Sistem Pendinginan Data Center Untuk Optimalkan Server

Sistem Pendinginan Data Center

Data center umumnya mengelola data dalam jumlah besar dari berbagai lokasi dengan cepat. Seluruh proses tersebut, tentunya memerlukan banyak energi yang kemudian menghasilkan banyak panas.

Untuk itu, sistem pendinginan data center hadir demi menjaga performa data center tetap efisien.  Lalu, perlukah sebuah perusahaan menggunakannya? Simak di bawah ini.

Apa Itu Sistem Pendinginan Data Center?

Sistem pendinginan data center

Data center cooling system adalah sistem pendinginan yang bekerja untuk mendinginkan perangkat atau hardware yang berada di dalam ruang server atau pusat data. Sehingga performanya dapat berjalan dengan tetap maksimal.

Beban kerja data center yang berat seperti mentransfer data dalam jumlah besar, tentunya akan meningkatkan hawa panas. Adanya sistem pendinginan dapat mencegah peningkatan suhu yang dapat menimbulkan risiko atau kerugian yang tidak diinginkan.

Fungsi Cooling System

Selain digunakan untuk menjaga suhu dan kelembaban di ruang server, sistem pendinginan juga beberapa fungsi lain, seperti:

Melindungi Peralatan

Sebagian besar perangkat, kabel, dan komponen di ruang server akan rusak jika terpapar suhu dan kelembaban tingkat tinggi.  Hal ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi dan kerusakan perangkat penting.

Mengoptimalkan Kinerja

Pendinginan pusat data juga dapat membantu perangkat Anda bekerja lebih cepat tanpa terlalu panas. Tanpa adanya cooling system, kinerja server dapat melambat karena panas sehingga menyebabkan masalah latensi pengguna.

Meningkatkan Keamanan

Server yang terlalu panas dapat menimbulkan risiko kebakaran dan kerusakan pusat data. Adanya cooling system dapat memastikan ruang server tetap aman, dapat diandalkan, dan terlindungi setiap saat.

Menghemat biaya operasional

Tanpa sistem pendinginan, perangkat yang ada pada ruang server akan lebih mungkin rusak dan perlu perbaikan yang cukup sering. Adanya cooling system akan menjaga peralatan tersebut lebih terpelihara.

Sistem Pendinginan Data Center Untuk Perangkat yang Ramah Lingkungan

Penggunaan sistem pendingin data center dapat membantu perangkat server Anda menjadi lebih awet ramah lingkungan.  Salah satu solusi server yang sudah dilengkapi sistem pendingin adalah Sangfor Hyper-Converged Infrastructure.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan data center perusahaan, Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.