Memahami Endpoint Security dan Fungsinya Sebagai Solusi Keamanan

Endpoint adalah

Endpoint adalah segala jenis perangkat yang terkoneksi dengan jaringan komputer seperti smartphone dan laptop. Tingginya penggunaan perangkat tersebut membuka peluang bagi pelaku kejahatan cyber untuk melancarkan aksinya.

Oleh karena itu, diperlukan adanya endpoint security sebagai solusi keamanan yang dapat melindungi perangkat Anda dari potensi bahaya. Melalui artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai apa itu endpoint serta fungsi penting endpoint security.

Apa Itu Endpoint?

Endpoint adalah perangkat apapun yang terhubung ke jaringan komputer dan menjadi titik akhir dalam alur pertukaran data. Misalnya, ketika Anda menggunakan laptop untuk melakukan meeting online bersama rekan kerja, maka laptop yang Anda dan rekan kerja Anda gunakan adalah sebuah endpoint.

Syarat sebuah perangkat dapat dikatakan sebagai endpoint adalah adanya jaringan komputer yang terhubung ke perangkat tersebut. Dengan posisi perangkat tersebut sebagai titik akhir dari pertukaran data yang sedang berlangsung. 

Contoh endpoint yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti smartphone, laptop, tablet, desktop, dan berbagai perangkat Internet of Things seperti smart CCTV.

Apa Itu Endpoint Security?

Apa itu endpoint

Endpoint security adalah upaya untuk mengamankan perangkat endpoint seperti desktop dan laptop agar terhindar dari ancaman kejahatan. Sistem endpoint security akan melindungi endpoint di jaringan komputasi awan dari berbagai potensi bahaya.

Perkembangan endpoint security yang ada saat ini, merupakan evolusi dari software antivirus tradisional. Dimana inovasi ini memberikan perlindungan komprehensif dari serangan malware hingga ancaman Zero Day Attack yang terus berkembang.

Salah satu aktivitas endpoint security adalah pemanfaatan software endpoint security yang mampu melindungi perangkat dari aktivitas berisiko atau serangan kejahatan. Ketika perusahaan Anda dapat memastikan standar kepatuhan endpoint dengan standar keamanan data yang ada, maka Anda dapat mempertahankan kontrol yang lebih besar atas jumlah dan jenis titik akses yang terus bertambah ke jaringan. Tentunya, tanpa ada rasa cemas akan risiko keamanan.

Cara Kerja Endpoint Security

Dirangkum dari Kaspersky, sistem keamanan endpoint bekerja dengan cara memeriksa file hingga jalannya proses dan sistem dari aktivitas yang mencurigakan atau berbahaya.  Endpoint security juga menawarkan konsol manajemen yang terpusat. Di mana nantinya perusahaan Anda dapat menghubungkan jaringan mereka.

Sebelum itu, perusahaan perlu memasang platform perlindungan perangkat atau Endpoint Protection Platform (EPP) pada perangkat, untuk mencegah pelaku kejahatan menggunakan malware atau software berbahaya lainnya untuk menyusup ke dalam server.

EPP dapat digunakan bersama dengan alat deteksi dan pemantauan lainnya untuk menandai aktivitas mencurigakan. Kemudian mencegah ancaman tersebut sebelum terjadi. Selain itu, sistem keamanan perangkat ini juga menawarkan console manajemen terpusat, dimana perusahaan dapat menghubungkan jaringan mereka.

Fungsi console dalam endpoint security adalah membuka kemungkinan bagi administrator untuk  memantau, menyelidiki, hingga merespons potensi ancaman cybercrime. Hal ini, dapat dicapai melalui pendekatan on-premise, cloud, atau hybrid.

Fungsi Endpoint Security

Endpoint security adalah

Penggunaan endpoint security adalah langkah tepat mengingat tingginya bahaya yang mengincar endpoint saat ini. Berikut beberapa fungsi endpoint security:

Memberikan perlindungan berlapis

Salah satu fungsi sistem keamanan pada endpoint adalah meningkatkan perlindungan. Dengan sistem keamanan ini, perangkat Anda akan mendapatkan perlindungan berlapis. Ditambah fitur yang mampu mendeteksi, menganalisis, hingga memblokir serangan.

Memantau potensi ancaman

Tidak hanya bekerja sebagai perlindungan dari cyber attack, fungsi lain endpoint security adalah sebagai pemantau potensi ancaman yang mungkin menyerang endpoint Anda. Dengan begitu, Anda dapat lebih mengantisipasi dan semaksimal mungkin meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Gunakan Endpoint Security Terbaik Bersama Sangfor

Tingginya penggunaan endpoint adalah efek dari berbagai manfaat yang diberikan oleh perangkat tersebut. Seperti mempermudah pekerjaan dan lain sebagainya. Namun demikian, perlu adanya perlindungan terhadap seluruh endpoint yaitu dengan menggunakan endpoint security.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor menyediakan Sangfor Endpoint Secure, untuk memenuhi kebutuhan solusi keamanan endpoint bagi perusahaan Anda. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi dan penawaran terbaik.