Pentingnya Data Security Untuk Keberlangsungan Bisnis Perusahaan

F5 Applications Security

Perkembangan teknologi yang bergerak cepat di era pandemik mengakibatkan banyaknya perusahaan cepat mengadopsi berbagai kebutuhan penunjang keberlangsungan bisnis. Salah satu yang menjadi prioritas utama bagi perusahaan adalah data security.

Data Security merupakan praktik dalam melindungi sebuah informasi digital dari akses yang mencurigakan dan tidak sah. Konsep data security mencakup setiap aspek keamanan informasi dari keamanan fisik hardware dan software, storage, hingga kontrol administratif dan akses.

Pentingnya data security sangat dirasakan saat era pandemik. Berbagai perusahaan merasakan pentingnya konsep ini untuk mencegah oknum peretas yang berusaha menyusup ke dalam pusat kontrol data.

Terdapat 5 macam konsep security data, seperti Enkripsi, Firewall, Secure Socket Layer, Kriptografi, dan Pretty Good Privacy. Melalui hasil analisa tim AMT IT Solutions, kami menyarankan tindakan yang praktis dan relatif mudah untuk dilakukan perusahaan dengan postur keamanan yang berbeda, berdasarkan kematangan keseluruhan program keamanan yang dimiliki.

Kami menyadari bahwa tidak semua perusahaan memiliki kemampuan keamanan yang sama. Beberapa perusahaan mungkin memiliki perlindungan keamanan tingkat dasar, atau memiliki resistensi institusional dan masalah arsitektur yang menyulitkan penerapan praktik keamanan dasar. Oleh karena itu, kami dan F5 Applications Security Solutions merekomendasikan 3 strategi perlindungan sederhana bagi perusahaan Anda, berikut di antaranya:

Data Protection

1. Terapkan Backups

Tim keamanan data harus selalu melakukan backups secara berkala. Hal ini Anda perlukan untuk lebih mudah memulihkan kembali produktivitas bisnis Anda, jika pusat kontrol data Anda berhasil disusupi dan sudah menjadi target oleh oknum yang menggunakan malware atau ransomware.

Prioritaskan file data yang Anda rasa sangat penting dan diperlukan bagi perusahaan. Jika Anda sudah memilikinya, lanjutkan dengan tingkat data paling kritis berikutnya, maka Anda akan jauh lebih tenang jika para oknum berhasil menghapus semua data confidential perusahaan.

Security F5

2. Deteksi Dini Ancaman

Mulailah dengan mengidentifikasi environtment IT Anda dan pastikan bahwa perangkat, seperti router dan firewall berada pada level patch terbaru yang tersedia dari mereka, hal ini memungkinkan perangkat tetap update dan proteksi jauh lebih aman.

Jika ada masalah pada infrastruktur, lakukan kolaborasi dengan vendor untuk melakukan identifikasi mengenai penceghahan yang dapat melindungi aset data perusahaan. Setelah itu, lakukanlah hal yang sama untuk bagian infrastruktur jaringan Anda yang dapat diakses publik, seperti server email, server aplikasi, dan server web.

Terakhir, rangkum semua teknologi terkait security Anda, apakah aplikasi Anda berjalan pada bahasa dan frameworks yang didukung dan diperbarui secara berkala? Apakah ada plugin atau ekstensi terbaru yang hasrus Anda gunakan? Hal ini dapat mengidentifikasi komponen mana yang kedaluwarsa dan akan memberi Anda peta pada tempat para oknum peretas yang mencoba untuk mendapatkan akses.

F5 Applications

3. Kontrol Integritas Pada Sistem Data Secara Berkala

Langkah yang dilakukan berikutnya adalah memantau perubahan yang tidak sah pada sistem utama Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan berbagai tools software yang disertakan dengan operation systems.

Hal ini bisa menjadi dasar untuk pengambilan snapshot di sistem file server front-end dan kemudian menjalankan perintah yang sama lagi sehari kemudian, lalu Anda dapat membandingkan hasilnya.

Metrik terhadap pemantauan yang mungkin sudah Anda miliki, seperti ruang disk, penggunaan cpu, pemanfaatan jaringan, dan statistik serupa dapat dimanfaatkan sebagai cara sederhana untuk menemukan aktivitas anomali.

Jika Anda memiliki sistem pemantauan yang lebih canggih, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan akses dan bertukar pikiran dengan tim, tentang bagaimana pemantauan yang ada dapat diperluas untuk mendeteksi aktivitas yang tidak bersahabat.

Brainstorming, dalam bentuk perencanaan skenario table-top/threat-modeling/respons, adalah cara yang tepat untuk mengidentifikasi titik lemah Anda dan mencari tahu di mana letak kegagalannya. Buat draft untuk jenis insiden utama, seperti: Ransomware, DDoS, Malware/wiper, penyusupan aplikasi web, dan kebocoran data yang dilaporkan.

Teknologi yang dipakai dalam implementasi data security harus sesuai dengan standar yang telah diakui dunia. Jangan sampai hanya demi menghemat biaya, harus mengorbankan aset perusahaan yang tidak ternilai harganya. F5 Applications Security Solutions dapat melindungi aplikasi dan API di seluruh arsitektur, cloud, dan integrasi ekosistem untuk mengurangi risiko dan kompleksitas operasional, sekaligus mempercepat transformasi digital.

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan waktu pemasaran, memaksimalkan potensi bisnis, dan mempertahankan ketahanan untuk memastikan penyampaian pengalaman digital yang aman secara konsisten dalam skala besar.