Hyper Converged Infrastructure - banner

Mengenal Hyperconverged Infrastructure Dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Di era digital ini, perusahaan memerlukan kinerja penyimpanan yang lebih cepat dan dapat diandalkan. Untuk menjawab tantangan ini, hadirlah Hyperconverged Infrastructure (HCI) yang menyediakan infrastruktur modern dan aman. Selanjutnya, mari simak pengertian Hyperconverged Infrastructure dan manfaatnya bagi bisnis.

Hyper Converged Infrastructure merupakan infrastruktur IT yang mampu menyederhanakan kompleksitas infrastruktur IT, menggabungkan semua sumber daya serta menghemat biaya perusahaan dengan cara memvirtualisasi komputasi, penyimpanan, dan jaringan ke dalam satu sistem.

Karena semua manfaat yang dimiliki, implementasi HCI terus berkembang dan semakin banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan software yang satu ini.

hyperconverged

Manfaat Hyper Converged Infrastructure

Hyper Converged Infrastructure menyatukan core storage, jaringan dan fungsi komputasi menjadi satu solusi yang tervirtualisasi. Menurut survey yang dilakukan Enterprise Strategy Group, kemampuan untuk menggabungkan beberapa fungsi IT seperti backup, deduplikasi, dan pengoptimalan WAN ke dalam satu platform menjadi alasan banyak perusahaan memilih untuk menggunakan HCI.

Dengan mengimplementasi HCI, semua workload berada di bawah payung yang sama.  Hal ini membuat proses migrasi VM antar device atau bahkan antar data center menjadi lebih mudah. Dalam beberapa tahun belakangan ini, HCI terus dikembangkan agar mampu menyokong workload di luar infrastruktur virtualised desktop dan aplikasi back-office.

Memiliki Sifat Fleksibel

Jika dibandingkan dengan infrastruktur terdahulu, HCI jauh lebih fleksibel karena bisa beradaptasi dan mengembangkan IT seiring pertumbuhan bisnis. Selain itu, HCI menggunakan konsep building-block approach untuk skalabilitas data center. Konsep ini memungkinkan ekspansi kapasitas dan pengembangan data center menjadi lebih mudah dan hemat biaya.

Mampu Melindungi Data

Infrastruktur HCI juga memberikan manfaat dan keuntungan dari segi efisiensi dan penyimpanan data. Untuk diketahui, fitur seperti snapshotting dan deduplikasi data biasanya menjadi standar dasar HCI. Semua fitur ini membuat upaya pemulihan data menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, perusahaan juga bisa menggunakan public cloud storage sebagai target backup.

Jika dibandingkan dengan infrastruktur tradisional, HCI menawarkan sistem ketahanan yang lebih baik. Disamping itu, scale-out model yang diadopsi HCI menjadikan kinerja perusahaan tidak akan terganggu seandainya ada peralatan yang mati.

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam HCI proses backup dan recovery data sudah menjadi bagian dari infrastrukturnya. Oleh karena itu, upaya perlindungan data perusahaan menjadi lebih efisien dan hemat biaya.

hyperconverged

Memiliki Infrastruktur Terotomatisasi

Kebanyakan infrastruktur lama sangat bervariasi dan kompleks sehingga otomatisasi menjadi mustahil. Berbeda dengan infrastruktur lama, HCI berbasis software dimana penyimpanan, seluruh server dan supporting services tervirtualisasi yang memungkinkan otomatisasi.

Keunggulan software lainnya adalah administrator bisa menyebarkan infrastruktur cloud dengan cepat, meniadakan berbagai tugas manual yang memakan waktu seperti penyediaan penyimpanan dan mengotomatisasi proses yang kompleks mulai dari patching hingga upgrading.

Karena terotomatisasi dan tergabung di satu tempat, tingkat efisiensi pun meningkat. Efeknya, perusahaan jadi lebih produktif dan kompetitif.

hyperconverged

Lebih Efisien

Salah satu manfaat utama menggunakan HCI adalah mampu menghemat biaya data center dan operasional perusahaan. Sistem HCI memiliki biaya yang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan infrastruktur lama.

Selain itu, dikarenakan lebih sedikit perlengkapan yang diperlukan, biaya yang harus dikeluarkan perusahaan  pun jadi lebih murah. HCI yang berbasis software, juga memungkinkan perusahaan menambahkan fitur terbaru tanpa perlu mengganti komponen.

AMT IT Solutions sebagai perusahaan System Integrator yang bergerak dalam bidang IT Solutions merekomendasikan salah satu teknologi hyperconverged dari Sangfor. Merupakan generasi baru arsitektur IT cloud, Sangfor Hyperconverged Infrastructure dapat menghemat biaya pemeliharaan dan pengelolaan sekaligus meningkatkan produktivitas perusahaan Anda.

Sebagai mitra resmi Sangfor, AMT IT Solutions tidak hanya menjadi penyedia perangkat, namun juga berkomitmen untuk terus menunjang kebutuhan perusahaan seiring bertumbuhnya bisnis dan berkembangnya zaman.