Memahami End User Computing Dan Kelebihannya

Jenis End User Computing

Pada akhir tahun 1970, minat user dalam mengembangkan aplikasi komputer semakin meningkat. Fenomena inilah yang kemudian melahirkan istilah End User Computing (EUC).

EUC sendiri merupakan pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh user. Berbicara tentang EUC, di artikel kali ini AMT IT Solutions akan membahas tentang apa itu EUC lengkap dengan kelebihannya yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan.

Pengertian End User Computing

Perkembangan teknologi komputasi, memungkinkan komputer desktop ataupun laptop memiliki banyak kemampuan. Harga komputer dan laptop saat ini juga semakin dapat dijangkau oleh masyarakat.

Hal ini membuat banyak karyawan dapat dengan mudah membuat analisa data-data menggunakan  desktop atau laptop yang dimilikinya. Inilah yang kemudian melahirkan End User Computing.

Dengan menerapkan konsep EUC, karyawan bisa membuat penjadwalan penggunaan pembebanan depresiasi, membuat laporan sendiri, {membuat ‘what if’ analysis, analisis CVP (Cost Volume Profit) dan lain sebagainya.

Walaupun End User Computing mempunyai berbagai kemampuan, akan tetapi kehadirannya tetap tidak dapat menggantikan fungsi-fungsi operasional perusahaan, semisal penagihan ke pelanggan, pemrosesan payroll, otorisasi pengeluaran kas dan lain sebagainya. Di samping itu, EUC ini juga tak bisa menangani sistem yang cenderung rumit.

Pendekatan EUC ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, AMT akan membahas  kelebihan dan kekurangan EUC ini di bagian selanjutnya.

Kelebihan End User Computing

Setelah mempelajari mengenai EUC, AMT IT Solutions akan membahas mengenai kelebihan dari EUC. End User Computing mempunyai kelebihan, sebab bisa dikerjakan langsung oleh  karyawan menggunakan laptopnya sendiri, sehingga pengerjaannya lebih optimal. Berikut adalah kelebihan dari EUC

  1. Pembuatan oleh user
    User atau pengguna non departemen IT dapat melakukan pembuatan program sendiri. Pengguna paham apa yang akan dioptimalkan dan pengguna dapat merasakan ownership dari program tersebut.

  2. Sistem mengikuti kebutuhan user
    Karena dikembangkan sendiri oleh user, sudah pasti programnya akan lebih cocok dengan kebutuhan user dibandingkan dengan aplikasi yang dibuat dengan melibatkan user – system analis dan programmer.

  3. Cepat
    Pembuatan program bisa dikerjakan dengan cepat jika dibandingkan dengan pembuatan program biasanya.

  4. Memungkinkan IT untuk mengerjakan tugas lain
    Dikarenakan program tersebut dibuat sendiri oleh user, maka departemen IT bisa mengerjakan tugas esensial  lain, seperti memelihara server, memelihara jaringan dan melayani pengguna dalam aktifitas-aktifitas yang lain

  5. Fleksibel
    Dikarenakan dibuat sendiri dan dipakai untuk diri sendiri, pengguna beradaptasi dengan programnya secara cepat lantaran tidak memerlukan koordinasi dengan departemen-departemen lain.

Melalui perkembangannya, bukan berarti End User Computing ini tidak ada kelemahan. Salah satu kelemahan dari EUC yang perlu disorot adalah buruknya perlindungan terhadap sistem.

Pengguna EUC yang tak sepenuhnya mempelajari pemrograman kemungkinan tak sempat memikirkan cara melindungi sistem dari akses yang berbahaya. Hal ini juga bisa membuat perusahaan rentan terpapar ancaman malware.

Oleh karena itu, perusahaan tetap membutuhkan satu solusi yang sanggup menanggulangi kekurangan EUC yang satu ini, seperti information security solution. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab information security solution tersedia di AMT IT Solutions!

Melalui information security solution, AMT IT Solutions berkomitmen untuk melindungi aset penting perusahaan. Dengan memanfaatkan information security solutions yang disediakan AMT, tentunya Anda bisa meminimalisir ancaman bahaya yang muncul sebagai imbas buruknya perlindungan EUC.