Jenis jenis phising

Cara Efektif Mengenali dan Melindungi Diri Dari Phishing

Scammers atau pelaku penipuan seringkali menggunakan email atau pesan teks dalam menjebak calon korbannya agar tanpa sadar memberikan informasi pribadi. Upaya inilah yang disebut dengan phishing.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari tipu daya scammers. Berikut, AMT IT Solutions suguhkan cara paling efektif dalam mengenali dan melindungi diri dari phishing.

Bagaimana Cara Mengenali Phishing?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, scammers kerap memanfaatkan email dan pesan teks untuk mengelabui calon korbannya agar mau memberikan informasi personal. Scammers sendiri biasanya mengincar password, nomor rekening, atau nomor penting lainnya milik calon korban.

Jika informasi ini berhasil didapatkan, mereka bisa dengan mudah mengakses email, akun bank, ataupun akun lainnya. Sebagai informasi, ada ribuan serangan phishing yang dilancarkan scammers setiap harinya. Ironisnya, sebagian besar serangan ini sukses memancing korbannya.

Bahkan, menurut laporan The FBI’s Internet Crime Complaint Center kerugian yang diakibatkan phishing dalam setahun bisa mencapai USD 57 juta. Tentu jumlah ini tidaklah sedikit.

Scammers sendiri seringkali mengubah taktik yang digunakan untuk mendekati calon korban. Namun, tetap ada sejumlah tanda yang bisa membantu Anda mengenali email atau pesan phishing seperti berikut ini:

Dampak Phising

Email atau Pesan Phishing Biasanya Memanfaatkan Nama Perusahaan yang Anda Kenal dan Percaya

Penting untuk Anda ketahui, email atau pesan phishing kebanyakan menggunakan nama bank, perusahaan kartu kredit, situs jejaring sosial, situs web atau aplikasi pembayaran online, dan online shop.

Jenis Phising

Email dan Pesan Phishing akan Mengarang Cerita Untuk Menggiring Anda Mengklik Link atau Membuka Lampiran yang Disertakan

Kemungkinan email dan pesan tersebut berisi:

  • Notifikasi adanya aktivitas mencurigakan atau upaya log in terhadap akun Anda.
  • Klaim yang mengatakan akun Anda sedang bermasalah.
  • Pemberitahuan untuk Anda mengkonfirmasi semua informasi personal.
  • Invoice palsu.
  • Permintaan agar Anda mengklik link untuk melakukan pembayaran.
  • Pemberitahuan bahwa Anda memenuhi syarat penerima bantuan yang diberikan pemerintah.
  • Penawaran kupon yang bisa ditukar dengan barang secara gratis.

Memang pada kenyataannya, email atau pesan yang dikirimkan pelaku sekilas nampak asli. Padahal, scammers yang mengirim email maupun pesan sama sekali tidak berhubungan dan tidak ada kaitannya dengan perusahaan yang namanya dimanfaatkan.

Ingat, email maupun pesan phishing memberikan konsekuensi serius kepada para korban yang terkelabui dan secara tidak sadar memberikan informasi pribadinya. Selain itu, scammers juga merusak reputasi perusahaan yang mereka tipu.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menerima Email atau Pesan Phising?

Jika Anda menerima email atau pesan yang meminta Anda untuk mengklik link atau membuka lampiran, sebelumnya cobalah menjawab pertanyaan ini: Apakah saya memiliki akun di perusahaan tersebut atau mengenal si pengirim email?

Jika jawabannya “Tidak” , email tersebut kemungkinan adalah phishing. Anda bisa melaporkan email tersebut atau menghapusnya.

Jika jawabannya “Ya”, hubungi perusahaan yang namanya tercantum menggunakan nomor atau website resmi yang Anda ketahui. Jangan hubungi nomor atau informasi apapun yang tertera pada email. Pasalnya, link dan lampiran yang disertakan masih bisa mengandung malware.

Cara Melindungi Diri Dari Phishing

Fitur filter pada email mungkin bisa menjauhkan banyak email phishing dari inbox Anda. Namun, pada kenyataannya scammers akan selalu mencari cara agar bisa mengelabui sistem filter ini.

Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menambahkan perlindungan ekstra! Berikut empat langkah yang dapat Anda ikuti untuk melindungi diri dari serangan phishing:

  1. Lindungi komputer atau laptop perusahaan dengan menggunakan security software. Ubah settingan software update menjadi otomatis sehingga dapat mengatasi berbagai ancaman terkini.
  2. Lindungi akun menggunakan multi-factor authentication. Beberapa akun menawarkan security ekstra yang meminta dua atau lebih kredensial untuk masuk ke akun Anda. Inilah yang dinamakan multi-factor authentication yang dapat mempersulit scammers untuk masuk ke akun Anda seandainya mereka berhasil mendapatkan username dan password Anda.
  3. Lindungi data dengan rutin melakukan backup. Backup data Anda dan pastikan backupan tidak terhubung dengan jaringan rumah.
Pengertian Jenis Phising

Hubungi Kami Untuk Perlindungan Phishing yang Lebih Baik

Menyadari diperlukan perlindungan ekstra untuk melindungi diri dari serangan Phishing, AMT IT Solutions selaku perusahaan di bidang System Integrator menyediakan solusi tepat yang bisa Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan solusi keamanan dan backup dari AMT IT Solutions, diri Anda maupun perusahaan akan terlindungi dengan lebih baik. Sebab, berbagai solusi yang kami sediakan dan tawarkan efektif mengatasi ancaman phishing, mulai dari Sangfor Cyber Command, Sangfor NGAF, Aruba Zero Trust hingga backup as a service.

Di sisi lain, pengalaman AMT IT Solutions yang sudah lebih dari 20 tahun menyelami dunia IT membuat kami sangat mengerti perkembangan phishing berikut upaya untuk mengatasinya. Berangkat dari situ, dengan didukung banyak mitra yang kompeten di bidangnya, AMT IT Solutions berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan terbaik pada data perusahaan Anda.