Cyber Hygiene: Tingkatkan Keamanan Siber Bersama Sangfor

Cyber Hygiene adalah

Meningkatnya aktivitas di ruang siber tentunya harus diselaraskan dengan keamanan terhadap potensi kejahatan yang ada di lingkungan tersebut. Cyber hygiene adalah upaya untuk mengamankan ruang siber, sehingga penggunanya merasa aman dan jauh dari ancaman cybercrime.

Upaya tersebut dapat dimulai dengan melakukan pemeliharaan terhadap teknologi siber yang ada di perusahaan. Untuk memahaminya, berikut penjelasan mengenai apa itu cyber hygiene.

Apa Itu Cyber Hygiene?

Apa Itu Cyber Hygiene

Cyber hygiene adalah sebuah upaya, langkah, atau kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna komputer untuk menjaga kesehatan sistem komputer, serta meningkatkan keamanan jaringan. Hal ini dilakukan untuk melindungi data, identitas, maupun informasi berharga lainnya dari ancaman siber.

Langkah-Langkah Melakukan Cyber Hygiene

Dikutip dari Sangfor, berikut ini beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk menerapkan cyber hygiene di lingkungan perusahaan:

1. Pemindaian Kerentanan

Langkah pertama dalam melakukan cyber hygiene adalah dengan memindai kerentanan sistem perusahaan. Langkah ini melibatkan pemindaian secara konsisten dari IP publik eksternal, untuk setiap perilaku atau kerentanan yang mencurigakan.

Nantinya, proses ini akan membantu menemukan titik lemah dalam suatu sistem. Lalu dengan menggunakan alat khusus, dibuat inventaris perangkat lunak yang dikenal dan dapat diterima untuk kemudian dibandingkan dengan perangkat asing yang ditemukan dalam database. Hasil pemindaian berupa laporan otomatis yang dapat memastikan data dan sistem Anda terlindungi setiap saat.

2. Pemindaian Aplikasi Web

Langkah selanjutnya yang dilakukan dalam cyber hygiene adalah melakukan pemindaian aplikasi web yang berpotensi bahaya. Termasuk melakukan pencarian situs web yang berpotensi bug, situs web dengan konfigurasi lemah, serta situs web dengan kerentanan dalam menampilkan antarmuka pengguna. Pemindaian ini juga termasuk pelaporan kembali setiap ancaman yang dapat merusak jaringan.

3. Pemanfaatan Pakar Keamanan Siber

Anda juga dapat memanfaatkan keahlian para profesional di bidangnya, untuk memberikan kemampuan Threat Identification and Risk Assessment (TIARA) tingkat lanjut bagi jaringan. Layanan tersebut memberikan penilaian keamanan awal yang dirancang untuk membantu pelanggan mengidentifikasi ancaman jaringan dalam waktu singkat.

Solusi Sangfor Untuk Cyber Hygiene

Salah satu cara mendukung cyber hygiene adalah dengan menerapkan solusi Sangfor pada infrastruktur siber perusahaan. Berikut beberapa solusi yang ditawarkan:

Sangfor Cyber Command (NDR)

Platform Sangfor Cyber ​​Command (NDR) membantu memantau malware, peristiwa keamanan residual, serta potensi ancaman yang akan datang. Solusi ini menggabungkan Threat Intelligence dan algoritma AI yang ditingkatkan untuk terus memperbarui Anda tentang kerentanan atau ancaman apa pun yang terdeteksi di sistem.

Sangfor Endpoint Secure

Teknologi canggih Endpoint Secure dari Sangfor memberikan perlindungan terintegrasi terhadap infeksi malware dan pelanggaran APT di seluruh jaringan perusahaan. Ditambah dengan kemudahaan dalam pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan.

Sangfor Incident Response

Solusi Sangfor Incident Response membantu penghapusan dan pencegahan serangan siber yang fleksibel, cepat, dan efektif. Fokus dari solusi ini adalah untuk menemukan dan memberantas ancaman. Sembari menerapkan pemulihan bencana aktif dan memberikan analisis yang sesuai untuk membantu melindungi perusahaan dari serangan siber.

Permudah Penerapan Cyber Hygiene Dengan Sangfor Solutions

Dalam menjaga keamanan siber perusahaan, cyber hygiene adalah langkah yang perlu Anda perhatikan. Dengan memanfaatkan solusi Sangfor seperti menggunakan Endpoint Secure, maka akan mempermudah Anda dalam memenuhi langkah tersebut,

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor menyediakan berbagai inovasi solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.