Manfaatkan IRM (Integrated Risk Management) Bersama Diligent

Integrated Risk Management adalah

Banyak perusahaan berlomba untuk mempercepat transformasi digital dalam setiap praktis bisnisnya. IRM atau Integrated Risk Management adalah salah satu upaya yang dilakukan.

Agar dapat terus beradaptasi, Anda juga perlu menerapkan teknologi modern sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu, perusahaan juga harus mengantisipasi risiko dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Dalam artikel kali ini, Diligent akan menjelaskan cara memanfaatkan peluang untuk mengintegrasikan IRM ke dalam operasional bisnis. Simak selengkapnya!

Mengenal IRM (Integrated Risk Management)

Diligent IRM

IRM atau Integrated Risk Management adalah proses evaluasi pada potensi risiko yang sudah dianalisis, sehingga memudahkan pihak manajemen untuk mengambil keputusan dari setiap potensi risiko yang ada.

Disebut juga sebagai Manajemen Risiko Terintegrasi, IRM sendiri telah melampaui ERM dan GRC. Di mana manajemen risiko diintegrasikan ke dalam setiap proses, aktivitas, serta operasional perusahaan. IRM bertujuan untuk membantu karyawan memahami risiko perusahaan secara menyeluruh.

Faktor Pentingnya IRM

Diligent mengungkapkan beberapa faktor yang membuat Integrated Risk Management menjadi hal penting bagi perusahaan:

  1. Hanya 36% perusahaan yang memiliki program formal Enterprise Risk Management (ERM);
  2. Sekitar 57% eksekutif senior mengkategorikan risk and compliance sebagai salah satu dari dua risiko teratas yang paling tidak siap untuk ditangani;
  3. Menurut anggota dewan, rata-rata waktu yang digunakan untuk rapat pembahasan manajemen risiko relatif kecil, yaitu sekitar 9%;
  4. Sekitar 6% direktur meyakini jika dewan perusahaan mereka sudah efektif dalam mengelola risiko.

Dengan begitu, dapat disimpulkan jika IRM memberi  akses menuju tampilan risiko secara real-time kepada semua pemangku kepentingan perusahaan. Meliputi setiap aset, sistem, dan pemasok pihak ketiga, yang memungkinkan mereka membuat keputusan tepat berdasarkan risiko yang ada.

6 Kunci Atribut IRM

Gartner mengungkapkan jika Integrated Risk Management adalah solusi yang dibangun dengan 6 kunci atribut, diantaranya sebagai berikut:

  1. Strategi
    Implementasi dan pemberdayaan kerangka kerja, termasuk peningkatan kinerja melalui tata kelola yang efektif dan kepemilikan risiko;
  2. Penilaian
    Termasuk identifikasi, evaluasi, dan penentuan prioritas risiko;
  3. Tanggapan
    Identifikasi dan penerapan mekanisme untuk memitigasi risiko;
  4. Komunikasi & Pelaporan
    Penyediaan sarana terbaik untuk melacak dan menginformasikan pemangku kepentingan terkait respon risiko perusahaan;
  5. Pemantauan
    Identifikasi dan implementasi proses yang secara metodis melacak tujuan tata kelola, risiko terhadap tujuan tersebut, kepatuhan terhadap kebijakan dan keputusan yang ditetapkan melalui proses tata kelola, kepemilikan/akuntabilitas risiko, dan efektivitas mitigasi dan pengendalian risiko;
  6. Teknologi
    Desain dan implementasi arsitektur solusi IRM.

3 Pilar Diligent Dalam Solusi IRM

Memilih solusi Integrated Risk Management adalah langkah untuk memajukan perusahaan Anda. Diligent mengadopsi 3 pilar dalam solusi IRM miliknya.

1. “Single Pane of Glass” Di Seluruh Organisasi yang Kompleks

Diligent menawarkan satu platform terpadu untuk semua aktivitas GRC dengan adanya single pane of glass. Walau demikian, setiap tim manajemen risiko dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

2. Beroperasi dengan cepat

Desain plug-and-play Diligent yang menarik membuat Anda dengan mudah menskalakan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan. Serta meningkatkan pengadopsian di seluruh perusahaan. Selain itu, Diligent juga dengan mudah mengintegrasikan data dari sistem pencatatan internal dan penyedia pihak ketiga.

3. Meningkatkan produktivitas, meminimalkan kesalahan

Diligent IRM Advanced Analytics & Workflow Automation memungkinkan Anda menyesuaikan dan mengotomatiskan alur kerja penting, serta mengidentifikasi dan menilai risiko secara efektif dan real-time dengan analitik terintegrasi.

Manfaatkan Diligent IRM Untuk Perusahaan

Diligent Integrated Risk Management adalah solusi yang dapat membantu perusahaan Anda mengantisipasi risiko dengan lebih baik. Serta membantu pengambilan keputusan yang lebih tepat di setiap langkahnya.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent menyediakan berbagai solusi manajemen risiko perusahaan Anda. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.