Apa Itu Risk Management? Ini Pentingnya Bagi Perusahaan

Risk Management adalah

Adanya kesalahan pada aktivitas manajemen bisnis merupakan hal yang umum terjadi. Mengingat setiap proses bisnis tentunya memiliki risiko tersendiri. Untuk itu, risk management adalah salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mengurangi risiko tersebut.

Dalam dunia bisnis, terdapat Enterprise Risk Management (ERM) yang dikhususkan untuk melakukan manajemen risiko perusahaan. ERM sendiri telah dimodernisasi dan jauh lebih baik dari pendahulunya, tradisional risk management. Lalu, apa itu risk management dan seberapa penting bagi perusahaan? Berikut penjelasan.

Apa Itu Risk Management?

Apa Itu Risk Management

Risk management adalah proses mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan ancaman terhadap pengeluaran maupun pendapatan perusahaan. Ancaman atau risiko tersebut termasuk ketidakpastian keuangan, kewajiban hukum, masalah teknologi, kesalahan manajemen strategis, kecelakaan, hingga bencana alam.

Penerapan manajemen risiko yang baik akan membantu perusahaan mempertimbangkan berbagai risiko yang dihadapi. Upaya tersebut tersebut juga membantu memeriksa hubungan antara risiko dan dampak berjenjang yang dapat ditimbulkannya pada tujuan strategis perusahaan.

Proses Risk Management

Setelah mengetahui apa itu risk management, berikut ini proses manajemen risiko yang perlu dilalui di tiap perusahaan.

1. Mempelajari Situasi Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam risk management adalah memahami seperti apa lingkungan bisnis yang Anda bangun. Sehingga akan mempermudah proses selanjutnya.

2. Menganalisis dan Mengidentifikasi Risiko

Setelah mengidentifikasi celah risiko perusahaan, saatnya Anda menganalisis risiko tersebut. Serta memperkirakan dampak apa yang harus dihadapi dari risiko tersebut.

3. Mengevaluasi Risiko

Setelah mengidentifikasi dan menganalisis risiko, Anda dapat mengevaluasi kembali untuk menentukan risiko mana yang sanggup ditanggung oleh perusahaan. Dengan begitu, perusahaan tidak akan menanggung risiko fatal.

4. Melakukan Mitigasi dan Pengawasan Risiko

Kemudian Anda dapat mulai membentuk rencana mitigasi atau tindakan untuk mencegah risiko tersebut. Tentunya, dengan tetap berada di bawah pengawasan perusahaan.

5. Menyampaikan Hasil

Langkah terakhir, Anda haruslah menyampaikan hasil yang didapat selama proses berlangsung. Sehingga pihak eksternal maupun internal perusahaan dapat bekerjasama dengan baik untuk mengatasi risiko yang ada.

Manfaat Risk Management Bagi Perusahaan

Risiko manajemen memiliki fungsi penting bagi perkembangan bisnis suatu perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat mengimplementasikan risk management:

Menjadikan Operasional Lebih Efisien dan Konsisten

Merencanakan risiko operasional dapat membantu Anda memitigasi gangguan dan mencegah penundaan atau waktu henti tak terduga, yang dapat menurunkan produktivitas, reputasi, atau profitabilitas bisnis.

Mengidentifikasi dan Menghindari Risiko Tidak Terlihat

Risk management yang kuat umumnya akan melakukan audit internal, meninjau insiden masa lalu, dan terus mengikuti praktik bisnis terbaik. Sehingga dapat membantu Anda mengungkap ancaman tersembunyi serta mendorong tindakan pencegahan sebelum terjadi kerugian.

Melindungi Merek Perusahaan

Anda dapat menyesuaikan strategi manajemen risiko agar tetap menerapkan peraturan kepatuhan yang ada secara konsisten. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi potensi kerusakan merek serta menghindari risiko membangun merek kembali yang memerlukan proses panjang dan memakan banyak biaya.

Mengatasi Masalah Secara Proaktif

Tujuan utama risk management adalah untuk mengantisipasi dan mengatasi potensi masalah yang akan datang. Hal ini mengarah pada operasional yang lebih konsisten dan efisien, sehingga memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan loyalitasnya.

Memaksimalkan Keuntungan Bisnis

Tidak hanya mengidentifikasi ancaman, risiko manajemen juga dapat meningkatkan keuntungan bisnis dengan menganalisis peluang potensial. Misalnya, dengan melakukan analisis tren pasar, dsb.

Terapkan Risk Management Bersama Diligent

Menerapkan risk management adalah upaya yang perlu dilakukan perusahaan untuk mengatasi setiap risiko bisnis yang akan datang. Meskipun memiliki proses yang cukup panjang, adanya manajemen risiko akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bisnis Anda.

Diligent sebagai penyedia software audit management dapat membantu Anda mempermudah penerapan manajemen risiko di perusahaan. Jika Anda membutuhkan solusi Enterprise Risk Management dari Diligent, Anda dapat menghubungi AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent di Indonesia melalui marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.