5 Penyebab Cybercrime Menyerang Perusahaan dan Solusinya

Penyebab Cybercrime

Serangan siber seringkali mengincar perusahaan besar seperti perbankan, keuangan, dan berbagai perusahaan yang berhubungan erat dengan data dan privasi. Ada beberapa faktor penyebab cybercrime marak terjadi di lingkungan bisnis.

Untuk mencegah serangan siber, Anda perlu memahami faktor pemicunya agar dapat terhindar dari risiko serta kerugian dikemudian hari. Berikut penjelasannya.

Management Akses yang Buruk

Faktor serangan cybercrime

Pengelolaan akses yang buruk dapat menjadi penyebab cybercrime pada server perusahaan. Hacker akan dengan mudah mencuri kode akses, gambar retina, perekam suara canggih, dll. Kemudian mereka akan menipu sistem biometrik untuk melewati firewall maupun sistem keamanan lainnya dan melakukan serangan.

Solusi:

Anda dapat menggunakan software keamanan yang mendukung pengelolaan akses data seperti F5 BIG-IP Access Policy Manager.

Tidak Memiliki Data Center

Perusahaan dengan banyak data penting haruslah memiliki data center khusus untuk penyimpanan dan manajemen. Hal ini dikarenakan data yang tersebar di berbagai lokasi dan tidak terpusat memiliki kelemahan keamanan, sehingga memudahkan pelaku kejahatan untuk mencurinya.

Solusi:

Anda dapat menggunakan solusi Sangfor HCI untuk membangun data center yang dilengkapi dengan keamanan untuk mencegah hacker.

Infrastruktur yang Rumit

Perusahaan dengan tingkat operasional yang tinggi, tentunya memerlukan infrastruktur IT yang canggih. Namun, kecanggihan infrastruktur IT seringkali menimbulkan kompleksitas yang dapat menyebabkan kesalahan. Hal tersebutlah yang kemudian dimanfaatkan oleh hacker untuk menyerang sistem perusahaan Anda.

Solusi:

Pilihlah solusi software operasional perusahaan yang dapat menyederhanakan infrastruktur, seperti F5.

Kelalaian

Kelalaian karyawan dapat menjadi salah satu penyebab cybercrime menyerang server perusahaan. Hal ini pun menjadi faktor yang lumrah terjadi, mengingat akan selalu ada kemungkinan kelalaian dalam penggunaan SDM untuk melindungi sistem perusahaan.

Solusi:

Untuk mencegahnya, Anda dapat memberikan pelatihan karyawan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya cybercrime.

Tidak Ada Inventori Data Serangan

Data yang digunakan oleh hacker untuk melakukan kejahatan dapat dengan mudah dimusnahkan. Sehingga akan menyulitkan korban untuk melakukan investigasi dan peningkatan keamanan. Tentunya hal tersebut akan mempermudah hacker untuk melakukan serangan kembali.

Solusi:

Selalu lakukan backup data secara berkala untuk mencegah kehilangan data. Anda juga memperkuat pertahanan keamanan dengan berbagai rangkaian solusi keamanan.

Hindari Penyebab Cybercrime Pada Perusahaan

Salah satu cara meningkatkan keamanan server perusahaan adalah dengan menghindari penyebab cybercrime. Dengan begitu, potensi serangan siber pada perusahaan Anda tidak akan meningkat.

Anda juga dapat meningkatkan keamanan dengan menggunakan solusi keamanan terbaik. Beberapa vendor penyedia solusi keamanan yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan internasional seperti F5 dan Sangfor. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.