6 Manfaat Artificial Intelligence (AI) Untuk Cyber Security

Manfaat AI

Teknologi artificial intelligence (AI) telah menciptakan terobosan dan mengubah cara kerja bisnis menjadi lebih maksimal. Manfaat AI dalam cyber security dapat dilihat dari meningkatnya keamanan siber serta pencegahan serangan yang lebih efektif.

Implementasi AI pada cyber security sendiri bukan lagi ide yang baru. Solusi tersebut telah banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Lalu, apa saja kelebihan AI untuk meningkatkan keamanan siber di dunia bisnis?

1. Mengidentifikasi Serangan

Manfaat AI

Fitur identifikasi serangan yang banyak ditemui pada software cyber security dapat bekerja berkat adanya implementasi AI. Dengan begitu, berbagai jenis serangan seperti malware dan pola mencurigakan dapat diidentifikasi dan ditindaklanjuti dengan cepat. AI juga dapat segera menemukan perilaku anomali sebelum menyebabkan kerusakan pada jaringan Anda.

2. Melindungi Endpoint Device

Endpoint device merupakan bagian yang paling rentan dari semua perangkat kerja di perusahaan. Inilah mengapa sebagian besar solusi keamanan endpoint device memanfaatkan AI untuk mengidentifikasi malware, memicu peringatan, atau membuat standar keamanan dasar untuk  mengidentifikasi behavior traffic yang dapat diterima.

3. Mengotomatiskan Tugas

Inti dari penerapan artificial intelligence adalah agar setiap tugas yang dikerjakan manusia menjadi lebih mudah. Untuk itulah AI menciptakan otomatisasi hampir di semua lingkungan operasional kerjanya.

Dengan mengotomatiskan tugas dalam cyber security, maka akan memberikan perlindungan yang lebih baik dan konsisten. Manfaat AI selanjutnya, Anda dapat mengurangi beban kerja tim IT dengan mempermudah analisis kumpulan big data, serta membuat instruksi untuk memenuhi tugas yang diberikan.

4. Memberikan Informasi Secara Konsisten

Mengetahui informasi di dunia keamanan siber akan memberikan Anda pengetahuan tambahan, sehingga meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap serangan siber. Adanya implementasi AI memungkinkan Anda menyusun dan menyimpan basis pengetahuan tentang cyber attack untuk menciptakan strategi keamanan yang lebih baik.

5. Pemantauan

AI menyediakan pemantauan keamanan yang berkelanjutan untuk mengidentifikasi dan mendeteksi serangan secara real-time. Teknologi ini juga dapat memastikan respon insiden secara otomatis untuk mengurangi ancaman dalam hitungan detik.

6. Tes dan Perbaikan

Manfaat AI selanjutnya dapat dilihat dari penggunaanya dalam membuat script untuk menguji keamanan siber perusahaan Anda. Selain itu juga dapat digunakan untuk meningkatkan kerentanan di sebuah area jaringan.

Sangfor Memanfaatkan Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Cyber Security

Anda dapat melihat berbagai manfaat AI dalam keamanan siber melalui berbagai fitur unggulan software keamanan. Sebagai contohnya, Sangfor melalui solusi firewall miliknya memanfaatkan teknologi ini untuk menciptakan perlindungan jaringan dari malware dan traffic mencurigakan lainnya.

Sebagai mitra resmi Sangfor, AMT IT Solutions dapat membantu menyediakan solusi keamanan berbasis AI yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.