Apa Itu Bot? Ini Bahaya Serangan Botnet Bagi Bisnis

Bahaya Serangan Bot

Kemampuan otomatisasi oleh robot atau bot seringkali dimanfaatkan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaan. Bagi pelaku bisnis sendiri, penggunaan bot dapat menghemat waktu produksi. Namun, tahukah Anda jika terdapat bahaya serangan bot bagi bisnis?

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun bot juga tidak terlepas dari risiko yang dapat merugikan perusahaan Anda. Seperti contohnya serangan bot network atau botnet yang sering dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan serangan otomatis.

Apa Itu Bot?

Apa itu bot?

Bot adalah singkatan dari “robot” yang berarti sebuah program berisi sejumlah data, ketika data tersebut diberi input maka akan menghasilkan sebuah output sebagai jawaban. F5 sendiri menjelaskan bot sebagai potongan kode yang mengotomatiskan tugas. 

Salah satu contoh bot seperti ketika Anda mengecek saldo pada kartu electronic money. Dengan bantuan bot, informasi saldo pada mesin pengecekan akan langsung muncul. Itulah mengapa bot dapat mempermudah pekerjaan manusia dan seringkali dimanfaatkan dalam lingkungan bisnis.

Bahaya Serangan Bot Bagi Perusahaan

Penggunaan bot bagi perusahaan memang memiliki banyak keuntungan, namun tidak sedikit pelaku kejahatan yang juga memanfaatkan bot untuk menciptakan serangan yang lebih canggih. Beberapa contoh bahaya serangan bot, seperti:

Pencurian data

Serangan bot dapat digunakan untuk mencuri data sensitif perusahaan, seperti data informasi pelanggan, data keuangan, hingga strategi penjualan, dsb. Ketika data sensitif tersebut dicuri, maka pelaku dapat menggunakannya untuk penipuan hingga menjualnya di dark web. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan kerugian finansial bagi bisnis.

Kerusakan File

Botnet atau serangan bot dapat menyebarkan malware ke komputer korban yang tidak memiliki perlindungan anti-malware. Kemudian, software berbahaya tersebut akan merusak atau menghapus file penting perusahaan.

Kerugian Finansial

Bahaya serangan bot dapat menyebabkan kerugian finansial. Pelaku akan mencoba mencuri uang dari bisnis yang dijalankan, salah satunya melalui website milik korbannya. Umumnya, bisnis keuangan dan perbankan memiliki risiko serangan bot yang lebih tinggi.

Permasalahan Legal

Serangan bot juga dapat menyebabkan permasalahan hukum bagi perusahaan. Anda mungkin harus bertanggung jawab atas dampak yang terjadi akibat pencurian data. Risiko yang Anda tanggung dapat berupa pembayaran denda, gugatan, serta kerusakan reputasi bisnis.

Cara Mencegah Serangan Bot

Cara Mencegah Serangan Bot

Dirangkum dalam pembahasan Rise of the Bots, ada dua hal penting yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mengurangi potensi serangan bot bagi sistem perusahaan mereka:

1. Mengumpulkan Sinyal Klien

Anda memerlukan sinyal berkualitas tinggi yang sulit dipalsukan oleh bot seperti sinyal client-side. Sinyal tersebut berupa sinyal pengguna, agen pengguna, perangkat, dan jaringan.

Sinyal client-side sendiri dapat Anda kumpulkan menggunakan JavaScript dan Software Development Kit (SDK) di web browser dan mobile browser, kemudian memasangnya bersama aplikasi asli.

Umumnya, ketika penyerang gagal menyerang web browser, mereka akan mulai menargetkan API mobile. Untuk itu, Anda harus membuat rekayasa balik yang kuat dan sulit ditembus.

2. Menerapkan Tahapan Pertahanan Ganda

Ada dua tahap pertahanan yang perlu Anda terapkan setelah mengumpulkan sinyal dari sisi client-side. Tahap pertama, Anda dapat memanfaatkan sinyal terkait dengan satu aktivitas. Jika sinyal tersebut menunjukkan indikasi bot yang tidak diinginkan, maka ambilah tindakan mitigasi. Namun jika sinyal berasal dari manusia, teruskan untuk pemrosesan manual.

Pada tahap pertama, semua bot hampir dapat diidentifikasi, namun tidak untuk bot yang telah dimodifikasi sehingga dapat menyerupai tindakan manusia. Untuk itu, di tahap kedua, Anda dapat memanfaatkan teknolog Artificial Intelligence dan Machine Learning.

Pastikan jika model AI dan ML yang Anda gunakan bekerja dengan baik. Jika perlu, tambahkan pula pemantauan manual.

Nantinya, ketika Anda menemukan bot traffic yang tidak diinginkan pada tahap kedua ini, maka Anda juga harus memperbarui pertahanan real-time untuk mengurangi gangguan traffic bagi pengguna yang sah.

Lindungi Perusahaan Anda dari Bot Attack Bersama F5

Tentunya cukup rumit jika Anda harus melakukan dua tahap pertahanan secara manual untuk memerangi bahaya serangan bot. Oleh karena itu, F5 menciptakan dua tahap pertahanan, AI/ML, hingga monitoring melalui manusia, sebagai satu layanan keamanan terkelola.

Sebagai mitra resmi F5, AMT IT Solutions dapat menyediakan kebutuhan solusi keamanan F5 untuk perlindungan bisnis Anda. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.