Sangfor MDR (Managed Detection and Response): Ini Cara Kerjanya

Sangfor MDR

Beberapa perusahaan mungkin kesulitan dalam menyediakan layanan keamanan yang harus bekerja 24 jam. Selain keterbatasan sumber daya, biaya yang mahal juga menjadi kendala yang perlu dipertimbangkan.


Sangfor MDR memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi, menganalisis, dan merespons ancaman secara aktif. Lalu, bagaimana solusi keamanan tersebut bekerja?

Apa Itu Managed Detection and Response?

Sangfor MDR

Sangfor Managed Detection and Response atau Sangfor MDR adalah layanan keamanan terkelola yang menyediakan solusi keamanan siber. Baik berupa keahlian manusia maupun teknologi keamanan.

Berfungsi untuk memantau, mendeteksi, dan merespons ancaman di jaringan bisnis. Gartner sendiri memfungsikan solusi tersebut sebagai pusat operasi keamanan modern.

Fungsi Sangfor MDR

Layanan Managed Detection and Response menawarkan manfaat bagi semua sektor bisnis. Seperti untuk meningkatkan keamanan yang ada dengan keahlian dan teknologi keamanan terkini.

Selain itu, layanan MDR juga dapat menggunakan layanan tersebut untuk memperoleh kemampuan deteksi dan respons ancaman penuh, dengan cara yang sederhana dan hemat biaya.

Cara Kerja MDR

Cara kerja MDR tergantung pada vendor yang menyediakannya. Namun, ada beberapa aspek utama yang membentuk layanan Managed Detection and Response.

Model Layanan

Pelanggan dapat memilih untuk melakukan alih daya operasional Threat Detection and Response (TDR), baik mengelolanya secara menyeluruh atau sebagian ke penyedia layanan MDR.

Perangkat Keamanan

Pelanggan juga dapat memilih untuk memanfaatkan perangkat keamanan pribadi, milik penyedia layanan, atau kombinasi keduanya. Penyedia MDR menyediakan teknologi keamanan dalam bentuk virtual. Sehingga tetap membutuhkan instalasi hardware dan software di lingkungan pelanggan.

Penemuan Aset dan Penilaian Risiko

Layanan MDR umumnya dimulai dengan latihan penemuan aset. Di mana semua aset TI pelanggan diidentifikasi dan diurutkan. Kemudian, penilaian risiko keamanan mendalam dilakukan untuk membantu tim MDR memahami lingkungan pelanggan dan postur keamanan mereka saat ini.

Deteksi dan Respons Ancaman Berkelanjutan

Selanjutnya, tim MDR mulai memantau jaringan pelanggan dari security operations center (SOC) yang sebagian besar beroperasi 24 jam. Ketika alat keamanan menandai peristiwa yang memerlukan perhatian, operator SOC menyelidiki. Jika insiden terkonfirmasi, maka petugas akan segera mengatasinya.

Pencarian Ancaman dan Penguatan Sistem

Setelah ancaman diatasi, penyedia layanan MDR juga melakukan penyelidikan atas insiden untuk mengidentifikasi akar penyebab serangan. Kemudian, pakar keamanan akan memberikan rekomendasi cara memperkuat sistem untuk mencegah ancaman timbul kembali.

Sangfor Cyber Guardian MDR Optimalkan Keamanan Jaringan

Sangfor Cyber Guardian MDR mendeteksi dan merespons ancaman secara cepat dan akurat. Pakar keamanan yang bekerja 24 jam, terus menganalisis dan memberikan panduan respons ancaman.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor dapat membantu menyediakan solusi tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com untuk konsultasi.