Internet Access Gateway

Cari Tahu Perbedaan SIEM dan Cyber Command Bagi Perusahaan

Security Information and Event Management (SIEM) sering kali menjadi pondasi dalam security operations. Selayaknya solusi keamanan siber, SIEM bertugas mengumpulkan, menganalisa, serta memonitor log untuk mendeteksi ancaman sekaligus memberikan respon terkait ancaman secara real time.

Pada SIEM, data dikumpulkan dari log berbagai aplikasi dan perangkat keamanan seperti server, network, database, dan firewall untuk kemudian diidentifikasi, dilacak, dan dieliminasi jika terdapat aktivitas yang mencurigakan di jaringan. Lantas apa perbedaan SIEM dengan Cyber Command yang mana keduanya merupakan produk unggulan Sangfor?

Keuntungan SIEM

Seperti tool canggih lainnya, SIEM sering kali digunakan di banyak perusahaan skala menengah hingga besar di seluruh dunia. Melalui laman resmi Sangfor Technologies, saat ini, diketahui ada lebih dari 20 vendor SIEM yang tersedia. Dari data ini, dapat disimpulkan bahwa pasar SIEM cukup besar begitu juga keuntungan yang ditawarkan hingga diminati berbagai perusahaan.

Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan SIEM:

  • Mempersingkat durasi identifikasi ancaman, sehingga risiko terjadinya kerugian juga ikut diminimalisir.
  • Deteksi ancaman dan peringatan keamanan yang terperinci memungkinkan analisa terkait keamanan, peretasan, dan pelanggaran lebih cepat dan mudah.
  • Penyimpanan log secara sentral sehingga lebih mudah diakses dan di view.
  • Skalabilitas memungkinkan perusahaan meningkatkan jumlah data di masa depan.
  • Menawarkan fleksibilitas penggunaan data, log, program keamanan yang mendukung laporan audit kepatuhan, helpdesk, dan network troubleshooting.

Apa yang membedakan Cyber Command dengan SIEM?

Pertama-tama perlu diketahui bahwa SIEM sepenuhnya mengandalkan peristiwa/jejak perangkat dari sistem dan log aplikasi. Singkatnya, jika tidak ada log, maka tidak akan ada peristiwa yang bisa dikirim ke SIEM.

Berbeda dengan SIEM, Sangfor Cyber Command mampu meningkatkan kemampuan prevention, detection, dan response terhadap serangan dengan memantau traffic jaringan internal untuk kemudian menghenghentikan serangan sekaligus meminimalisir dampak dari tiap pelanggaran yang ditemukan.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan Cyber Command adalah Anda dapat dengan mudah mengimplementasi hampir seluruh model operasi SOC seperti Gartner SOC Visibility Triad yang menawarkan holistic visibility lebih baik pada security posture suatu perusahaan.

Sangfor SOC

Cyber Command dapat memenuhi ketiga aspek SOC Visibility Triad di atas hanya dengan memanfaatkan jaringan dan endpoint sensor atau event ingestion dari produk keamanan vendor.

Daya tarik Cyber Command lainnya adalah, kemampuannya dapat ditingkatkan dengan Sangfor XDDR security framework sehingga bisa terintegrasi dengan produk keamanan Sangfor lainnya. Apa yang membuat Cyber Command lebih unggul?

Flexible Sangfor SOC

The Flexible SOC

Seperti yang telah diketahui, Sangfor memiliki rangkaian solusi perlindungan keamanan lengkap seperti Sangfor Next Generation Application Firewall (NGAF), Internet Access Gateway (IAG), dan Endpoint Secure yang bisa diintegrasikan secara penuh terhadap Sangfor Cyber Command menggunakan Sangfor XDDR security framework. Hal ini memudahkan perusahaan menerapkan pondasi untuk SOC modern menggunakan model implementasi apapun.

Sangfor SIEM

Full Integration

Cyber Command langsung berintegrasi dengan NGAF, IAG, Endpoint Secure, dan Neural-X (meliputi cloud sandboxing) dalam mengumpulkan dan mengkorelasikan data serta mengatur respon perlindungan.

Cybercrime

Threat Hunting

Cyber Command dilengkapi berbagai model teknologi AI yang memungkinkan Threat Hunting. Threat Hunting bertujuan untuk membantu user menemukan attack surface pada entry points, breach roots-cause, dan residual threats.

Security Information and Event Management

User Experience

Cyber Command memiliki comprehensive multi-dimensional visibility dari serangan internal maupun eksternal, semua aset server dan PC yang dikelola, aset tidak dikenal dan jahat, dan semua komunikasi terkait di seluruh jaringan. Selain itu, dashboard Cyber Command juga menyajikan rantai serangan, lengkap dengan strategi perbaikan yang direkomendasikan.

Sangfor Cyber Command

Technical Innovation

Sangfor selalu memprioritaskan efektifitas keamanan seluruh produknya dan berani berinvestasi untuk mendukung inovasi di bidang teknologi setiap tahunnya.

Di mana mendapatkan Sangfor Cyber Command?

Berbeda dengan SIEM lantaran dipercaya mampu meningkatkan keamanan IT secara menyeluruh, Anda patut mencoba Sangfor Cyber Command. Tak perlu bingung, Anda bisa mendapatkan produk Sangfor yang satu ini dari mitra resmi yang ada di Indonesia untuk menjamin orisinalitas produk.

Salah satu mitra resmi Sangfor yang ada di Indonesia adalah AMT IT Solutions. Bermitra dengan Sangfor Technologies, AMT IT Solutions menyediakan berbagai solusi keamanan dari Sangfor seperti salah satunya Sangfor Cyber Command yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Dilengkapi berbagai fitur dan teknologi canggih, Sangfor Cyber Command merupakan solusi keamanan tepat untuk meningkatkan keamanan jaringan perusahaan Anda.