Mitigasi Risiko Kerentanan Aplikasi dengan F5

Keamanan Aplikasi F5

Saat ini, aplikasi memiliki peran penting dalam bisnis. Sehingga, kerentanan aplikasi seringkali menjadi ancaman besar bagi kesuksesan suatu perusahaan. Selain itu, ancaman tersebut didukung dengan meningkatnya risiko pada arsitektur cloud serta pihak ketiga, yang tentunya akan mempersulit pengelolaan aplikasi.

Terlebih saat ini, banyak serangan yang telah memiliki fitur canggih untuk menyerang aplikasi dan sistem yang rentan. Untuk itu, perlu adanya peningkatan keamanan dalam pengembangan aplikasi modern. Berikut ini contoh studi kasus F5 dalam upaya mengurangi risiko kerentanan aplikasi bisnis Anda.

Solusi Advanced Web Application Firewall

Keamanan Aplikasi F5

Langkah pertama dalam meningkatkan keamanan aplikasi bisnis adalah dengan memberinya solusi perlindungan khusus. Contohnya seperti Web Application Firewall (WAF) yang memberikan perlindungan pada layer 7 pada server, yaitu layer aplikasi.

Terlepas dari arsitektur aplikasi Anda dan permukaan ancamannya masing-masing, WAF dapat dimanfaatkan dalam berbagai bentuk untuk membantu mempertahankan sistem aplikasi Anda dari serangan. Termasuk juga peralatan fisik dan virtual yang dikelola oleh tim keamanan, solusi layanan mandiri yang dikirimkan melalui cloud, serta layanan terkelola khusus berbasis hasil.

Selain itu, untuk membantu mengelola kompleksitas dan risiko aplikasi multi-cloud yang terdistribusi, WAF juga dilengkapi solusi Web App and API Protection (WAAP) memberikan keamanan yang efektif melalui WAF terintegrasi yang mudah dioperasikan, dengan keamanan API, pertahanan bot, dan teknologi pencegahan DDoS.

F5 merupakan penyedia solusi keamanan WAF. Produk yang dimilikinya adalah Advanced Web Application Firewall (AWAF). Produk ini diciptakan dengan berbagai fitur yang akan membantu menjaga kerentanan aplikasi Anda.

Solusi F5 Lainnya

Tim manajemen keamanan dan risiko perlu mempertahankan bisnis dengan melindungi aplikasi dan API saat beroperasi, sesuai dengan tempo operasional bisnis. Kendala seperti penyetelan manual dan perbaikan yang memakan banyak waktu perlu diminimalkan, sehingga mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Akibatnya, semakin banyak perusahaan yang mempertimbangkan solusi as-a-Service melalui cloud untuk membantu mengelola kompleksitas pengamanan digital. Seperti Web App dan API Protection, atau WAAP, yang kini tersedia melalui F5 Distributed Cloud.

Selain itu, beberapa perusahaan juga lebih suka menambah sumber daya internal mereka dan mengurangi biaya operasional dengan layanan terkelola yang berfokus pada hasil bisnis. F5 Silverline Managed WAF diterapkan dan dikelola oleh pakar bersertifikat dan terus dipantau oleh Security Operations Center (SOC) 24x7x365.

Sedangkan perusahaan lain akan lebih memilih fleksibilitas dan kontrol dari solusi WAF yang dikelola sendiri seperti NGINX App Protect dan Advanced WAF protect untuk melindungi aplikasi sesuai keinginan sambil memanfaatkan serangkaian pertahanan keamanan yang kuat.

Tim AppDev dan DevOps perusahaan juga akan mengotomatiskan semuanya mulai dari pembuatan kode hingga penerapan layanan. Namun perlu diingat jika pelaku penyerangan  juga menggunakan otomatisasi untuk melancarkan serangan. Untuk itu, Anda perlu mengintegrasikan keamanan ke dalam siklus pengembangan aplikasi di seluruh arsitektur, cloud, dan kerangka kerja.

Gunakan Solusi F5 Untuk Tingkatkan Keamanan Aplikasi

Tingginya tingkat ancaman pada aplikasi bisnis merupakan hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, dengan meningkatkan keamanan pada kerentanan aplikasi. Seperti penggunaan F5 Advanced Web Application Firewall.

AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner menyediakan solusi kebutuhan keamanan bagi perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.