Jenis-Jenis Sistem Pendinginan Data Center Untuk Server

Jenis-jenis sistem pendinginan

Teknologi pendinginan data center dapat menghabiskan hingga 40% energi dari pusat data. Untuk itu, diperlukan pemrosesan yang efektif untuk mengoptimalkan sistem pendinginan Anda.

Untuk meningkatkan efisiensi tersebut, ada jenis-jenis sistem pendinginan data center dengan berbagai teknik dan metode yang dapat Anda coba. Simak selengkapnya.

Jenis-Jenis Sistem Pendinginan Data Center

Jenis-jenis sistem pendinginan

Berikut ini beberapa jenis sistem pendinginan data center yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan server perusahaan.

Air Cooling Data Center

Air cooling merupakan metode pendinginan yang melibatkan penggunaan lantai yang ditinggikan di ruang server. Sehingga menciptakan celah antara server dan lantai untuk ventilasi udara dingin dan panas. Jenis pendinginan ini umumnya diperuntukkan bagi pusat data yang lebih kecil atau lebih lama.

Liquid Cooling Data Center

Jenis pendinginan menggunakan cairan atau liquid cooling merupakan cara yang lebih efisien untuk mendinginkan ruang server. Karena cairan lebih baik dalam mentransfer panas dan dapat mendukung kepadatan peralatan yang lebih besar.  Metode ini banyak digunakan baik untuk data center atau CPU umum.

Evaporative Cooling Data Center

Pendinginan evaporatif merupakan gabungan dari air cooling dan liquid cooling. Di mana penurunan suhu terjadi ketika air terkena udara yang bergerak dan mulai menguap. Jenis sistem pendinginan ini, bekerja paling efektif pada iklim dengan tingkat kelembaban yang rendah. Dan sulit diterapkan pada sebagian besar infrastruktur data center.

Metode Pemeliharaan dan Pendinginan Pusat Data

Ada beberapa metode pendinginan dan pemeliharaan yang dapat Anda terapkan untuk server, berikut penjelasannya.

Metode Penahanan Lorong (Aisle Containment)

Metode ini dapat diartikan sebagai desain tata letak untuk rak server dan peralatan komputasi lainnya pada data center. Adanya konfigurasi lorong yang panas atau dingin ini bertujuan untuk menghemat energi dan menurunkan biaya pendinginan dengan mengatur aliran udara.

Metode Pemantauan Lingkungan

Pemantauan lingkungan merupakan metode untuk menilai kondisi tren lingkungan, mendukung pengembangan kebijakan dan implementasinya, serta mengembangkan informasi untuk pelaporan kepada pembuat kebijakan. Metode ini, merupakan proses yang digunakan untuk memastikan kualitas lingkungan tempat proses berlangsung.

Sangfor Meningkatkan Efisiensi Pendinginan Data Center

Sangfor berupaya mendukung apapun jenis sistem pendinginan data center dengan solusi canggih dan inovatif yang hemat energi. Bersama Hyper-Converged Infrastructure, Sangfor siap menyediakan solusi yang dapat diandalkan.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan berbagai kebutuhan Sangfor. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.