5 Tren Transformasi Digital yang Diprediksi Muncul Tahun 2022

Tren Digital 2022

Pernahkah Anda mengenal konsep transformasi digital? Konsep yang mengacu pada implementasi kerja digital ini ternyata masih relatif baru, khususnya di Indonesia. Konsep ini hadir pada tahun 1990-an bersamaan dengan diperkenalkannya internet. Hari ini, tren digitalisasi mulai masuk ke tiap komponen dari kehidupan kita, hal ini memberi pengaruh pada cara kita berbelanja, bepergian, hidup, dan juga bekerja.

Di artikel kali ini, AMT IT Solutions akan memberikan 5 tren transformasi digital yang diprediksi hadir di tahun ini.

Pengertian transformasi digital dan mengapa hal ini penting

Transformasi digital merujuk pada progress dan strategi dalam menerapkan teknologi digital, hingga sanggup mengubah sistem operasi bisnis dan melayani pelanggan secara drastis. Transformasi digital sendiri sudah menjadi hal yang lazim di era digitalisasi.

Hal ini lantaran tiap organisasi, terlepas dari ukuran atau industrinya, semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien yang efeknya turut dirasakan dalam hal pelayanan terhadap pelanggan.

Praktik transformasi digital umumnya diaplikasikan dalam konteks bisnis. Pengenalan teknologi digital bahkan mampu menciptakan model bisnis dan aliran pendapatan baru.

Teknologi yang hadir seperti halnya Artificial Intelligence (AI), cloud computing dan Internet of Things (IoT) berperan untuk mempercepat transformasi, sementara teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik dibutuhkan untuk menganalisa sejumlah besar data yang tercipta dari transformasi digital.

Hadirnya transformasi digital memungkinkan perusahaan untuk merasakan pengalaman digital, operasi digital, dan inovasi digital. Bisnis yang telah mengadopsi sistem digital sanggup berinovasi dengan pesat dan meningkatkan inovasi untuk menghadirkan produk dan layanan digital, yang pastinya bernilai bagi pelanggan.

Menyadari pesatnya perkembangan teknologi digital, tim AMT IT Solutions melihat adanya 5 tren transformasi digital di dunia bisnis yang kami prediksi akan muncul pada pertengahan tahun ini:

1. Transformasi Digital yang Proaktif

Salah satu prediksi kami adalah, transformasi digital yang proaktif. Transformasi digital diyakini akan menjadi sebuah perilaku dan budaya kerja, yang mana nantinya setiap orang akan dituntut untuk dapat berpikir kreatif dan dapat menyesuaikan diri dengan teknologi yang ada.

Di sini relasi antara perusahaan dan klien menjadi  berkesinambungan dengan menjadikan data sebagai pusat dalam menanggapi segala keperluan klien ataupun perusahaan itu sendiri.

2. Pemanfaatan Sistem Cloud secara optimal

Di tahun 2022 ini, pemanfaatan sistem penyimpanan Cloud diprediksi akan menjadi tren tersendiri. Berdasarkan hasil riset NTT Ltd, pengaplikasian Cloud publik akan tumbuh menjadi 30 persen yang sebelumnya hanya 24 persen. Sementara itu, untuk Cloud privat, diprediksi akan tumbuh menjadi 23 persen dari yang sebelumnya hanya 19 persen.

3. Otomatisasi Transformasi Bisnis

Otomatisasi akan menjadi poin utama dalam pengambilan keputusan dan perkembangan bisnis. Pasalnya, otomatisasi memungkinkan perusahaan untuk meraup banyak profit. Di sisi lain karena lebih efektif dan efisien, otomatisasi juga mampu meningkatkan produktivitas dan memicu inovasi perusahaan yang berguna untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis.

4. Optimalisasi Infrastruktur Sebagai Penghasil Data

Di tahun 2022, AMT IT Solutions memprediksi bahwa infrastruktur akan menjadi mesin penghasil dan penyaring data yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Perusahaan bisa mengetahui kebiasaan dari klien atau mayoritas masyarakat dalam mencari dan memenuhi kebutuhannya. Hal inilah yang selanjutnya bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menciptakan inovasi pada produknya.

5. Optimalisasi dari Cyber Security

Hadirnya transformasi digital tentu akan bersamaan dengan munculnya transformasi cyber crime. Imbasnya, perusahaan dituntut untuk berinvestasi pada solusi yang sanggup melindungi semua data digitalnya. Oleh sebab itu, AMT IT Solutions meyakini bahwa solusi cyber security akan menjadi tren teknologi yang mampu melindungi data vital perusahaan dari berbagai cyber attack.

Bagaimana? Apakah Anda sudah ada gambaran seputar tren transformasi digital di pertengahan tahun ini dan tahun-tahun mendatang? Sudah siapkah Anda dan perusahaan Anda menghadapi era transformasi digital? Sekarang, Anda tidak perlu risau dan khawatir lagi dalam menghadapi tantangan digital, karena tim AMT IT Solutions siap membantu memberikan solusi inovatif mengikuti kebutuhan perusahaan Anda.