Cara Melindungi User Credential dari Serangan Hacker

Cara Melindungi User Credential

Kredensial pengguna atau user credential merupakan salah satu upaya keamanan untuk membantu pengguna mengakses akunnya. Namun, tingginya tingkat serangan siber membuat kredensial menjadi incaran para pelaku kejahatan untuk mengambil alih akun yang bukan miliknya.

F5 menyadari ancaman serius tersebut dan membagikan tips atau cara melindungi user credential agar Anda dapat terhindar dari serangannya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Anatomi Serangan Berbasis Kredensial

Tips Melindungi User Credential

Credential-based attack atau serangan yang berbasis kredensial tentunya akan terus berkembang. Pada umumnya, serangan tersebut akan mengikut pola umum yang melibatkan tahap pencurian, monetisasi, dan adaptasi.

1. Pencurian

Di tahap ini, penyerang mendapatkan kredensial dengan cara mengumpulkannya melalui metode phising. Di mana penyerangan akan melakukan penipuan melalui website maupun platform lainnya, hingga korban terperangkap dan memberikan informasi kredensialnya.

2. Monetisasi

Pada tahap monetisasi, pelaku menaikan level serangannya. Mereka memanfaatkan teknologi otomatisasi untuk melancarkan serangan otomatis dengan tujuan mengambil alih akun korban atau account takeover (ATO). Dengan metode ini, penyerang bisa mendapatkan banyak informasi kredensial dan dapat menjualnya di dark web.

3. Adaptasi

Adaptasi merupakan tahapan tertinggi dalam credential attack. Di tahap ini, penyerang dengan tingkat keahlian tinggi akan menggunakan berbagai macam tools untuk membuat robot otomatisasi bekerja semirip mungkin dengan manusia dan menghindari keamanan anti-otomatisasi.

Cara Melindungi User Credential

F5 Credential Protection

Cara terbaik untuk mencegah user credential attack adalah dengan menerapkan solusi keamanan di semua tahap serangan. Di bawah ini penjelasannya.

1. Menerapkan Enkripsi Real-time

Pencegahan yang dapat Anda lakukan di tahap ini adalah dengan menerapkan enkripsi secara real-time. Mengingat kompleksnya aplikasi web dan mobile, sehingga penyerang memiliki banyak cara untuk menghindari sistem keamanan.

Dengan enkripsi real-time, dampak dari serangan dapat berkurang. Enkripsi real-time sendiri memanfaatkan algoritma dan teknik canggih untuk mengamankan kredensial dari input keystroke yang akan masuk ke jaringan dan komunikasi aplikasi selanjutnya.

2. Monitoring Berkelanjutan

Cara melindungi user credential selanjutnya adalah dengan melakukan pemantauan berkelanjutan. Hal ini dilakukan sebagai upaya  untuk mengurangi ancaman kredensial yang telah disusupi sebelumnya atau serangan otomatis. Pemantauan berkelanjutan tersebut haruslah digabungkan dengan analisis telemetri perangkat, jaringan, dan lingkungan yang tahan lama.

Pendekatan tersebut dapat mendeteksi dan menghentikan percobaan serangan pertama, terlepas dari apakah penyerang memanfaatkan sisa kredensial sebelumnya atau mencoba memanfaatkan kredensial yang dieksploitasi secara aktif dengan teknologi otomatisasi.

Dengan kumpulan data lengkap dari kredensial dan telemetri yang pernah disusupi, kemudian digabungkan dengan algoritma machine learning yang mendeteksi eksploitasi kredensial secara aktif, akan mampu mencegah serangan kredensial secara maksimal.

3. Memanfaatan Machine Learning

Ketika menghadapi serangan di tahap adaptasi, berarti penyerang memiliki keterampilan yang cukup tinggi untuk melewati pertahanan anti-otomatisasi. Dengan begitu, Anda juga harus menciptakan sistem keamanan tangguh yang mampu menyainginya.

Pemanfaatan machine learning dan pelatihan keamanan siber untuk pengguna, umumnya sudah cukup sebagai cara melindungi user credential. Namun, Anda harus selalu berhati-hati karena penyerang akan terus meningkatkan serangannya setelah Anda meningkatkan keamanan.

Terapkan Cara Melindungi User Credential Bersama F5

Sistem keamanan haruslah dapat beradaptasi dengan berbagai tahap serangan kredensial seperti Pencurian, Monetisasi, dan Adaptasi. Sebelum menerapkan sistem keamanan, Anda juga harus memahami cara melindungi user credential itu sendiri.

F5 menawarkan solusi F5 Application Security sebagai perlindungan kredensial secara terus-menerus yang mampu mencegah pencurian hingga penyusupan. AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner dapat menyediakan solusi untuk kebutuhan bisnis Anda.

Untuk konsultasi kebutuhan F5 dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@am-it.com atau klik ikon WhatsApp.