaan Anda. Kembangkan bisnis Anda bersama AMT IT Solution yang telah berpengalamanan lebih dari puluhan tahun memberikan yang terbaik.