Mengenal Edge Computing, Manfaat, dan Contoh Penggunaanya

edge computing adalah

Cloud computing menawarkan ketersediaan dan fleksibilitas yang tinggi untuk mendukung kerja server. Namun, kemampuan tersebut akan semakin terbatas seiring meningkatnya beban kerja. Edge computing adalah solusi yang diciptakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Komputasi tepi mulai cukup populer di kalangan perusahaan pengguna infrastruktur cloud. Solusi ini, memiliki kelebihan yang dibutuhkan untuk mempercepat operasional bisnis. Agar lebih memahaminya, berikut pembahasan mengenai apa itu edge computing, fungsi, dan manfaatnya.

Apa Itu Edge Computing?

edge computing adalah

Edge computing adalah model komputasi terdistribusi yang memproses dan menyimpan aplikasi perusahaan lebih dekat dengan sumber data. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan Internet of Things (IoT) dan server tepi lokal.

Dengan jarak yang lebih singkat, komputasi tepi dapat meningkatkan waktu respons dan menghemat penggunaan bandwidth. Sehingga dapat mengurangi risiko hambatan kerja yang dapat memengaruhi analisis real-time, yang digunakan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Manfaat Edge Computing

Sebagai solusi yang diciptakan untuk mengungguli cloud computing, berikut beberapa manfaat komputasi tepi:

Operasional yang Lebih Efisien

Salah satu manfaat yang ditawarkan edge computing adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional. Nantinya, solusi ini akan mengoptimalkan operasional sehari-hari dengan memproses data dalam jumlah besar secara cepat. Hal tersebut dilakukan di lokasi pengumpulan data itu sendiri maupun lokasi terdekatnya, dengan melewati cloud terpusat atau data center.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Edge computing memberikan data yang dibutuhkan pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien. Hal tersebut akan mengurangi gangguan dan kesalahan yang dapat dicegah melalui otomatisasi dan pemeliharaan prediktif.

Mengurangi Biaya Anggaran IT

Perusahaan dapat mengoptimalkan pengeluaran IT mereka dengan memproses data secara lokal tanpa public cloud. Dengan begitu, data yang tidak diperlukan dapat disaring di dekat lokasi pengumpulannya sebelum dikirim ke cloud. Sehingga, meminimalisir biaya transmisi, pemrosesan, dan penyimpanan cloud.

Fungsionalitas di Lokasi Terpencil

Komputasi tepi juga akan memudahkan pemanfaatan data yang dikumpulkan di lokasi terpencil. Seperti tempat dengan lokasi internet yang kurang baik atau bandwidth yang terbatas. Setelah koneksi internet stabil dan tersedia, data yang relevan dapat dikirim ke data center pusat untuk diproses dan dianalisis.

Mendukung Kedaulatan Data

Pada umumnya, memindahkan data ke cloud dan melintasi batas negara dapat mempersulit kepatuhan terhadap undang-undang yang berlaku. Namun dengan adanya edge computing, perusahaan dapat memastikan jika mereka mematuhi pedoman kedaulatan data lokal dengan memproses dan menyimpan data di dalam wilayahnya.

Contoh Penggunaan Edge Computing

Untuk lebih memahami mengenai apa itu edge computing, berikut beberapa contoh penggunaannya dalam lingkup bisnis:

  • Perangkat IoT

Memungkinkan pemrosesan dan analisis data secara real-time untuk perangkat IoT, sehingga mengurangi latensi dan penggunaan bandwidth.

  • Kendaraan Otomatis

Meningkatkan daya tanggap kendaraan otomatis dengan membuat keputusan penting secara real-time.

  • CCTV

Memproses data video secara lokal untuk memberikan deteksi dan respons yang lebih cepat terhadap ancaman keamanan.

  • Otomasi Industri

Secara real-time mengendalikan mesin, robot, dan proses. Serta memastikannya tetap presisi dan mencegah kecelakaan.

  • Telemedis

Memproses dan mengirimkan data secara real-time, memungkinkan pemantauan, konsultasi, dan pembedahan pasien dari jarak jauh.

  • Kota Pintar

Membantu mengelola berbagai layanan perkotaan seperti pengendalian lalu lintas, pengelolaan limbah, dan keamanan publik.

Maksimalkan Infrastruktur dengan Edge Computing

Mengirimkan data ke data center maupun public cloud dalam jumlah besar dan jarak yang jauh, tidaklah selalu efektif. Untuk itu, edge computing adalah solusi yang dapat mempermudah Anda memproses data dengan risiko yang lebih sedikit.

Sangfor sebagai penyedia infrastruktur cloud memahami kebutuhan perusahaan Anda dan menyediakan solusi terbaik untuk mengatasinya. Seperti Sangfor HCI yang dibangun di atas infrastruktur hyperconverged untuk memaksimalkan pengalaman komputasi Anda.

Jika Anda membutuhkan solusi Sangfor, AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor siap membantu menyediakan kebutuhan tersebut. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.