Cara Mencegah Fraud di Sektor Perbankan dan Keuangan

Pencegahan fraud

Sektor perbankan dan keuangan memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap fraud maupun jenis kejahatan lainnya. Untuk itu, perusahaan yang bergerak di kedua bidang tersebut tentunya perlu melakukan pencegahan fraud sejak dini guna menghindari risiko yang akan merugikan bisnis.

F5 sebagai penyedia solusi keamanan memiliki rekam jejak yang baik dalam membantu pelanggannya mengurangi risiko fraud, dengan tetap mendukung penerapan teknologi modern. Berikut akan dibahas bagaimana fraud menyerang sektor perbankan dan keuangan, serta cara mencegahnya.

Bagaimana Fraud Bekerja?

Fraud pada umumnya dimulai dengan serangan bot seperti credential stuffing, di mana kredensial pengguna dan informasi identitas yang telah dicuri sebelumnya dimanfaatkan untuk mengotomatiskan login ke akun pengguna.

Umumnya, serangan semacam itu dapat diblokir dan dicegah dengan menggunakan solusi keamanan tradisional seperti Web Application Firewall (WAF). Namun, fraudster atau pelaku fraud kelas atas akan melengkapi fitur dan meningkatkan emulasi otomatis mereka terhadap perilaku manusia untuk melewati pertahanan target. Serangan semacam ini, umumnya akan mengakibatkan lebih banyak kerugian bagi target.

Jika hal tersebut belum dapat menembus pertahanan target, maka fraudster akan berusaha masuk ke akun target secara manual. Bahkan, tidak jarang mereka memanfaatkan tenaga manusia untuk melewati keamanan anti-otomatisasi.

Secara garis besar, fraud bekerja melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

Cara kerja fraud

Cara Mencegah Fraud di Sektor Perbankan dan Keuangan

Cara mencegah fraud

Perusahaan perbankan dan keuangan umumnya memiliki tim security dan tim fraud secara terpisah. Hal inilah yang perlu diperhatikan dalam melakukan pencegahan fraud

Karena keduanya memiliki tools deteksi dan monitoring secara terpisah, serta target yang spesifik dalam mencegah penipuan. Kemudian, yang menjadi permasalahan adalah tidak adanya tanggung jawab yang berkesinambungan atau pembagian data di antara kedua tim tersebut.

Idealnya, baik tim keamanan maupun tim fraud dapat bekerja sama untuk mencegah penipuan bagi pengguna dengan tanpa mengurangi pengalaman pengguna atau user experience yang ada. Dengan menghentikan serangan otomatis dan yang dimodifikasi, tim fraud dapat lebih berfokus pada aktivitas fraudster manual di semua titik rantai serangan.

Nantinya, hal tersebut akan menghasilkan peningkatan dramatis dalam tingkat deteksi dan pencegahan penipuan. Selain itu, cara pencegahan fraud ini juga akan mengurangi kerugian penipuan dan biaya operasional, serta minim gesekan yang akan mempengaruhi pengalaman pengguna.

Lakukan Pencegahan Fraud dengan Solusi F5

F5 menyediakan solusi pencegahan fraud yang komprehensif, memberikan kemampuan untuk menyatukan tim keamanan dan fraud untuk mencegah penipuan sekaligus meningkatkan efisiensi operasional.

Platform F5 dapat memantau traffic secara nyata dan memanfaatkan kecerdasan AI untuk memitigasi fraud secara manual atau otomatis. Sebelum serangan tersebut berdampak pada bisnis Anda.

AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner Indonesia menyediakan berbagai solusi F5 sesuai kebutuhan bisnis Anda. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.