BIG-IP Access Policy Manager: Solusi Aman Kelola Akses Pengguna

BIG-IP Access Policy Manager

Melakukan validasi identitas pengguna ketika mengakses data esensial merupakan cara untuk melindungi perusahaan dari data breach atau pencurian data. Untuk itu, perlu adanya identity access management seperti yang dilakukan oleh BIG-IP Access Policy Manager.

Teknologi pengelolaan akses identitas milik F5 tersebut, akan membantu Anda mengelola akses pengguna dengan lebih aman dan mudah secara terpusat. Lalu, apa saja kelebihan BIG-IP Access Policy Manager untuk perkembangan perusahaan? Simak melalui artikel berikut ini!

Apa Itu BIG-IP Access Policy Manager?

BIG-IP Access Policy Manager adalah teknologi yang memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi, melacak, mengontrol, hingga mengelola hak akses pengguna terhadap sistem informasi yang ada di perusahaan.

Dengan data pengguna yang selalu tervalidasi, serta akses yang dapat Anda kontrol dan kelola dengan mudah, segala bentuk ancaman pencurian data seperti data breach akan dapat diantisipasi dengan baik.

Pengelolaan identitas pengguna memang dapat dilakukan secara manual menggunakan sumber daya manusia. Namun, dengan tingginya tingkat ancaman siber saat ini, membuat metode lama kurang efektif untuk dilakukan.

Untuk itu, BIG-IP Access Policy Manager hadir membantu Anda melakukan tugas tersebut secara otomatis. Dengan tingkat kesalahan yang lebih minim jika dibandingkan dengan metode lama.

Fitur BIG-IP Access Policy Manager

Access Policy Management

Teknologi Access Policy Manager besutan F5 ini, memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat membantu Anda menjaga data informasi perusahaan. Beberapa di antaranya seperti:

Identity-Aware Proxy (IAP)

F5 APM menerapkan validasi model tanpa kepercayaan alias “zero-trust” berdasarkan konteks granular, sehingga mampu mengamankan setiap permintaan akses aplikasi.

Identitas gabungan, MFA, dan SSO

Selain menerapkan fitur IAP, F5 APM juga melakukan penggabungan identitas, mendorong autentikasi multi-faktor adaptif (mendukung protokol FIDO U2F dan RADIUS), dan memungkinkan sistem masuk tunggal ke semua aplikasi.

Akses seluler dan jarak jauh yang aman

Bagi perusahaan yang memiliki sistem kerja Work From Home, F5 APM menjamin akses jarak jauh serta akses seluler yang aman. Teknologi ini mampu menyatukan identitas untuk akses jarak jauh melalui SSL VPN dengan VPN per aplikasi yang aman dan adaptif.

Akses web yang aman dan terkelola

Agar lebih mudah dikelola dan berjalan secara efektif, F5 APM memusatkan autentikasi, otorisasi, dan pemeriksaan titik akhir melalui proxy aplikasi web.

Perlindungan API

BIG-IP Access Policy Management mengupayakan perlindungan API dengan mengamankan otentikasi untuk REST API, mengintegrasikan file OpenAPI (atau Swagger).

Membongkar dan menyederhanakan otentikasi

Dalam penyederhanaan otentikasi, BIG-IP APM juga menggunakan SAML, OAuth, dan OIDC untuk pengalaman pengguna yang lancar dan aman di semua aplikasi.

Split tunneling yang dinamis

F5 APM secara dinamis mengecualikan lalu lintas Internet dari VPN Anda untuk menghemat bandwidth.

Manajemen dan penyebaran terpusat

F5 BIG-IP APM terintegrasi dengan Manajemen Terpusat F5 BIG-IQ untuk memudahkan penerapan dan meningkatkan efisiensi biaya dalam skala besar.

Performa dan skalabilitas

Mendukung hingga 1 juta sesi akses pada satu perangkat BIG-IP dan hingga 2 juta pada satu sasis VIPRION.

Kelebihan BIG-IP APM

BIG-IP Access Policy Management

Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh BIG-IP Access Policy Manager, membuatnya mampu melakukan beberapa hal yang dapat mempermudah kerja proses validasi identitas pengguna, seperti:

Dilengkapi Visual Policy Editor

Anda dapat membuat, mengedit, dan mengelola kesadaran identitas, serta kebijakan berbasis konteks cukup dengan melakukan klik, pilih, dan pindahkan. Anda juga dapat melihat gambaran secara menyeluruh tentang kebijakan Anda dan bagaimana kebijakan tersebut terhubung ke seluruh jaringan.

Akses konfigurasi yang menyatu

Terdapat Access Guided Configuration (AGC), yaitu panduan langkah demi langkah yang dapat menyederhanakan penyiapan dan penerapan BIG-IP APM. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kustomisasi orientasi atau aplikasi klasik dengan Microsoft Azure AD.

Konfigurasi Utilitas

Selain hal yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat mengimpor, membandingkan, mengedit, dan perbarui kebijakan akses granular di beberapa perangkat BIG-IP.

Mudah Kelola Akses dengan BIG-IP Access Policy Manager

Meningkatnya ancaman pencurian data membuat perusahaan harus lebih berhati-hati dengan akses pengguna menuju data esensial. Dengan menggunakan Access Policy Manager dari F5, Anda dapat mengelola akses pengguna dengan aman dan mudah.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi F5 menyediakan solusi yang dapat membantu Anda mengamankan data dan informasi penting perusahaan bersama BIG-IP Access Policy Manager. Hubungi marketing@amt-it.com atau tekan ikon WhatsApp untuk informasi selengkapnya!